Cara Membuat Proteksi Ms Excel

Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data? Bagi yang sering menggunakan aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi dengan proteksi file Excel yang dapat membantu menjaga keamanan data. Namun, bagaimana cara membuat proteksi pada file Excel agar aman namun tidak merepotkan pengguna? Simak artikel Pilar berikut untuk mendapat informasi lebih detail mengenai proteksi pada file Excel.

Cara Membuat Proteksi Workbook pada Excel

Cara Membuat Proteksi Ms Excel

Proteksi Workbook pada Excel merupakan cara untuk melindungi keseluruhan dokumen Excel agar tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak. Berikut langkah-langkah untuk melakukan proteksi Workbook pada Excel:

  1. Buka file Excel yang ingin di proteksi.
  2. Pilih tab Review lalu klik Protect Workbook.
  3. Pilih option Structure, agar pengguna tidak bisa mengubah struktur file, atau Windows, agar pengguna tidak bisa menutup file.
  4. Masukkan password dan konfirmasi password, lalu klik OK.
  5. Selanjutnya akan muncul pop-up dengan pilihan ‘Reenter Password’ atau ‘Unprotect Workbook’, pilih ‘Reenter Password’ dan masukkan password yang tadi dibuat.
  6. File Excel sudah terproteksi dan hanya orang yang memiliki password yang dapat mengubah atau menutup file.

Cara Membuat Proteksi pada Sheet Tertentu pada Excel

Proteksi pada Sheet Tertentu pada Excel

Selain proteksi Workbook pada Excel, kita juga bisa memproteksi sheet tertentu pada file Excel. Berikut ini adalah cara untuk melakukan proteksi pada sheet tertentu pada Excel:

  1. Open file Excel dan masuklah ke worksheet yang ingin diproteksi.
  2. Pilih tab ‘Review’ dan klik ‘Protect Sheet’.
  3. Di jendela dialog yang muncul, centang sendiri option yang ingin diproteksi, seperti sel, format sel, entri, pivot table, dan skrip VBA jika diperlukan.
  4. Masukkan password dan re-enter password untuk mengonfirmasi proteksi. Penting untuk diberikan password yang tidak mudah ditebak.
  5. Klik OK dan file Excel sudah terproteksi.
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Penskoran Pada Soal Pilihan Ganda Pada Excel

FAQ Proteksi File Excel

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar proteksi pada file Excel:

1. Dapatkah saya memproteksi file tanpa memberikan password?

Tidak, proteksi pada file Excel hanya dapat dibuka dengan menggunakan password.

2. Bagaimana cara mengubah atau menghapus password pada file yang sudah terproteksi sebelumnya?

Untuk mengubah atau menghapus password pada file Excel yang sudah terproteksi, ikuti langkah berikut:

  1. Open file Excel yang akan diproteksi password-nya dan masukkan password yang sedang aktif.
  2. Pilih tab ‘File’ dan klik ‘Save As’.
  3. Pilih file Excel yang hasil save as tersebut dan click ‘Tools’ di jendela di samping kanan tombol ‘Save’.
  4. Klik General Options dan masukkan password baru atau tinggalkan kosong untuk menghapus password.
  5. Klik ‘OK’ dan simpanlah file seperti biasa.

Video Tutorial Cara Proteksi File Excel

Berikut ini adalah video tutorial cara melindungi file Excel dengan password:

Dengan melakukan proteksi pada file Excel, data yang di dalamnya akan lebih aman dari ancaman virus atau tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Yuk proteksi file Excel-mu sekarang juga!