CARA MEMBUAT PERSENTASE DATA DI EXCEL

Cara Membuat Grafik di Excel

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam membuat grafik di Excel? Jika ya, jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang cara membuat grafik di Excel dengan mudah.

Grafik sangat membantu saat memvisualisasikan data dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. Dalam Excel, Anda dapat membuat berbagai jenis grafik, seperti grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran, grafik area, dan banyak lainnya. Tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara membuat grafik, mari kita bahas terlebih dahulu tentang jenis-jenis grafik yang dapat dibuat di Excel.

Jenis-jenis Grafik di Excel

1. Grafik Batang
Grafik batang digunakan untuk membandingkan data dalam bentuk grafik vertikal atau horizontal. Grafik ini sangat cocok untuk membandingkan data dari beberapa kategori yang berbeda. Contohnya, kita dapat menggunakan grafik batang untuk membandingkan penjualan produk dari setiap kategori dalam suatu periode tertentu.

2. Grafik Garis
Grafik garis digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk garis yang terhubung satu sama lain. Grafik ini sangat cocok untuk memvisualisasikan tren dari suatu data. Contohnya, kita dapat menggunakan grafik garis untuk menampilkan jumlah penjualan produk dari waktu ke waktu.

3. Grafik Lingkaran
Grafik lingkaran digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk persentase dari keseluruhan data. Grafik ini sangat cocok untuk menunjukkan bagian dari keseluruhan data. Contohnya, kita dapat menggunakan grafik lingkaran untuk menunjukkan persentase penjualan suatu produk dibandingkan dengan penjualan produk lainnya.

4. Grafik Area
Grafik area digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk area yang diisi. Grafik ini sangat cocok untuk memvisualisasikan data yang berubah dari waktu ke waktu. Contohnya, kita dapat menggunakan grafik area untuk menampilkan perubahan suhu harian selama satu bulan.

Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk membuat grafik di Excel, Ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Siapkan Data
Yang pertama, tentukan data yang ingin Anda gunakan untuk membuat grafik. Pastikan data sudah teratur rapi dalam bentuk tabel.

2. Pilih Jenis Grafik
Setelah data sudah disiapkan, selanjutnya Anda harus memilih jenis grafik yang ingin digunakan untuk memvisualisasikan data. Pilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang akan dimunculkan.

3. Buat Grafik
Setelah jenis grafik sudah dipilih, selanjutnya buat grafik dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut.

a. Pilih seluruh data yang ingin digunakan untuk membuat grafik.
b. Klik pada menu Insert di Ribbon Excel.
c. Pilih jenis grafik yang ingin digunakan di bagian Chart.
d. Grafik akan muncul di sebelah tabel data.

4. Edit Grafik
Setelah berhasil membuat grafik, Anda dapat mengedit grafik agar lebih menarik dan mudah dipahami. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengedit grafik, antara lain:

a. Mengubah jenis grafik
b. Mengubah warna grafik
c. Menambahkan judul grafik
d. Mengubah sumbu grafik
e. Menambahkan label data
f. Menambahkan legenda grafik

Tutorial Membuat Grafik di Excel

Untuk membantu Anda lebih memahami tentang cara membuat grafik di Excel, berikut adalah video tutorial membuat grafik di Excel yang dapat Anda tonton.

FAQ

1. Apakah data harus teratur dalam bentuk tabel untuk membuat grafik di Excel?
Ya, data harus teratur dalam bentuk tabel agar lebih mudah diolah dalam membuat grafik di Excel.

Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL 2007 YANG CORUPTED

2. Apa jenis grafik yang paling cocok untuk menunjukkan perbandingan data dari beberapa kategori yang berbeda?
Grafik batang sangat cocok digunakan untuk menunjukkan perbandingan data dari beberapa kategori yang berbeda.