Cara Membuat Lembar Halaman Pada Excel

Dalam dunia pekerjaan, terutama bagi mereka yang menggeluti bidang administrasi dan akuntansi, Microsoft Excel menjadi salah satu software yang wajib dipahami dan dikuasai. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Excel adalah nomor halaman dan lembar halaman. Pada artikel ini, akan dijelaskan cara membuat nomor halaman berbeda pada 1 halaman di Excel serta cara membuat lembar halaman pada Excel.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada 1 Halaman Di Excel

Cara Membuat Lembar Halaman Pada Excel

Langkah pertama adalah dengan membuka workbook yang ingin ditambahkan nomor halaman di tab awal lembar kerja. Kemudian, klik pada View dan pilih Page Layout untuk menampilkan tampilan Page Layout.

Selanjutnya, klik pada Insert lalu pilih Header & Footer untuk menampilkan tampilan Header & Footer.

Pada tampilan Header & Footer, pilih jenis nomor halaman yang diinginkan. Pada contoh ini, kami memilih nomor halaman tengah. Kemudian, ketikkan teks atau tulisan yang ingin ditulis di header di sebelah kiri dan kanan halaman.

Kemudian, klik pada tab main document untuk kembali ke tampilan utama dokumen. Kemudian, klik dua kali di kanvas header atau footer untuk kembali ke tampilan Header & Footer. Kemudian, klik tab Design.

Di tab Design, pilih Different First Page untuk membuat nomor halaman pada halaman pertama berbeda dengan nomor halaman pada halaman kedua dan seterusnya. Selanjutnya, klik Close Header & Footer jika sudah selesai menambahkan nomor halaman.

Baca Juga :  CARA MEMINDAHKAN APK EXCEL DI FILE

Cara Membuat Lembar Halaman Pada Excel

Cara Membuat Lembar Halaman Pada Excel

Pada lembar kerja Excel, halaman kosong dapat ditambahkan menggunakan fitur lembar kerja. Lembar Kerja dapat digunakan untuk memisahkan setiap data pada workbook.

Langkah pertama adalah dengan membuka workbook yang ingin ditambahkan lembar halaman di tab awal lembar kerja. Kemudian, klik pada View dan pilih Page Layout untuk menampilkan tampilan Page Layout.

Lalu, klik pada tab Insert lalu pilih Worksheet untuk menambahkan satu lembar kerja pada workbook Anda.

Selanjutnya, tambahkan judul atau nama pada lembar kerja tersebut untuk memudahkan dalam pengelolaan data. Caranya dengan klik pada nama lembar kerja lalu ketikkan nama yang diinginkan.

Setelah menambahkan lembar kerja, Anda dapat memindahkan data dari lembar kerja lain dengan cara menyalin sel data, kemudian pilih tujuan lembar kerja dan tempelkan sel data yang telah disalin.

FAQ

1. Bagaimana jika ingin menambahkan nomor halaman secara otomatis pada worksheet?

Untuk menambahkan nomor halaman secara otomatis, Anda dapat menggunakan fitur Page Number pada Header & Footer. Pilih nomor halaman yang diinginkan dan klik pada tombol Page Number. Kemudian, pilih Page X of Y untuk menampilkan nomor halaman secara otomatis pada tiap halaman.

2. Apakah ada cara cepat untuk menambahkan banyak lembar kerja sekaligus?

Ya, Anda dapat menambahkan banyak lembar kerja sekaligus dengan cara menekan tombol Shift pada keyboard dan kemudian menggunakan keyboard arrow untuk memilih batasan jumlah lembar kerja yang ingin ditambahkan. Setelah itu, tekan tombol F11 untuk menambahkan lembar kerja secara otomatis.