CARA MEMBUAT KOP SURAT DI SETIAP HALAMAN EXCEL

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kop surat di Excel dan Word dengan praktis. Sebelum kita membahas secara detail tentang langkah-langkahnya, kita akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu kop surat.

Pilar 1: Apa itu Kop Surat?

Kop surat adalah bagian atas dari kertas surat yang berisikan identitas perusahaan atau institusi yang mencakup logo/simbol perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Kop surat pada sebuah surat memiliki fungsi penting sebagai bentuk identitas dan kepercayaan bagi penerima surat terhadap perusahaan atau institusi yang mengirimkan surat.

Pilar 2: Bagaimana Cara Membuat Kop Surat di Excel?

Untuk membuat kop surat di Excel, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Program Excel dan Buat Baru Workbook

Langkah pertama adalah membuka program Microsoft Excel dan membuat workbook baru.

2. Buatlah Kotak pada Baris Pertama untuk Kop Surat

Setelah workbook terbuka, selanjutnya buatlah kotak yang nantinya akan menjadi tempat untuk menempatkan identitas perusahaan pada bagian atas surat. Caranya adalah dengan menentukan jarak dari atas pada bagian header, kemudian pilih satu atau beberapa sel dari baris pertama kemudian tab Home pada menu bar Excel dan pilihlah Border. Pilihlah tipe garis border yang diinginkan.

3. Masukkan Logo atau Simbol Perusahaan pada Bagian Kop Surat

Langkah selanjutnya adalah memasukkan logo atau simbol perusahaan pada kotak yang telah dibuat pada baris pertama tersebut. Caranya adalah dengan mengklik tombol Insert pada menu bar Excel dan pilihlah gambar atau simbol perusahaan yang telah disiapkan sebelumnya. Posisikan gambar atau simbol pada kotak yang telah dibuat pada baris pertama.

4. Masukkan Informasi Perusahaan pada Bagian Kop Surat

Setelah logo atau simbol perusahaan telah berhasil dimasukkan, sekarang saatnya untuk memasukkan informasi perusahaan pada kotak yang telah dibuat pada baris pertama. Caranya adalah dengan memilih kotak tersebut dan mengetikkan semua informasi perusahaan yang diinginkan seperti alamat, nomor telepon, alamat email, dan lain-lain.

5. Pewarnaan dan Pemesanan Teks pada Kop Surat

Agar kop surat terlihat lebih menarik, maka gunakanlah beberapa pengaturan pewarnaan dan pemesanan teks yang tersedia pada program Excel. Pilihlah font yang sesuai dan pasanglah ukuran font yang sesuai dengan lebar dan panjang kotak yang telah dibentuk.

6. Penyimpanan Kop Jadi dan Cetak Menjadi Kop Surat Kertas

Terakhir, setelah kop surat telah selesai dibuat maka simpanlah file kop surat tersebut dan ketika akan dicetak langsung gunakan pada surat kertas yang akan dikirim.

Pilar 3: Bagaimana Cara Membuat Kop Surat Di Word?

Selain di Excel, kop surat juga dapat dibuat di Microsoft Word. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kop surat di Word.

1. Buka Program Microsoft Word

Langkah pertama adalah membuka program Microsoft Word pada komputer Anda.

2. Buatlah Header pada Bagian Atas Halaman

Selanjutnya, buatlah header pada bagian atas halaman dengan cara mengklik tab Insert pada menu bar, dan pilihlah Header. Anda juga dapat memilih opsi Header & Footer lalu pilihlah Header dari pilihan yang muncul.

3. Masukkan Logo atau Simbol Perusahaan pada Bagian Kop Surat

Langkah selanjutnya adalah memasukkan logo atau simbol perusahaan pada header yang telah dibuat. Caranya adalah dengan memilih header tersebut, kemudian klik Insert pada menu bar Word dan pilih gambar atau simbol perusahaan yang telah disiapkan sebelumnya.

4. Masukkan Informasi Perusahaan pada Bagian Kop Surat

Setelah logo atau simbol perusahaan telah berhasil dimasukkan, sekarang masukkan informasi perusahaan pada header yang telah dibuat. Caranya adalah dengan memilih header tersebut dan mengetikkan semua informasi perusahaan seperti alamat, nomor telepon, alamat email, dan lain-lain.

Baca Juga :  Cara Membuat Tabel Undangan 103 Di Excel

5. Pewarnaan dan Pemesanan Teks pada Kop Surat

Agar kop surat terlihat lebih menarik dan professional, gunakanlah beberapa pengaturan pewarnaan dan pemesanan teks yang tersedia pada program Word. Pilihlah font yang sesuai dan pasanglah ukuran font yang tepat.

6. Penyimpanan Kop Jadi dan Cetak Menjadi Kop Surat Kertas

Terakhir, setelah kop surat telah selesai dibuat maka simpanlah file tersebut dan ketika akan dicetak langsung gunakan pada surat kertas yang akan dikirim.

FAQ:

1. Apakah Kop Surat Penting dalam Sebuah Surat?

Kop surat sangat penting pada sebuah surat. Fungsi utamanya adalah sebagai bentuk identitas dan kepercayaan bagi penerima surat terhadap perusahaan atau institusi yang mengirimkan surat.

2. Apa Saja Informasi yang Harus Ada pada Kop Surat?

Informasi yang harus ada pada kop surat adalah logo atau simbol perusahaan, alamat, nomor telepon, alamat email, dan hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan identitas perusahaan atau institusi yang mengirimkan surat.

Berikut adalah video tutorial Cara Membuat Kop Surat di Word yang dapat dilihat dan dipraktekkan:

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara membuat kop surat di Excel dan Word. Kop surat sangat penting dalam sebuah surat sebagai identitas dan kepercayaan bagi penerima surat terhadap perusahaan atau institusi yang mengirimkannya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan surat yang dikirimkan oleh perusahaan atau institusi akan terlihat lebih profesional dan menarik.