CARA MEMBUAT JURNAL KEUANGAN DI EXCEL

Laporan keuangan merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan akuntansi. Laporan keuangan digunakan untuk memberikan informasi mengenai performa keuangan suatu perusahaan. Salah satu cara untuk membuat laporan keuangan yang rapi dan efisien adalah menggunakan Excel. Excel merupakan program pengolah data yang sering digunakan dalam aktivitas bisnis dan keuangan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat laporan keuangan di Excel yang benar dan beberapa contoh laporan keuangan yang bisa dihasilkan menggunakan Excel.

Contoh Laporan Keuangan Menggunakan Excel

Berikut ini adalah beberapa contoh laporan keuangan sederhana yang dapat dihasilkan menggunakan Excel:

1. Laporan Keuangan Sederhana

Berikut ini adalah contoh laporan keuangan sederhana yang dapat dihasilkan menggunakan Excel:

CARA MEMBUAT JURNAL KEUANGAN DI EXCEL

Laporan keuangan di atas memuat informasi mengenai pendapatan, biaya, dan laba bersih suatu perusahaan. Dalam laporan keuangan sederhana ini, pendapatan dihitung dengan mengurangi biaya dari penjualan.

2. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas suatu perusahaan selama periode tertentu. Berikut ini adalah contoh laporan arus kas sederhana yang dapat dihasilkan menggunakan Excel:

Contoh Laporan Arus Kas Sederhana

Laporan arus kas di atas memuat informasi mengenai penerimaan kas dan pengeluaran kas suatu perusahaan selama periode tertentu. Laporan arus kas sangat penting dalam pengambilan keputusan keuangan karena memberikan informasi mengenai aliran kas masuk dan keluar perusahaan.

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat laporan keuangan di Excel:

1. Membuat Daftar Akun

Sebelum membuat laporan keuangan di Excel, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar akun. Daftar akun merupakan daftar lengkap dari semua akun yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan. Berikut adalah contoh daftar akun:

Nomor Akun
Nama Akun
1
Kas
2
Rekening Koran Bank
3
Piutang Usaha
4
Piutang Lain-lain
5
Inventaris
6
Peralatan Kantor
7
Hutang Usaha
8
Hutang Bank
9
Utang Lain-lain
10
Modal
11
Pendapatan Penjualan
12
Biaya Habis Pakai
13
Biaya Listrik
14
Biaya Telepon
15
Biaya Sewa

2. Membuat Jurnal Umum

Jurnal Umum adalah catatan transaksi keuangan yang dilakukan oleh suatu perusahaan selama periode tertentu. Transaksi keuangan mencakup semua perubahan dalam posisi keuangan suatu perusahaan, seperti penerimaan kas, pembayaran kas, penerimaan piutang, atau pengeluaran utang. Berikut adalah contoh Jurnal Umum:

Tanggal
Deskripsi
Debit
Kredit
1-Jan-21
Banyaknya kas yang kursi pada kas bank
Kas
Rekening Koran Bank
2-Jan-21
Pembelian Kulkas
Inventaris
Kas
3-Jan-21
Penerimaan Pembayaran Piutang
Kas
Piutang Usaha
4-Jan-21
Pembayaran Hutang
Hutang Usaha
Kas

3. Membuat Buku Besar

Buku Besar adalah catatan transaksi keuangan yang disusun berdasarkan akun-akun yang terdapat dalam daftar akun. Buku besar digunakan untuk mencatat saldodebit dan kredit dari setiap akun selama periode tertentu. Berikut adalah contoh Buku Besar:

Akun
Debit
Kredit
Kas
50.000.000
Rekening Koran Bank
50.000.000
Inventaris
5.000.000
Kas
5.000.000
Kas
5.500.000
Piutang Usaha
5.500.000
Hutang Usaha
15.000.000
Kas
15.000.000

4. Membuat Neraca Saldo

Neraca Saldo adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai saldo akun-akun dalam buku besar pada akhir periode tertentu. Berikut adalah contoh Neraca Saldo:

Akun
Saldo
Kas
30.500.000
Rekening Koran Bank
50.000.000
Inventaris
5.000.000
Piutang Usaha
5.500.000
Hutang Usaha
15.000.000

5. Membuat Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai pendapatan, biaya, dan laba bersih suatu perusahaan selama periode tertentu. Berikut adalah contoh Laporan Laba Rugi:

Baca Juga :  Cara Memanggil Listdown Dari Ribbon Buatan Sendiri Di Excel

Item
Nilai (Rp)
Pendapatan Penjualan
20.000.000
Biaya Habis Pakai
3.000.000
Biaya Listrik
2.000.000
Biaya Telepon
1.000.000
Biaya Sewa
2.000.000
Laba Bersih
12.000.000

FAQ

Q: Apa keuntungan dari menggunakan Excel dalam pembuatan laporan keuangan?

A: Salah satu keuntungan menggunakan Excel adalah fleksibilitas dalam pembuatan laporan keuangan. Excel memungkinkan pengguna untuk mengatur data keuangan dengan mudah dan menghasilkan laporan keuangan yang rapi dan efisien. Selain itu, Excel juga memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis keuangan yang lebih mendalam dan memanipulasi data untuk memperoleh informasi yang lebih detail.

Q: Apa saja contoh laporan keuangan yang dapat dihasilkan menggunakan Excel?

A: Beberapa contoh laporan keuangan yang dapat dihasilkan menggunakan Excel antara lain laporan keuangan sederhana, laporan arus kas, buku besar, neraca saldo, serta laporan laba rugi. Dengan menggunakan Excel, pengguna dapat menghasilkan laporan keuangan dengan rapi dan efisien, serta dapat melakukan analisis keuangan yang lebih mendalam.

Video Tutorial Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Untuk membantu Anda lebih memahami cara membuat laporan keuangan di Excel, berikut ini merupakan video tutorial lengkap yang dapat Anda simak:

Dalam video tutorial tersebut, dijelaskan langkah-langkah detail untuk membuat laporan keuangan di Excel, mulai dari pembuatan daftar akun, jurnal umum, buku besar, laporan laba rugi, dan neraca saldo.

Kesimpulan

Membuat laporan keuangan yang rapi dan efisien merupakan sebuah kegiatan penting dalam aktivitas akuntansi. Salah satu cara untuk membuat laporan keuangan yang rapi dan efisien adalah menggunakan Excel. Dengan menggunakan Excel, pengguna dapat menghasilkan berbagai macam laporan keuangan, seperti laporan keuangan sederhana, laporan arus kas, buku besar, neraca saldo, serta laporan laba rugi. Selain itu, Excel juga memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis keuangan yang lebih mendalam dan memanipulasi data untuk memperoleh informasi yang lebih detail. Dengan memahami cara membuat laporan keuangan di Excel, Anda dapat menjaga performa keuangan perusahaan Anda tetap terorganisir dan teratur.