cara membuat macro excel 2016 Membuat macro excel

Masih banyak yang meremehkan kemampuan Microsoft Excel tetapi sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan dengan software ini. Salah satu fitur yang cukup berguna adalah macro. Macro sendiri dapat didefinisikan sebagai kumpulan kode yang ditulis dalam bahasa Visual Basic for Applications (VBA) yang digunakan untuk mengotomatisasi berbagai tugas dalam program Microsoft Excel.

Gambar dan Judul Tutorial Membuat Macro Excel

cara membuat macro excel 2016 Membuat macro excel

Cara Membuat Macro Excel 2007 – Kumpulan Tips

Secara umum, ada 2 cara untuk membuat macro baru di Microsoft Excel. Cara pertama adalah melalui tab Developer yang tersedia pada ribbon Excel. Kemudian, pilih Record Macro untuk merekam sebuah macro. Setelah itu, kita dapat melakukan aksi di worksheet Excel sesuai kebutuhan.

Setiap aksi akan direkam oleh Excel dan akan tercatat dalam kode VBA. Setelah proses rekaman selesai, stop recording macro dengan menekan tombol Stop Recording. Terakhir, simpan file Excel sebagai file berekstensi .xlsm yang sudah mencakup macro.

Cara kedua adalah membuat macro manual dengan cara menulis script VBA secara langsung. Jalankan Excel dan masuk ke tab Developer, lalu pilih Visual Basic untuk membuka editor VBA. Setelah itu, buat sebuah modul baru dan tulis script VBA sesuai kebutuhan.

Kedua cara tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Dalam kasus record macro, keuntungan utamanya adalah kemudahan dan kecepatan. Sedangkan, kekurangan utamanya adalah sulit dalam melakukan perubahan setelah proses rekaman selesai.

Pada saat manual membuat macro, keuntungannya ialah kita dapat membuat macro sesuai dengan keinginan dan fleksibilitas dalam melakukan revisi. Namun, kekurangannya adalah butuh waktu yang lebih lama dan lebih sulit bagi orang yang tidak memahami bahasa pemrograman VBA.

cara membuat VBA Sederhana dengan microsoft excel oleh MONA LOLITA

cara membuat VBA Sederhana dengan Microsoft Excel oleh Mona Lolita

Dalam video diatas, Mona Lolita menjelaskan cara membuat script sederhana dalam modul VBA dan memberikan beberapa contoh penggunaannya. Video tutorial ini sangat bermanfaat bagi mereka yang baru memulai belajar membuat macro di Microsoft Excel.

Gambar dan Judul Cara Simple Menciptakan Macro Excel

Cara Simple Menciptakan Macro Excel | Ilmu Andoid

Cara Simple Menciptakan Macro Excel | Ilmu Android

Bagi pengguna Microsoft Excel yang ingin membuat macro tetapi masih baru atau belum tahu cara mengakses tab Developer dapat mengikuti tutorial Cara Simple Menciptakan Macro Excel di Kanal Youtube Ilmu Android. Tutorial ini menjelaskan cara mengaktifkan tab Developer pada Excel dan cara membuat macro bagi pemula.

Gambar dan Judul Membuat Macro Excel

Membuat Macro Excel - Belajar Microsoft Excel

Membuat Macro Excel – Belajar Microsoft Excel

Untuk dapat membuat macro pada Microsoft Excel, kita perlu memahami dasar-dasar VBA. Hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka tab Developer dan memilih Visual Basic untuk membuka editor VBA. Kemudian, kita dapat memilih Insert pada menu bar dan memilih Modul untuk membuat modul baru.

Setelah modul dibuat, kita dapat memasukkan kode VBA pada editor. Kode VBA ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan tugas yang ingin diproses oleh Macro.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT PERSENTASE DATA DI EXCEL

Setelah kode selesai ditulis, kita dapat kembali ke Excel dan menjalankan macro yang sudah dibuat. Cara menjalankan macro ialah dengan memilih Developer di Ribbon, dan kemudian memilih Macro. Setelah itu, kita akan diminta memilih macro yang akan dijalankan.

Pertanyaan Umum Mengenai Macro Excel

1. Mengapa kita perlu membuat macro di Microsoft Excel?

Jawaban: Macro dapat memberikan keuntungan produktivitas yang besar pada pengguna Excel terutama bagi mereka yang bekerja dengan data besar dan kompleks. Dengan membuat macro, pengguna Excel dapat menghemat waktu dalam mengerjakan tugas yang mencakup repetisi dan pengolahan data.

2. Apakah kita perlu memahami bahasa pemrograman VBA untuk bisa membuat macro di Excel?

Jawaban: Tidak harus. Microsoft Excel memiliki fitur record macro yang dapat merekam setiap tindakan yang dilakukan pengguna. Dengan demikian, kita dapat membuat macro tanpa perlu memahami bahasa pemrograman VBA. Namun, jika ingin membuat macro lebih kompleks, maka pemahaman tentang bahasa pemrograman VBA dapat sangat membantu.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara membuat macro di Microsoft Excel. Diharapkan informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menambah produktivitas dalam bekerja dengan Excel atau bagi mereka yang ingin memulai belajar membuat macro.

If you are searching about Cara Membuat Macro Excel 2007 – Kumpulan Tips you’ve came to the right web. We have 5 Pictures about Cara Membuat Macro Excel 2007 – Kumpulan Tips like Cara Simple Menciptakan Macro Excel | Ilmu Andoid, Membuat Macro Excel – Belajar Microsoft Excel and also cara membuat VBA Sederhana dengan microsoft excel oleh MONA LOLITA. Here you go:

Cara Membuat Macro Excel 2007 – Kumpulan Tips

cara membuat macro excel 2016 Membuat macro excel

mudahsaja.my.id

Cara Simple Menciptakan Macro Excel | Ilmu Andoid

Cara Simple Menciptakan Macro Excel | Ilmu Andoid

ilmu-androide.blogspot.com

menciptakan kebutuhan sesuai rubah gambar sanggup

2 Cara Membuat Macro Baru Di Excel

2 Cara Membuat Macro Baru di Excel

matematikaakuntansi.blogspot.com

macro dijalankan hasilnya maka ketika rumusnya

Membuat Macro Excel – Belajar Microsoft Excel

Membuat Macro Excel - Belajar Microsoft Excel

www.latihanexcel.com

Cara Membuat VBA Sederhana Dengan Microsoft Excel Oleh MONA LOLITA

cara membuat VBA Sederhana dengan microsoft excel oleh MONA LOLITA

www.youtube.com

excel cara membuat

Menciptakan kebutuhan sesuai rubah gambar sanggup. Cara membuat vba sederhana dengan microsoft excel oleh mona lolita. Membuat macro excel