CARA MEMBUAT PANGKAT ATAS DI EXCEL

Pangkat adalah suatu konsep matematika yang berguna untuk menghitung nilai dari suatu bilangan yang ditimbulkan oleh operasi perpangkatan. Operasi perpangkatan adalah suatu operasi matematika yang hasilnya didapatkan dari memangkatkan bilangan dengan bilangan lain, yang disebut dengan pangkat. Anda bisa dengan mudah mengetahui suatu bilangan pangkat dengan menggunakan simbol eksponen atau supscript seperti x² atau x³.

Saat ini, aplikasi pengolah kata dan aplikasi pengolah data seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel sangat populer dan digunakan oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia untuk membantu mempermudah pekerjaanya. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam aplikasi tersebut adalah fitur perpangkatan. Di artikel ini, kamu akan mempelajari cara membuat pangkat atas dan bawah di Word dan Excel dengan mudah, baik itu melalui keyboard maupun menu.

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Word dengan Keyboard dan Menu

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Word dengan Keyboard

Cara termudah untuk membuat pangkat atas di Word adalah dengan menggunakan keyboard. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan dokumen Word yang ingin kamu edit.

2. Posisikan kursor pada tempat di mana kamu ingin menulis pangkat.

3. Tekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “+” secara bersamaan.

4. Angka “2” akan muncul di atas baris teks yang kamu tulis sebelumnya (biasanya berukuran lebih kecil dari ukuran teks yang lainnya).

5. Ketik angka yang ingin kamu buat pangkatnya (misalnya, untuk membuat pangkat 2, ketik angka “2”).

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Word dengan Menu

1. Aktifkan dokumen Word yang ingin kamu edit.

2. Posisikan kursor pada tempat di mana kamu ingin menulis pangkat.

Baca Juga :  CARA BUAT PASSWORD FILE EXCEL

3. Klik kanan pada tempat tersebut.

4. Pilih opsi “Font” dari menu konteks yang muncul.

5. Pada tab “Font”, centang kotak “Superscript” untuk membuat pangkat atas atau “Subscript” untuk membuat pangkat bawah.

6. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari menu.

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Excel dengan Keyboard dan Menu

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Excel dengan Keyboard

Cara termudah untuk membuat pangkat atas di Excel adalah dengan menggunakan keyboard. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Aktifkan lembar kerja Excel yang ingin kamu edit.

2. Posisikan kursor pada tempat di mana kamu ingin menulis pangkat.

3. Ketik angka yang ingin kamu buat pangkatnya (misalnya, untuk membuat pangkat 2, ketik angka “2”).

4. Tekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “+” secara bersamaan.

5. Angka “2” akan muncul di atas baris teks yang kamu tulis sebelumnya (biasanya berukuran lebih kecil dari ukuran teks yang lainnya).

Cara Membuat Pangkat Atas dan Bawah di Excel dengan Menu

1. Aktifkan lembar kerja Excel yang ingin kamu edit.

2. Posisikan kursor pada tempat di mana kamu ingin menulis pangkat.

3. Klik kanan pada sel tersebut.

4. Pilih opsi “Format Cells” dari menu konteks yang muncul.

5. Pada tab “Font”, centang kotak “Superscript” untuk membuat pangkat atas atau “Subscript” untuk membuat pangkat bawah.

6. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan dan keluar dari menu.

FAQ

1. Apa bedanya pangkat atas dan bawah dalam matematika?

Pangkat atas dan bawah adalah istilah yang sering digunakan dalam matematika untuk menggambarkan operasi perpangkatan. Pangkat atas adalah bilangan yang memperoleh operasi perpangkatan dengan bilangan lebih besar dari satu, sedangkan pangkat bawah adalah bilangan yang memperoleh operasi perpangkatan dengan sebuah bilangan yang lebih kecil dari satu.

Baca Juga :  Cara Membuat Agar Foto Tampil Di Belakang Tulisan Pada Excel

2. Bagaimana cara membuat pangkat atas dan bawah di Word dan Excel?

Kamu bisa membuat pangkat atas dan bawah di Word dan Excel secara mudah dengan menggunakan keyboard maupun menu. Untuk membuat pangkat atas dengan keyboard, tekan tombol “Ctrl” + “Shift” + “+”. Sedangkan untuk membuat pangkat atas dengan menu, klik kanan pada tempat yang ingin kamu buat pangkat dan pilih opsi “Font”, lalu centang kotak “Superscript”. Untuk membuat pangkat bawah, lakukan hal yang sama namun centang kotak “Subscript”.

Demikianlah artikel tentang cara membuat pangkat atas dan bawah di Word dan Excel dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua pembaca yang ingin mempermudah pekerjaannya dalam menggunakan aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk berlatih agar kemampuan kamu dalam membuat pangkat semakin terasah dan menghasilkan pekerjaan yang semakin baik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!