CARA MEMBUAT JUDUL DI EXCEL 2010

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam menampilkan judul yang sama di semua halaman dalam sebuah file Excel ketika Anda mencetaknya? Jika iya, kita akan membahas cara mudah untuk mengatasi masalah ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita mulai. Pertama, pastikan Excel Anda sudah terinstal di komputer. Kedua, pastikan Anda memiliki file Excel yang ingin dicetak dengan judul yang sama di setiap halamannya. Jika semua kriteria tersebut telah terpenuhi, mari kita mulai.

Cara Membuat Judul Di Excel Ketika Diprint Tetap Muncul
1. Membuat Judul di Excel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat judul di Excel. Untuk melakukannya, klik pada tab ‘Layout’ di ribbon dan kemudian klik tombol ‘Print Titles’. Dalam kotak dialog ‘Page Setup’, klik tab ‘Sheet’. Di bawah ‘Print Titles’, klik kotak ‘Rows to Repeat at Top’ atau ‘Columns to Repeat at Left’, tergantung pada jenis judul yang ingin ditampilkan, kemudian pilih baris atau kolom yang ingin diulang di setiap halaman.

Misalnya, jika kita ingin menampilkan judul yang sama di setiap halaman di kolom A (judul baris), kita tinggal mengklik kotak ‘Rows to Repeat at Top’, kemudian mengklik tombol ‘Collapse Dialog’ dan memilih baris pertama di kolom A. Selanjutnya, klik tombol ‘OK’ untuk menyimpan pengaturan. Sekarang, judul baris akan muncul di setiap halaman ketika dicetak.

2. Cara Agar Judul Muncul Halaman Berikutnya Saat Di Print

Namun, terkadang ketika kita mencetak sebuah file Excel dengan banyak halaman, judul mungkin tidak muncul di halaman berikutnya. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka file Excel yang ingin Anda cetak dan pastikan judul baris atau kolom sudah ditambahkan seperti yang dijelaskan di atas. Selanjutnya, klik tab ‘Page Layout’ di ribbon dan cari kelompok ‘Page Setup’. Klik ‘Print Titles’ untuk membuka kotak dialog ‘Page Setup’.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Narkoba Diexcel

Di bawah ‘Print Titles’, pastikan baris atau kolom yang ingin diulang di setiap halaman telah dipilih. Kemudian, klik tombol ‘Sheet’ di bagian atas kotak dialog dan perhatikan nomor halaman di bidang ‘Page Order’. Ini menunjukkan urutan halaman ketika dicetak.

Sekarang, perhatikan nomor halaman di bidang ‘Rows to Repeat at Top’ atau ‘Columns to Repeat at Left’ dan pastikan Anda telah memilih baris atau kolom yang benar untuk diulang. Jika tidak, klik tombol ‘Collapse Dialog’ dan pilih baris atau kolom yang benar. Pastikan juga untuk mengklik tombol ‘OK’ untuk menyimpan pengaturan.

Terakhir, pastikan Anda memilih ‘Entire Workbook’ di bagian ‘Print Area’ di kotak dialog ‘Page Setup’. Dengan cara ini, Excel akan mencetak semua halaman dalam file dengan pengaturan judul yang sama di setiap halamannya.

3. Cara Membuat Halaman Judul Tampil Di Setiap Halaman Di Excel

Selain menampilkan judul yang sama di setiap halaman ketika dicetak, kadang-kadang kita ingin menampilkan halaman judul di setiap halaman di Excel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut:

Langkah pertama adalah membuat halaman judul baru di Excel. Untuk melakukannya, klik tab ‘Insert’ di ribbon dan pilih ‘Header & Footer’ dalam kelompok ‘Text’. Setelah itu, klik tombol ‘Edit Header’ atau ‘Edit Footer’ untuk membuka kotak dialog ‘Header & Footer Tools’.

Ketik judul pada bagian header dan sesuaikan teks, font, dan ukuran sesuai keinginan Anda. Pastikan untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol ‘Close Header and Footer’ setelah selesai mengedit halaman judul.

Selanjutnya, kembali ke tab ‘Page Layout’ di ribbon dan klik ‘Print Titles’. Dalam kotak dialog ‘Page Setup’, klik tab ‘Sheet’. Di bawah ‘Print Titles’, klik ‘Rows to Repeat at Top’ atau ‘Columns to Repeat at Left’, tergantung pada jenis judul yang ingin ditampilkan, kemudian pilih baris atau kolom yang ingin diulang di setiap halaman.

Baca Juga :  Cara Membuat Game Puzzle Di Microsoft Excel

Kemudian, pilih ‘Custom Header’ atau ‘Custom Footer’ di bagian bawah kotak dialog ‘Page Setup’. Ini akan membuka kotak dialog ‘Header/Footer’. Di sini, pilih opsi ‘Different first page’ agar halaman judul hanya muncul di halaman pertama. Klik tombol ‘OK’ untuk menyimpan pengaturan.

Jika Anda ingin menampilkan nomor halaman pada halaman judul, klik pada bagian header atau footer dan pilih opsi ‘Page Number’ di kotak dialog ‘Header/Footer’. Anda juga dapat menambahkan informasi tambahan di halaman judul, seperti alamat, teks, atau logo perusahaan.

4. Cara Buat Judul Di Excel

Saat membuat sebuah dokumen di Excel, sangat penting untuk menambahkan judul atau nama dokumen tersebut. Selain memudahkan untuk mengenali setiap lembar dari dokumen, judul juga dapat membantu pengguna untuk mengelompokkan dokumen dengan mudah dan efektif.

Berikut ini adalah cara membuat judul di Excel:

Langkah pertama adalah membuka dokumen Excel yang akan digunakan. Setelah dokumen terbuka, klik pada tab ‘Insert’ dan pilih ‘Header & Footer’ dalam kelompok ‘Text’. Ini akan membuka kotak dialog ‘Header & Footer Tools’.

Selanjutnya, klik tombol ‘Edit Header’ atau ‘Edit Footer’ untuk memasuki mode pengeditan dalam area header atau footer. Kemudian, masukkan judul atau nama dokumen pada bagian yang tersedia.

Setelah Anda menambahkan judul atau nama dokumen, Anda dapat mengubah format teks, font, ukuran, dan warna sesuai kebutuhan. Untuk melakukannya, pilih bagian judul atau nama dokumen dan lakukan perubahan pada opsi yang tersedia pada bagian menu.

Setelah Anda selesai melakukan perubahan, klik tombol ‘Close Header and Footer’ untuk menyimpan perubahan dan keluar dari mode pengeditan header atau footer.

FAQ:

1. Apa yang terjadi jika saya tidak menambahkan judul atau nama dokumen di Excel?

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GARIS ARSIR DI EXCEL

Jika Anda tidak menambahkan judul atau nama dokumen di Excel, sangat sulit untuk mengenali setiap data dan informasi yang ada di setiap lembar dari dokumen tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan atau kesalahan dalam pengolahan data dan informasi.

2. Apa manfaat menambahkan judul atau nama dokumen di Excel?

Menambahkan judul atau nama dokumen akan membantu pengguna untuk mengenali setiap lembar dari dokumen dengan mudah dan cepat. Hal ini juga akan membantu dalam mengelompokkan dokumen dengan mudah dan efektif. Selain itu, pengguna dapat melakukan pencarian dokumen yang diinginkan dengan lebih mudah dengan mengetahui judul atau nama dokumen.

Setelah mengetahui cara membuat judul di Excel dan juga cara membuat halaman judul tampil di setiap halaman, Anda dapat lebih mudah dan efektif dalam mencetak sebuah file Excel. Dengan menambahkan judul atau nama dokumen pada lembaran Excel, Anda juga dapat mengenali setiap lembar dengan lebih mudah dan cepat.