Cara Membuat Program Barcode Barang Dengan Excel

Cara Mudah Membuat Barcode di Laptop dan Smartphone

Barcode merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk membantu identifikasi produk dan barang. Saat ini, banyak produk yang sudah menggunakan barcode sebagai kode yang mendukung proses pencatatan dan pengelolaan stok, pengolahan transaksi, dan lain sebagainya. Tidak hanya digunakan oleh pelaku bisnis, penggunaan barcode juga dapat dimanfaatkan oleh individu untuk keperluan pribadi, misalnya untuk mengorganisir produk, buku, dan lain-lain. Berikut ini adalah cara mudah membuat barcode di laptop dan smartphone:

Membuat Barcode di Laptop

Langkah 1: Download Aplikasi Barcode Generator

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat barcode di laptop. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu Barcode Generator. Aplikasi ini dapat di-download dan di-install secara gratis melalui berbagai situs penyedia software. Setelah di-install, buka aplikasi Barcode Generator.

Langkah 2: Masukkan Data yang Dibutuhkan

Baris paling atas adalah tempat di mana kita harus memasukkan data yang diperlukan untuk membuat barcode. Ada beberapa pilihan field yang dapat diisi, seperti data, format barcode, lebar/tinggi, rotasi, font, dan lain-lain. Isilah field-field tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 3: Preview Barcode dan Save

Setelah semua data sudah terisi, klik tombol “Generate Barcode” di bawah. Barcode yang sudah jadi dapat dilihat pada layar, dan Anda dapat menyimpannya dengan mengklik tombol “Save”. Pilih folder penyimpanan sesuai keinginan Anda.

Membuat Barcode di Smartphone

Langkah 1: Download Aplikasi Barcode Generator

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat barcode di smartphone. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu Barcode Generator & Scanner. Aplikasi ini dapat di-download dan di-install secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Setelah di-install, buka aplikasi Barcode Generator & Scanner.

Langkah 2: Pilih Jenis Barcode yang Ingin Dibuat

Di aplikasi Barcode Generator & Scanner, terdapat beberapa jenis barcode yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya yaitu EAN-13, QR Code, Code 128, dan lain-lain. Pilih jenis barcode yang ingin Anda buat dengan mengklik ikon gambar yang sesuai.

Langkah 3: Masukkan Data yang Dibutuhkan

Setelah jenis barcode sudah dipilih, Anda akan diminta untuk memasukkan data yang dibutuhkan. Isilah data tersebut sesuai dengan jenis barcode yang dipilih. Setelah itu, klik tombol “Generate” di bawah. Barcode yang sudah jadi dapat dilihat pada layar.

Kesimpulan

Membuat barcode cukup mudah dilakukan, baik melalui laptop maupun smartphone. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat barcode, seperti Barcode Generator dan Barcode Generator & Scanner. Dalam proses pembuatan barcode, penting untuk memperhatikan jenis barcode yang digunakan, serta data yang dimasukkan ke dalam barcode tersebut.

FAQ

1. Apa keuntungan menggunakan barcode?

Jawaban: Keuntungan menggunakan barcode yaitu:

  • Meningkatkan efisiensi proses pencatatan dan pengelolaan stok.
  • Membantu pengolahan transaksi dengan cepat dan akurat.
  • Mempermudah pengelolaan data dan informasi.
Baca Juga :  Membuat Tanda Tangan Di Excel

2. Apakah barcode hanya digunakan oleh pelaku bisnis?

Jawaban: Tidak. Barcode dapat digunakan oleh individu, seperti untuk mengorganisir produk, buku, dan lain-lain.

Video Tutorial: Cara Membuat Barcode di Microsoft Excel

Video tutorial di atas adalah cara membuat barcode di Microsoft Excel. Dalam tutorial ini, kita dapat belajar cara membuat barcode menggunakan rumus di Excel yang kemudian dapat dicetak dan dipakai untuk keperluan bisnis atau keperluan pribadi.