Cara Membuat Rank And Percentile Di Excel

Excel merupakan salah satu program spreadsheet terpopuler dan banyak digunakan, terutama dalam dunia bisnis. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Excel adalah membuat ranking atau peringkat berdasarkan data yang dimiliki.

Cara Membuat Ranking di Excel

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat ranking di Excel, di antaranya:

1. Menggunakan Fungsi RANK

Fungsi RANK adalah salah satu fungsi yang disediakan oleh Excel untuk menghitung peringkat dari data. Fungsi ini bisa digunakan untuk menghitung peringkat dengan atau tanpa kriteria. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi RANK dengan kriteria:

1. Klik pada sel di mana hasil perhitungan akan ditampilkan.

2. Ketikkan formula berikut:

=RANK(kriteria, rentang_data, [tipe_rank])

3. Ganti variabel “kriteria” dengan kriteria yang ingin dihitung peringkatnya.

4. Ganti variabel “rentang_data” dengan rentang data yang ingin dihitung peringkatnya.

5. Opsional: jika ingin menggunakan tipe ranking DESCENDING (peringkat terbesar di atas), tambahkan angka 0 pada akhir formula di atas. Jika ingin menggunakan tipe ranking ASCENDING (peringkat terkecil di atas), tambahkan angka 1 pada akhir formula di atas.

6. Tekan enter.

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi RANK tanpa kriteria:

1. Klik pada sel di mana hasil perhitungan akan ditampilkan.

2. Ketikkan formula berikut:

=RANK(nilai, rentang_data, [tipe_rank])

3. Ganti variabel “nilai” dengan nilai yang ingin dihitung peringkatnya.

4. Ganti variabel “rentang_data” dengan rentang data yang ingin dihitung peringkatnya.

Baca Juga :  CARA MENYAMAKAN LEBAR KOLOM DI EXCEL

5. Opsional: jika ingin menggunakan tipe ranking DESCENDING (peringkat terbesar di atas), tambahkan angka 0 pada akhir formula di atas. Jika ingin menggunakan tipe ranking ASCENDING (peringkat terkecil di atas), tambahkan angka 1 pada akhir formula di atas.

6. Tekan enter.

Perlu diingat bahwa fungsi RANK akan menampilkan peringkat berdasarkan posisi data dalam rentang yang dihitung, sehingga jika ada data dengan nilai yang sama, maka akan diberikan peringkat yang sama pula.

2. Menggunakan Fungsi RANK.AVG

Fungsi RANK.AVG adalah salah satu fungsi yang bisa digunakan untuk menghitung peringkat rata-rata dari data. Fungsi ini juga bisa digunakan untuk menghitung peringkat dengan atau tanpa kriteria. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi RANK.AVG dengan kriteria:

1. Klik pada sel di mana hasil perhitungan akan ditampilkan.

2. Ketikkan formula berikut:

=RANK.AVG(kriteria, rentang_data, [tipe_rank])

3. Ganti variabel “kriteria” dengan kriteria yang ingin dihitung peringkatnya.

4. Ganti variabel “rentang_data” dengan rentang data yang ingin dihitung peringkatnya.

5. Opsional: jika ingin menggunakan tipe ranking DESCENDING (peringkat terbesar di atas), tambahkan angka 0 pada akhir formula di atas. Jika ingin menggunakan tipe ranking ASCENDING (peringkat terkecil di atas), tambahkan angka 1 pada akhir formula di atas.

6. Tekan enter.

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi RANK.AVG tanpa kriteria:

1. Klik pada sel di mana hasil perhitungan akan ditampilkan.

2. Ketikkan formula berikut:

=RANK.AVG(nilai, rentang_data, [tipe_rank])

3. Ganti variabel “nilai” dengan nilai yang ingin dihitung peringkatnya.

4. Ganti variabel “rentang_data” dengan rentang data yang ingin dihitung peringkatnya.

5. Opsional: jika ingin menggunakan tipe ranking DESCENDING (peringkat terbesar di atas), tambahkan angka 0 pada akhir formula di atas. Jika ingin menggunakan tipe ranking ASCENDING (peringkat terkecil di atas), tambahkan angka 1 pada akhir formula di atas.

Baca Juga :  Cara Menghitung Kuadrat Di Excel Secara Langsung

6. Tekan enter.

Perlu diingat bahwa fungsi RANK.AVG akan menampilkan peringkat rata-rata dari data yang dihitung, sehingga jika ada data dengan nilai yang sama, maka akan diberikan peringkat yang sama pula.

Cara Membuat Ranking Dengan 2 Kriteria Di Excel

Untuk membuat ranking dengan 2 kriteria di Excel, bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi RANK jika yang dihitung hanya peringkatnya saja, atau jika ingin menampilkan nilai peringkat, bisa menggunakan fungsi VLOOKUP. Berikut adalah contoh penggunaannya:

1. Menggunakan Fungsi RANK

1. Klik pada sel di mana hasil perhitungan akan ditampilkan.

2. Ketikkan formula berikut:

=RANK(1,($B$2:$B$6>=B2)*($C$2:$C$6>=C2))

3. Ganti variabel “B2:C2” sesuai dengan posisi data yang ingin dihitung peringkatnya.

4. Tekan enter.

Perlu diingat bahwa fungsi RANK dengan 2 kriteria akan menampilkan peringkat berdasarkan posisi data dalam rentang yang dihitung, sehingga jika ada data dengan nilai yang sama pada kedua kriteria, maka akan diberikan peringkat yang sama pula.

2. Menggunakan Fungsi VLOOKUP

1. Urutkan data berdasarkan kedua kriteria yang ingin dihitung peringkatnya.

2. Ketikkan nomor peringkat pada kolom pertama sesuai dengan urutan data yang sudah diurutkan.

3. Pada kolom kedua, ketikkan formula VLOOKUP berikut:

=VLOOKUP(B2,$A$2:$B$6,2,FALSE)

4. Ganti variabel “B2” dengan posisi data pada kolom pertama.

5. Ganti variabel “$A$2:$B$6” dengan rentang data yang berisi nomor peringkat dan data yang sudah diurutkan sesuai dengan kedua kriteria.

6. Tekan enter.

7. Salin formula pada kolom kedua ke bawah untuk menghitung ranking pada semua data.

Dengan menggunakan fungsi VLOOKUP, kita bisa menampilkan nilai ranking pada kolom kedua, sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

FAQ

Apa keuntungan dari menggunakan fungsi RANK.AVG?

Fungsi RANK.AVG memiliki keuntungan dibandingkan fungsi RANK, yaitu bisa menghitung peringkat rata-rata jika ada data yang memiliki nilai yang sama. Fungsi RANK hanya akan memberikan peringkat yang sama jika ada data dengan nilai yang sama.

Baca Juga :  Cara Mengacak Data Yang Sudah Ada Di Excel

Bagaimana cara mengurutkan data untuk membuat ranking dengan 2 kriteria?

Untuk mengurutkan data untuk membuat ranking dengan 2 kriteria, bisa dilakukan dengan menggunakan fitur “Sort & Filter” di Excel. Caranya adalah:

1. Seleksi sel-sel yang berisi data yang ingin diurutkan.

2. Klik pada tab “Data” di ribbon.

3. Klik pada tombol “Sort & Filter” di grup “Sort & Filter”.

4. Pilih “Custom Sort” dari menu drop-down.

5. Pada dialog box “Sort”, pilih kriteria pertama yang ingin diurutkan pada kolom “Sort by”.

6. Pilih jenis pengurutan pada kolom “Order”.

7. Klik pada tombol “Add Level” di bagian bawah dialog box.

8. Pilih kriteria kedua yang ingin diurutkan pada kolom “Then by”.

9. Pilih jenis pengurutan pada kolom “Order”.

10. Klik pada tombol “OK” untuk mengurutkan data.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat ranking di Excel: