cara membuat logika excel minus dan positif Fungsi logika pada excel dan contohnya

Salam teman-teman, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi logika di Microsoft Excel. Seperti yang kita ketahui, Microsoft Excel merupakan program spreadsheet yang banyak digunakan dalam kegiatan bisnis dan keuangan. Fungsi logika sendiri merupakan salah satu fitur yang amat penting dalam Microsoft Excel karena dapat digunakan untuk mempermudah pengolahan data dan analisis data.

Fungsi Logika di Excel

Fungsi logika di Excel berperan dalam pengambilan keputusan berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Fungsi logika ini terdiri dari beberapa rumus seperti IF, IFERROR, AND, OR, NOT, dan lain-lain. Berikut ini akan dijelaskan beberapa fungsi logika di Excel beserta contohnya:

IF

Fungsi IF merupakan fungsi logika yang paling sering digunakan. Fungsi ini digunakan untuk menentukan nilai yang akan ditampilkan jika suatu kondisi terpenuhi. Contohnya sebagai berikut:

cara membuat logika excel minus dan positif Fungsi logika pada excel dan contohnya

Pada contoh di atas, fungsi IF digunakan untuk menentukan apakah seseorang lulus atau tidak dengan membandingkan Nilai Ujian dengan nilai KKM. Jika nilai Ujian lebih besar atau sama dengan KKM maka seseorang dinyatakan lulus, jika tidak maka seseorang dinyatakan tidak lulus.

AND

Fungsi AND digunakan untuk menentukan apakah semua kondisi yang diberikan bernilai TRUE atau tidak. Contohnya sebagai berikut:

Baca Juga :  CARA EXPORT DATA CUSTOMER DI ACCURATE KE EXCEL

contoh penggunaan fungsi AND di Excel

Pada contoh di atas, fungsi AND digunakan untuk menentukan apakah nilai yang ada dalam range B2:B8 merupakan bilangan positif dan genap atau tidak. Jika nilai tersebut memenuhi kedua kondisi tersebut, maka nilai tersebut akan ditampilkan di dalam sel E2. Namun, jika salah satu kondisi tersebut tidak terpenuhi, maka nilai tersebut tidak akan ditampilkan.

OR

Fungsi OR digunakan untuk menentukan apakah salah satu kondisi yang diberikan bernilai TRUE atau tidak. Contohnya sebagai berikut:

contoh penggunaan fungsi OR di Excel

Pada contoh di atas, fungsi OR digunakan untuk menentukan apakah nilai yang ada dalam sel A1 merupakan bilangan positif atau bilangan bulat. Jika nilai tersebut memenuhi salah satu kondisi tersebut, maka nilai tersebut akan ditampilkan di dalam sel C1. Namun, jika tidak memenuhi kedua kondisi tersebut, maka nilai tersebut tidak akan ditampilkan.

NOT

Fungsi NOT digunakan untuk membalik nilai kebalikan dari suatu kondisi. Jika kondisi tersebut bernilai TRUE, maka NOT akan menghasilkan nilai FALSE, begitu juga sebaliknya. Contohnya sebagai berikut:

contoh penggunaan fungsi NOT di Excel

Pada contoh di atas, fungsi NOT digunakan untuk menentukan apakah nilai yang ada di dalam sel A1 bukanlah bilangan negatif. Jika nilai tersebut bukan bilangan negatif, maka NOT akan menghasilkan nilai FALSE, begitu juga sebaliknya.

Demikianlah beberapa contoh fungsi logika di Microsoft Excel. Tentu saja masih banyak lagi fungsi logika yang dapat digunakan, namun yang dijelaskan di atas merupakan fungsi logika yang paling sering digunakan. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai FAQ seputar fungsi logika di Excel.

FAQ

1. Apa bedanya antara fungsi IF dan fungsi IFS di Excel?

Fungsi IF dan IFS sama-sama digunakan untuk menentukan nilai yang akan ditampilkan jika suatu kondisi terpenuhi. Namun, perbedaan utama antara keduanya adalah pada jumlah kondisi yang dapat dibandingkan. Fungsi IF hanya dapat membandingkan satu kondisi saja, sedangkan fungsi IFS dapat membandingkan lebih dari satu kondisi. Contohnya sebagai berikut:

  • Fungsi IF: =IF(A1>10,”Nilai di atas 10″,”Nilai di bawah 10″)
  • Fungsi IFS: =IFS(A1>10,”Nilai di atas 10″,A1<=10,"Nilai di bawah atau sama dengan 10")
Baca Juga :  Membuat Kurva S Menggunakan Excel

2. Bagaimana cara menggunakan fungsi COUNTIF di Excel?

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data yang memenuhi suatu kondisi tertentu. Contoh penggunaannya sebagai berikut:
contoh penggunaan fungsi COUNTIF di Excel
Pada contoh di atas, kita ingin menghitung jumlah siswa yang lulus dengan nilai di atas 70. Maka rumus yang digunakan adalah =COUNTIF(B2:B6,”>70″). Artinya, Excel akan mencari nilai di dalam range B2:B6 yang lebih besar dari 70, dan menghitung berapa jumlah data yang memenuhi kondisi tersebut.

Video Tutorial

Selain dengan membaca artikel ini, teman-teman juga dapat mempelajari fungsi logika di Excel melalui video tutorial berikut:

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi logika di Microsoft Excel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih.

If you are searching about Cara Membuat Tanda Minus Di Excel – Mudah you’ve came to the right page. We have 5 Pictures about Cara Membuat Tanda Minus Di Excel – Mudah like Cara Agar Membuat Minus Dalam Excel Tanda Kurung – Hongkoong, Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel – Mobile Legends and also Fungsi Logika Pada Excel Dan Contohnya – My Blog. Here you go:

Cara Membuat Tanda Minus Di Excel – Mudah

Cara Membuat Tanda Minus Di Excel – Mudah

detiks.github.io

excel minus negatif membuat angka positif kurung mengajar adalah menggunakan menampilkan

Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel – Mobile Legends

Fungsi Logika Dalam Microsoft Excel - Mobile Legends

mobillegends.net

Fungsi Logika Pada Excel Dan Contohnya – My Blog

Fungsi Logika Pada Excel Dan Contohnya - My Blog

myartcl.blogspot.com

fungsi logika contohnya

Cara Membuat Rumus Logika Lulus Dan Tidak Lulus Di Excel Menggunakan

cara membuat logika excel minus dan positif Fungsi logika pada excel dan contohnya

www.gammafisblog.com

lulus rumus logika fungsi otomatis stempel kualitas microsoft

Cara Agar Membuat Minus Dalam Excel Tanda Kurung – Hongkoong

Cara Agar Membuat Minus Dalam Excel Tanda Kurung – Hongkoong

hongkoong.com

Fungsi logika contohnya. Excel minus negatif membuat angka positif kurung mengajar adalah menggunakan menampilkan. Cara membuat tanda minus di excel – mudah

Baca Juga :  Cara Menghitung Discounted Payback Period Dengan Excel