Cara Membuat Tabel di Excel Mudah untuk Pemula di 2021
Apakah kamu termasuk salah satu orang yang masih bingung cara membuat tabel di Excel? Tenang saja, di artikel ini kita akan membahas cara membuat tabel di Excel mudah untuk pemula di tahun 2021.
Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Microsoft Excel di perangkat kamu. Jika belum, kamu bisa mendownload dan menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu.
Langkah pertama dalam membuat tabel di Excel adalah dengan membuka aplikasi tersebut. Jika sudah terbuka, pilih “New Workbook” atau “Buku Kerja Baru” untuk membuat buku kerja baru.
Setelah itu, kita akan membuat tabel baru. Pilih satu sheet pada buku kerja baru yang sudah kita buat. Untuk menambahkan tabel, kamu bisa menggunakan tata letak dasar atau “Basic Layout” yang sudah disediakan oleh Excel.
Pilih “Table” pada menu Ribbon dan Excel akan menampilkan kotak dialog “Create Table”. Pilih seluruh range data yang ingin kamu jadikan sebagai tabel, termasuk header kolom dan barisnya.
Kemudian, pastikan kamu menambahkan tanda centang pada opsi “My table has headers”. Hal ini berguna untuk menunjukkan Excel bahwa baris teratas dalam tabel adalah header kolom.
Kamu juga bisa menambahkan gaya dan format pada tabel yang sudah dibuat. Pilih tabel yang sudah dibuat dan akan muncul tab “Design” pada Ribbon. Di dalam tab tersebut, kamu akan menemukan banyak pilihan style, warna, bentuk, dan format yang bisa kamu gunakan.
Setelah memilih style yang diinginkan, kamu juga bisa mengatur warna dan bentuk pada tabel. Kamu bisa mengklik “Format as Table” pada Ribbon dan memilih style yang sudah disediakan oleh Excel. Kemudian, kamu bisa mengklik tombol “Format Table” untuk mengatur gaya dan warna pada tabel.
Tidakkah kamu merasa bahwa membuat tabel di Excel sangat mudah? Dengan langkah-langkah yang simpel ini, kamu bisa membuat banyak tabel dengan cepat dan mudah.
Cara membuat Monitoring di Excel
Di dalam dunia bisnis, pengukuran dan pemantauan kinerja sangat penting untuk mengetahui apakah kita sudah mencapai target yang sudah ditentukan atau belum. Nah, di waktu yang sama, Excel menjadi salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk itu.
Dalam cara ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat Monitoring di Excel dengan mudah. Pertama-tama, kamu harus memilih seluruh data yang mau kamu monitoring, baik jumlah penjualan, produksi, atau lainnya.
Kemudian, kamu bisa membuat grafik yang didasarkan pada data tersebut. Pilih data yang sudah kamu tentukan sebelumnya dan klik “Insert” pada Ribbon, lalu pilih jenis grafik yang kamu inginkan.
Setelah itu, kamu bisa mengkustomisasi grafik tersebut dengan mengklik “Design” pada Ribbon dan memilih gaya atau tema yang cocok. Kamu juga bisa mengubah gridline, legend, atau sumbu X dan Y pada grafik.
Tetapi bagaimana jika kamu ingin memonitoring nilai dari cel individual pada sheet Excel? Kamu bisa melakukan hal ini dengan mudah menggunakan kondisi format.
Pilih cel atau rentang dari cell yang akan dimonitoring, klik “Conditional Formatting” pada Ribbon dan kemudian pilih “New Rule”. Pilih opsi “Format only cells that contain” dan masukan angka yang akan kamu monitor. Terakhir, pilih tampilan warna atau icon yang diinginkan untuk cell tersebut.
Dalam melakukan Monitoring di Excel, kamu juga bisa menggunakan Pivot Table. Pivot Table memungkinkan kamu untuk menggabungkan dan memfilter data, sehingga mudah untuk dimonitoring. Kamu bisa membuat Pivot Table dengan memilih “Insert” pada Ribbon dan memilih Pivot Table.
Setelah Pivot Table terbentuk, kamu bisa menyesuaikan tampilan dan customisasi milikmu dengan mengklik “Design” pada Ribbon dan memilih style atau dasar untuk Pivot Table tersebut.
Cara membuat ToDo List di Excel + Progress Bar
Bagaimana kamu membuat daftar tugas atau ToDo List? Salah satu cara yang baik untuk mengorganisir semua tugasmu adalah dengan membuat ToDo List di Excel, lengkap dengan progress bar.
Pertama-tama, kita akan membuat tabel baru dengan header kolom seperti “Nama Tugas”, “Deadline”, “Status”, dan “Progress”. Kemudian, kamu bisa menambahkan tugas-tugas yang perlu kamu selesaikan ke dalam tabel tersebut.
Jika kamu ingin menambahkan progress bar ke dalam tabel ToDo List milikmu di Excel, kamu bisa menggunakan fitur “Data Bars” yang ada di dalam “Conditional Formatting” menu.
Pilih kolom “Progress” dan klik “Conditional Formatting”, lalu pilih “Data Bars”. Kamu bisa memilih panjang dan warna bar yang diinginkan. Klik OK untuk menyelesaikan.
Cara membuat Absensi Otomatis di Microsoft Excel
Dalam memantau kehadiran karyawan atau siswa, kita bisa menggunakan Microsoft Excel untuk membuat absensi otomatis. Dengan cara ini, kita bisa memantau kehadiran mereka dengan mudah dan efektif.
Pertama-tama, kita akan membuat tabel baru berisi nama-nama karyawan atau siswa yang ingin dipantau kehadirannya. Kamu bisa menambahkan kolom “Tanggal” untuk mencatat tanggal kehadiran mereka.
Selanjutnya, pilih cel di bawah kolom “Tanggal” pada tanggal pertama dan ketik seperti berikut “=IF(A2<>“”,1,””)”. Dengan cara ini, ketika kolom “Nama” tidak kosong, Excel akan menampilkan angka 1.
Jangan lupa, kamu juga bisa menggunakan fungsi-fungsi lain pada Microsoft Excel untuk membuat absensi otomatis yang lebih kompleks. Namun, pada dasarnya, dasar-dasar di atas bisa menjadi cara termudah untuk membuat absensi otomatis.
FAQ
1. Apakah saya harus belajar Microsoft Excel secara intensif untuk bisa membuat tabel atau monitoring di Excel?
Tidak perlu. Kamu hanya perlu mengerti dasar-dasar dalam membuat tabel dan monitoring di Excel. Ada banyak sumber daya online dan tutorial video di internet yang bisa membantumu dalam hal ini.
2. Apakah saya bisa menggunakan Excel untuk membuat proyeksi atau perencanaan keuangan bisnis?
Ya. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang paling baik untuk membuat proyeksi atau perencanaan keuangan bisnis. Kamu bisa menggunakan formula dan fungsi yang ada di dalam Excel untuk membuat perencanaan dan proyeksi bisnis secara efektif.
Video Tutorial di YouTube
Untuk melengkapi artikel ini, berikut adalah dua video tutorial yang bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi dalam belajar membuat tabel dan monitoring di Excel:
– https://www.youtube.com/watch?v=M8D3weFzcf4
– https://www.youtube.com/watch?v=Hb1qYH1M_Z8
Dalam video tersebut, kamu akan melihat bagaimana cara membuat tabel dan monitoring di Excel dengan langkah-langkah yang sangat mudah dipahami.
Kesimpulan
Membuat tabel dan monitoring kinerja di Excel sangatlah penting untuk bisnis dan kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara-cara mudah untuk membuat tabel dan monitoring di Excel. Kamu pun bisa melihat bagaimana video tutorial di YouTube sebagai referensi tambahan dalam belajar Excel.
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Excel untuk memperkirakan atau perencanaan keuangan bisnismu. Dengan formula dan fungsi yang ada di Excel, kamu bisa membuat proyeksi bisnis yang lebih akurat dan efektif.
Jadi, tidak usah khawatir jika kamu belum terlalu mengerti tentang Excel, kamu sekarang sudah bisa membuat tabel, monitoring kinerja, dan proyeksi bisnis dengan mudah dan cepat.