CARA MEMBUAT KODE ACAK DI EXCEL

Excel merupakan salah satu program pengolah data di dalam dunia bisnis maupun akademik. Keterampilan mengoperasikan Excel menjadi hal yang penting bagi para profesional dari berbagai macam bidang. Karena Excel memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data yang besar, Excel juga memiliki berbagai macam fitur yang dapat dipelajari dan diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu fitur yang cukup populer di Excel adalah penggunaan rumus, di antaranya adalah rumus VLOOKUP dan cara membuat kode barang atau Nama Barang Otomatis Berdasarkan Kode Barang. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang cara menggunakan rumus VLOOKUP dan membuat kode barang atau Nama Barang Otomatis Berdasarkan Kode Barang, juga akan dijelaskan bagaimana cara acak angka di Excel serta merangkum seluruh rumus dan fitur yang telah dipelajari di artikel ini.

CARA MEMBUAT KODE ACAK DI EXCEL

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel

Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari dan menemukan nilai tertentu dalam tabel atau daftar. Fitur VLOOKUP ini sangat membantu dalam mencari data yang jumlahnya banyak, terutama ketika jumlah data tersebut sudah melebihi satu halaman. VLOOKUP adalah singkatan dari ‘Vertical Lookup’ yang memiliki arti mencari nilai secara vertikal. Berikut adalah cara penggunaan rumus VLOOKUP di Excel.

1. Persiapan Data

Siapkan tabel yang akan digunakan untuk mencari nilai dari tabel lain, misalnya tabel data produk. Tabel produk terdiri dari kolom A yang merupakan nomor produk, kolom B yang merupakan nama produk serta kolom C yang merupakan harga produk. Sebagai contoh, Struk Belanja Perusahaan mempunyai format seperti ini:

Baca Juga :  CARA MENYEMBUNYIKAN SHEET DI EXCEL
Nomor Produk Nama Produk Harga Produk
111111 Tas Pria Rp 200.000
222222 Tas Wanita Rp 300.000
333333 Dompet Pria Rp 150.000
444444 Dompet Wanita Rp 175.000

Buat juga tabel referensi yang akan dihubungkan dengan tabel produk. Tabel referensi tersebut dapat berisi kode item, nama item dan harga item. Sebagai contoh:

Kode Item Nama Item Harga Item
111111 Tas Pria Rp 200.000
222222 Tas Wanita Rp 300.000
333333 Dompet Pria Rp 150.000
444444 Dompet Wanita Rp 175.000

2. Mengetikkan Rumus VLOOKUP

Setelah data sudah tersedia, selanjutnya mengetikkan rumus VLOOKUP pada sel yang diinginkan. Format rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])

Penjelasan mengenai masing-masing komponen rumus:

  • Lookup_value: nilai yang akan dicari di dalam tabel referensi
  • Table_array: tabel yang menjadi referensi untuk pencarian, mencakup seluruh data voucher
  • Col_index_num: angka yang menunjukkan kolom pada tabel referensi yang berisi data yang akan diambil
  • Range_lookup: nilai di dalam kolom yang telah ditentukan. Jika nilai di dalam tabel tidak ditemukan, maka nilai TRUE digunakan untuk mencari nilai yang paling dekat dan FALSE untuk mendapatkan nilai yang persis sama. False dapat digunakan ketika kita yakin nilai akan ditemukan dalam daftar.

Sebagai contoh, untuk mencari harga produk pada nomor produk di Struk Belanja Perusahaan menggunakan tabel referensi di atas, maka rumus VLOOKUP yang akan digunakan adalah:

=VLOOKUP(A2,$B$2:$D$5,3,0)

Keterangan:

  • A2: nomor produk yang dicari
  • $B$2:$D$5: tabel referensi
  • 3: kolom pada tabel referensi yang berisi nilai yang ingin diambil
  • 0: untuk mengambil nilai persis sama

3. Hasil Rumus VLOOKUP

Hasil dari rumus VLOOKUP akan ditampilkan pada sel yang kita pilih. Pada contoh kasus di atas, hasilnya adalah sebagai berikut:

Nomor Produk Nama Produk Harga Produk Harga Item
111111 Tas Pria Rp 200.000 Rp 200.000
222222 Tas Wanita Rp 300.000 Rp 300.000
333333 Dompet Pria Rp 150.000 Rp 150.000
444444 Dompet Wanita Rp 175.000 Rp 175.000
Baca Juga :  Cara Membuat Rerata Dan Sd Dengan Excel

Cara Membuat Kode Barang atau Nama Barang Otomatis di Excel

Selain VLOOKUP, Excel juga dapat digunakan untuk membuat kode barang atau Nama Barang Otomatis Berdasarkan Kode Barang. Keuntungan membuat kode barang atau Nama Barang Otomatis Berdasarkan Kode Barang adalah dapat menghemat waktu serta meminimalkan kesalahan dalam penulisan, terlebih jika data yang disimpan dalam jumlah besar. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan singkat cara membuat kode barang atau Nama Barang Otomatis Berdasarkan Kode Barang di Excel.

1. Buat Daftar Kode Barang

Pertama-tama, buat daftar produk beserta kode barang yang akan digunakan. Sebagai contoh, kita akan menggunakan tabel berikut:

Kode Barang Nama Barang
PP001 Printer
LM001 Laptop
TB001 Tablet

2. Buat Format Kode Barang

Setelah itu, buat format kode barang yang ingin digunakan. Pada contoh kali ini, kita akan membuat format kode barang dengan 3 huruf diikuti 3 angka. Sebagai contoh, format kode barang Printer adalah PNT001 dan Laptop adalah LAB001.

3. Menggunakan Fungsi CONCATENATE

Gunakan fungsi CONCATENATE untuk menggabungkan kode barang yang dimulai dari huruf dengan nomor, sehingga akan terbuatlah kode barang otomatis dengan format yang telah ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh:

=CONCATENATE(LEFT(B2,2),A2,TEXT(ROW(),”000″))

Penjelasan mengenai masing-masing komponen:

  • left (B2,2): kode terdiri dari dua huruf pertama dari nama barang
  • A2: kode barang dari daftar sebelumnya
  • TEXT(ROW(),”000″): membentuk urutan angka 001, 002, 003 untuk membedakan kode barang yang berbeda

Setelah itu, drag fungsi CONCATENATE ke bawah untuk membuat kode barang otomatis di bagian bawah. Berikut adalah hasilnya:

Kode Barang Nama Barang Kode Barang Otomatis
PP001 Printer PNT001
LM001 Laptop LAB001
TB001 Tablet TAB001

Cara Acak Angka di Excel dengan Rumus / Fungsi

Dalam bisnis atau manajemen, seringkali kita memerlukan nilai acak untuk menentukan hasil keputusan pengelolaan bisnis. Excel juga memiliki fitur untuk membuat angka acak secara otomatis dengan menggunakan rumus/fungsi RAND(). Berikut ini adalah cara membuat angka acak di Excel dengan rumus/fungsi RAND().

Baca Juga :  Cara Memindahkan Data Tertentu Di Sheet Lain Pada Excel

Gunakan rumus/fungsi RAND() untuk membuat angka acak pada sel tertentu. Yang perlu diperhatikan adalah, setiap kita memperbarui lembar kerja Excel, angka acak tersebut akan berubah dan tidak akan bisa diulang.

=RAND()

Setelah itu, kita lagi mengarahkan cel aktif ke sel yang angka acak dan tekan F9 atau masuk ke menu Ribbon \ Rumus \ Kalkulasi \ Perbarui Rumus.

Cara Membuat FAQ di Artikel Excel yang Pertama Kali Dipelajari

1. Apa itu Excel?

Excel merupakan program pengolah data yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Excel digunakan untuk melakukan pengolahan data dalam skala besar yang berguna dalam dunia bisnis maupun akademik.

2. Apa kegunaan Rumus VLOOKUP?

Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari dan menemukan nilai tertentu dalam tabel atau daftar sehingga sangat membantu dalam mencari data yang jumlahnya banyak. Fitur ini sering dipakai ketika jumlah data melebihi satu halaman.

Kesimpulan

Dalam menggunakan Excel, terdapat banyak sekali fitur dan rumus yang dapat digunakan untuk mempermudah pengolahan data. Beberapa fitur dan rumus yang telah dijelaskan di antaranya adalah penggunaan rumus VLOOKUP, membuat kode barang atau Nama Barang Otomatis Berdasarkan Kode Barang dan cara acak angka di Excel. Dengan memperdalam pengetahuan tentang rumus Excel, maka pekerjaan dalam pengolahan data akan menjadi lebih mudah dan efektif. Excel menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi para profesional dari berbagai bidang.

Selain itu, pembuatan FAQ serta penambahan video tutorial dapat membantu peningkatan pemahaman dalam penggunaan Excel. Semakin mendalam pengetahuan yang dimiliki, semakin baik pula kemampuan dalam mengoperasikan program Excel untuk mempermudah pekerjaan pengolahan data dan meningkatkan produktivitas.