CARA MEMBUAT KOP OTOMATIS DI EXCEL

Anda pasti pernah mengalami kesulitan ketika harus menambahkan kop otomatis di Excel, bukan? Pada tutorial kali ini, saya akan memberikan tips mengenai cara membuat kop otomatis di Excel.

Cara Membuat Kop Otomatis di Excel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan file Excel yang akan diisi dengan data. Setelah itu siapkan logo dan header yang akan digunakan pada kop. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat file baru.
  2. Klik tab Insert lalu pilih Header and Footer.
  3. Pilih Header dan Footer kosong pada bagian Set up header.
  4. Ketik teks pada header yang Anda inginkan.
  5. Pilih tampilan header ketika belum mengedit dokumen berdasarkan type Header.
  6. Tambahkan gambar/logo melalui “Header from File”. Pilih file yang diinginkan dan pastikan posisi gambar sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik close.
  7. Logo/ gambar akan terletak pada bagian atas lembar kerja excel. Pastikan posisinya sesuai dengan posisi background lembar kerja excel. Logo yang digunakan sebaiknya berupa format PNG atau JPG.
  8. Setelah gambar sudah terletak pada posisi yang diinginkan, klik Exit Header & Footer pada tab Design.
  9. Perhatikan bahwa kop otomatis telah selesai.

Itulah tadi cara mudah membuat kop otomatis di Excel. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi saat harus membuat kop otomatis di Microsoft Excel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT PEMBUKUAN DENGAN EXCEL

Cara Membuat Kop Tabel Otomatis di Word

Jika Anda sering menggunakan Microsoft Word untuk membuat laporan atau dokumen, tentu saja Anda membutuhkan tabel. Salah satu komponen penting dalam tabel adalah kop. Nah, pada tutorial kali ini, saya akan memberikan cara membuat kop tabel otomatis di Word. Berikut ini caranya:

  1. Buatlah dokumen baru pada Microsoft Word.
  2. Pada menu Insert, pilihlah Table > Insert Table.
  3. Tentukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan.
  4. Setelah itu, klik kotak di pojok kiri atas tabel untuk memilih keseluruhan tabel.
  5. Klik tab Table Design, kemudian pada opsi Table Style, arahkan kursor ke opsi Table Style Options dan klik pada opsi Header Row.
  6. Pada bagian Header, ketik teks yang diinginkan untuk header tabel.
  7. Jika Anda ingin menambahkan gambar, klik kanan pada header tabel kemudian pilih Insert Picture.
  8. Pilih lokasi gambar yang ada pada komputer Anda dan klik Insert untuk menampilkan gambar ke dalam header tabel.
  9. Setelah menyelesaikan pengaturan header, Anda bisa menambahkan data ke dalam tabel.

Sekarang, Anda sudah tahu cara membuat kop tabel di Microsoft Word. Dengan membuat kop tabel otomatis seperti ini, Anda akan lebih efisien dalam membuat dokumen yang menggunakan tabel.

FAQ

1. Bagaimana jika kop yang dibuat tidak sesuai dengan yang diinginkan?

Jawaban: Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa memperbaikinya dengan masuk ke menu Header and Footer, lalu pilih pilihan Edit Header lalu edit kembali sesuai dengan yang diinginkan.

2. Apakah cara membuat kop otomatis di Excel juga bisa digunakan di Google Sheets?

Jawaban: Sayangnya, langkah-langkah pembuatan kop otomatis ini hanya bisa dilakukan di Microsoft Excel. Anda tidak bisa membuat kop otomatis di Google Sheets.

Baca Juga :  CARA RESTORE DATA EXCEL

Video Tutorial: Cara Membuat Kop Otomatis di Excel

Sekian tutorial mengenai cara membuat kop otomatis di Excel dan cara membuat kop otomatis di Word. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.