CARA MEMBUAT LIST BARANG DI EXCEL

Mungkin banyak dari kita yang sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk membuat laporan keuangan atau data-data penting lainnya. Namun, kita seringkali belum maksimal dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan tips dan trik cara membuat laporan penjualan bulanan serta daftar harga otomatis dalam Microsoft Excel.

Cara Membuat Laporan Penjualan Bulanan di Excel

Laporan penjualan bulanan sangat penting untuk mengetahui perkembangan penjualan selama periode tertentu. Dalam Excel, kita bisa membuat laporan ini dengan mudah menggunakan fitur PivotTable. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan data penjualan yang akan ditampilkan sudah terstruktur dalam tabel Excel. Tabel tersebut minimal harus memiliki kolom untuk tanggal, nama produk, jumlah barang terjual, dan total harga.
  2. Marking seluruh data, kemudian klik Insert dan pilih PivotTable.
  3. Pada jendela PivotTable Fields, seret kolom tanggal ke wilayah Rows, seret kolom nama produk ke wilayah Columns, seret kolom jumlah barang ke wilayah Values, dan seret kolom total harga ke wilayah Values juga.
  4. Tambahkan filter untuk kolom tanggal agar bisa memilih periode bulan yang ingin ditampilkan. Caranya, klik kolom tanggal di wilayah Rows, kemudian pilih Filter dan centang pilihan Date Filters. Setelah itu, pilih This Month atau Last Month sesuai kebutuhan.
  5. Format tabel dengan menambahkan judul, memperbesar font, dan menambahkan warna latar belakang. Kita bisa menambahkan judul “Laporan Penjualan Bulanan Tahun 2021” sebagai contohnya.
Baca Juga :  cara membuat menu tambahan di excel Cara membuat daftar menu di android atau komputer

Dengan begitu, kita sudah berhasil membuat laporan penjualan bulanan menggunakan Excel dengan mudah. Fitur PivotTable memudahkan kita dalam menyajikan data dalam berbagai macam bentuk agar lebih mudah dipahami.

CARA MEMBUAT LIST BARANG DI EXCEL

Cara Membuat Daftar Harga Otomatis dalam Excel

Daftar harga otomatis sangat berguna bagi para pelaku bisnis untuk memberikan harga yang terbaru pada pelanggan. Namun, tentu saja membuatnya secara manual bisa sangat memakan waktu. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan rumus-rumus Excel untuk membuat daftar harga tersebut secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buat tabel Excel yang berisi daftar barang yang akan dijual. Tabel tersebut minimal harus memiliki kolom untuk nama barang, harga beli, harga jual, dan stok.
  2. Di kolom harga jual, gunakan formula =IF(C2<100000,A2*1.3,A2*1.2). Formula ini akan mengalikan harga beli dengan 1.3 jika harga beli di bawah 100 ribu, dan mengalikan harga beli dengan 1.2 jika harga beli di atas 100 ribu. Kita bisa mengganti angka tersebut sesuai kebutuhan.
  3. Di kolom stok, gunakan formula =IF(D2<10,"Stok habis",D2). Formula ini akan menampilkan "Stok habis" jika stok barang di bawah 10, dan menampilkan jumlah stok jika masih tersedia.
  4. Tambahkan judul tabel dan membuat tampilan tabel yang menarik.

Dengan begitu, kita sudah berhasil membuat daftar harga otomatis dalam Excel dengan mudah. Fitur rumus Excel memudahkan kita dalam melakukan perhitungan dan penyajian data secara otomatis.

Contoh Daftar Harga Otomatis di Excel

FAQ

1. Mengapa penting membuat laporan penjualan bulanan dalam Excel?

Laporan penjualan bulanan sangat penting untuk melihat perkembangan penjualan suatu produk dalam periode tertentu. Dari laporan ini, kita bisa mengevaluasi kinerja bisnis dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan.

2. Bagaimana cara membuat menu Ribbon di Excel?

Untuk membuat menu Ribbon di Excel terbaru, kita bisa menggunakan fitur Customize Ribbon. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TITIK MENJADI KOMA DI EXCEL

  1. Klik File lalu pilih Options.
  2. Pada jendela Excel Options, pilih Customize Ribbon.
  3. Klik tombol New Tab pada bagian bawah jendela untuk membuat tab baru.
  4. Pada tab baru tersebut, klik tombol New Group untuk membuat grup baru.
  5. Berikan nama pada tab baru dan grup baru tersebut.
  6. Klik Choose commands from: dan pilih All Commands.
  7. Pilih command yang ingin ditambahkan ke dalam tab dan grup baru tersebut, dan klik tombol Add.
  8. Setelah selesai, klik OK.

Dengan begitu, kita sudah berhasil membuat menu Ribbon di Excel sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

Video Tutorial: Cara Membuat Aplikasi Kasir Menggunakan VBA di Microsoft Excel

Ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana membuat aplikasi kasir menggunakan VBA di Microsoft Excel? Simak video tutorial berikut ini:

Dalam video tutorial tersebut, kita akan belajar bagaimana membuat fitur-fitur seperti input barang, input harga, input jumlah pembelian, subtotal, total, dan fitur printer. Dengan memahami tutorial ini, kita bisa membuat aplikasi kasir sendiri menggunakan VBA di Microsoft Excel.