Cara membuat grafik dan tabel menjadi salah satu skill yang wajib dikuasai dalam dunia bisnis maupun akademik. Baik untuk memperlihatkan hasil penelitian, laporan keuangan, maupun presentasi bisnis. Microsoft Office excel adalah software terbaik untuk membuat tabel dan grafik, sedangkan Microsoft Word terbaik untuk membuat laporan. Bagi yang masih pemula akan lebih mudah membuat grafik dan tabel menggunakan Microsoft Excel, sedangkan bagi yang sudah mahir lebih mudah menggunakan Microsoft Word. Berikut adalah tutorial cara membuat grafik dan tabel sederhana menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word.
Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel
Microsoft Excel memiliki fitur yang sangat baik untuk membuat grafik. Grafik yang dibuat dapat membantu kita untuk memperlihatkan data agar lebih mudah dipahami oleh audiens. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat grafik dengan Microsoft Excel:
- Pilih data yang akan dibuat grafik
- Klik Insert di menu bar
- Pilih jenis grafik yang diinginkan
- Kustomisasi grafik
- Export grafik
Pilih data yang akan dibuat grafik
Untuk membuat grafik, pertama-tama kita harus memilih data yang akan dijadikan grafik. Contohnya, kita memiliki data jumlah anggara yang telah dihabiskan untuk tiap bulan pada setiap departemen dalam sebuah perusahaan. Kemudian, ingin dibuatkan grafik untuk memperlihatkan informasi tersebut secara visual.
Setelah data telah dipilih, lanjutkan dengan mengklik Insert di menu bar. Kemudian, pilih jenis grafik yang diinginkan. Di bawah ini adalah beberapa jenis grafik yang sering digunakan:
- Bar chart
- Pie chart
- Line chart
- Area chart
- Scatter chart
Kustomisasi grafik
Setelah memilih jenis grafik, akan muncul grafik secara otomatis di worksheet Excel. Selanjutnya, kita dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan seperti memberikan judul pada grafik, memberikan label pada sumbu x dan y, mengubah warna, dan melakukan berbagai kustomisasi lainnya.
Export grafik
Setelah selesai melakukan kustomisasi grafik, kita dapat export grafik agar dapat digunakan pada dokumen Word atau PowerPoint, atau sebagai file gambar seperti PNG atau JPG. Caranya sangatlah mudah, cukup klik kanan pada grafik dan pilih Save as Picture.
Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel
Membuat tabel di Microsoft Excel sangatlah mudah. Namun, banyak orang yang masih kesulitan dalam membuat tabel yang terstruktur dengan rapi. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat tabel di Microsoft Excel:
- Buatlah heading tabel
- Masukkan data ke dalam tabel
- Guna Shortcut Excel
- Format tabel yang sudah dibuat
- Export tabel
Buatlah heading tabel
Langkah pertama adalah membuat heading tabel. Heading tabel adalah baris pertama pada tabel yang digunakan sebagai judul kolom. Misalkan, kita ingin membuat tabel gaji pegawai perusahaan, maka heading tabelnya adalah Nama, Jabatan, Gaji Pokok, Tunjangan.
Masukkan data ke dalam tabel
Setelah membuat heading tabel, langkah berikutnya adalah memasukkan data ke dalam tabel. Data dapat dimasukkan dengan cara mengetik langsung, atau menyalin dari dokumen lain.
Guna Shortcut Excel
Excel memiliki shortcut untuk membuat tabel secara otomatis. Caranya adalah dengan memilih sel data yang akan dibuat tabel, kemudian tekan CTRL + T pada keyboard. Selanjutnya, kita harus mengatur field pada dialog box yang muncul, seperti pilih First Row Contains Header dan My Table Has Headers.
Format tabel yang sudah dibuat
Tabel yang sudah dibuat dapat diformat sesuai dengan kebutuhan. Tabel dapat diformat dengan menu Format as Table, kemudian pilih salah satu tema dari daftar tema yang tersedia. Ada beberapa tema yang tersedia seperti Table Style Light, Table Style Medium, Table Style Dark. Selanjutnya, kita dapat melakukan kustomisasi tema tersebut dengan mengubah warna, jenis font, atau membuat border dan garis pada tabel.
Export tabel
Setelah selesai membuat dan melakukan kustomisasi, kita dapat export tabel secara mudah. Caranya adalah dengan pilih tabel dan kemudian, klik kanan pada tabel tersebut. Selanjutnya, pilih Copy atau Copy Table, kemudian paste pada dokumen yang diinginkan seperti dokumen Word atau PowerPoint.
Cara Membuat Grafik di Microsoft Word
Microsoft Word juga memiliki fitur untuk membuat grafik yang cukup baik. Grafik yang dibuat dapat membantu kita memperlihatkan hasil penelitian maupun laporan keuangan pada dokumen Word. Berikut ini langkah-langkah cara membuat grafik di Microsoft Word:
- Pilih Chart di menu bar
- Pilih jenis grafik yang diinginkan
- Buat dan kustomisasi grafik
- Export grafik
Cara membuat grafik di Microsoft Word adalah dengan memilih Chart di menu bar Microsoft word. Kemudian, pilih jenis grafik yang diinginkan seperti bar, pie, line, area, dan scatter chart. Para pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.
Pilih jenis grafik yang diinginkan
Setelah memilih jenis grafik, para pengguna disuguhkan dengan berbagai pilihan jenis grafik yang berbeda. Dalam gambar yang ditampilkan terlihat berbagai pilihan jenis grafik seperti pie chart, bar chart, dan line chart. Para pengguna dapat memilih grafik yang paling sesuai dengan kebutuhan.
Buat dan kustomisasi grafik
Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, langkah berikutnya adalah membuat dan kustomisasi grafik. Para pengguna dapat memasukkan data pada worksheet yang tersedia dengan melakukan klik pada ikon chart yang ada pada worksheet. Kustomisasi grafik dapat dilakukan pada menu Design dan Format.
Export grafik
Seperti halnya membuat grafik di Microsoft Excel, grafik yang dibuat juga dapat diedit dan diexport pada dokumen yang dibutuhkan pada Microsoft Word. Caranya adalah dengan klik kanan pada grafik, lalu klik Copy atau terdapat opsi menyimpannya sebagai gambar dengan memilih Save as Picture.
Cara Membuat FAQ
Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel?
Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang diciptakan oleh Microsoft Corporation. Program ini sering digunakan untuk melihat, mengolah, dan menyajikan data dalam bentuk tabel atau grafik.
Apa yang dimaksud dengan Microsoft Word?
Microsoft Word adalah program pengolah kata yang sangat populer. Program ini digunakan untuk menulis, mengedit, serta memformat dokumen dengan mudah. Word biasanya digunakan untuk membuat laporan, surat, makalah, dan dokumen lainnya.
Video Tutorial Cara Membuat Grafik dan Tabel di Microsoft Excel dan Microsoft Word
Demikianlah sedikit tutorial cara membuat grafik dan tabel sederhana menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word. Semoga bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan di dunia bisnis maupun akademik. Sesekali upgrade skill yang ada agar lebih meriah dan terus meningkatkan kualitas diri. Salam sukses!