Cara Membuat Input Di Sheet Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang sangat populer di seluruh dunia. Dengan menggunakan Excel, kita dapat melakukan berbagai macam manipulasi data seperti perhitungan, analisis, dan visualisasi data. Namun, terkadang kita membutuhkan input data yang banyak dan berbeda-beda, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk memasukkan setiap data secara manual. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat form input di Excel secara otomatis, agar memudahkan kita dalam menginput data dalam jumlah banyak.

Cara Otomatis Membuat Form Input di Excel Tanpa Macro VBA

Cara Membuat Input Di Sheet Excel

Cara membuat form input di Excel tanpa menggunakan macro VBA terdiri dari beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Buatlah tabel dengan kolom-kolom yang diinginkan. Misalnya, kita ingin membuat tabel untuk input data produk dengan kolom-kolom nama produk, jumlah stok, dan harga.
  2. Pilih seluruh kolom yang merupakan area input data. Misalnya, untuk tabel produk, kita pilih kolom A sampai kolom C, yang berisi area input nama produk, jumlah stok, dan harga.
  3. Beri nama pada area input data yang sudah dipilih tadi, dengan cara klik kanan pada area tersebut, pilih Define Name, dan berikan nama yang sesuai. Misalnya, kita beri nama untuk area input data produk dengan nama “tabel_produk”.
  4. Buatlah form input dengan menggunakan kontrol Formulir. Caranya, klik Developer Tab (jika belum ada, aktifkan dahulu melalui File -> Options -> Customize Ribbon, dan cheklist Developer Tab), lalu pilih Insert -> Form Controls -> Dropdown list. Setelah itu, buatlah form input sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk form input produk, kita buat dropdown list untuk memilih produk yang ingin dimasukkan, dan text box untuk menginput jumlah stok dan harga.
  5. Setelah form input selesai dibuat, buatlah validasi data pada sel input data yang sesuai dengan form input tadi. Caranya, pilih sel yang ingin diberi validasi, klik Data Validation pada ribbon bar, dan pilih Allow: List, lalu isikan source dengan nama area input data yang sudah diberi nama tadi. Misalnya, pada kolom A, kita pilih validasi dengan Allow: List dan source “tabel_produk”.
  6. Terakhir, kita dapat menghubungkan form input dengan tabel data dengan menggunakan rumus yang sesuai. Misalnya, untuk tabel produk dengan form input produk di kolom A sampai C, kita dapat menghubungkan form input dengan tabel data menggunakan rumus sebagai berikut:
=IFERROR(INDEX(tabel_produk,MATCH(A1,tabel_produk[produk],0),MATCH(B1,"stok","harga",0)),"")

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat form input di Excel secara otomatis tanpa menggunakan macro VBA. Selain itu, kita juga dapat menghubungkan form input dengan tabel data dengan mudah menggunakan rumus yang sesuai.

Cara Membuat Input Box di VBA Excel

Input Box di Excel

Selain menggunakan kontrol Formulir, kita juga dapat membuat input box di Excel dengan menggunakan macro VBA. Cara ini lebih fleksibel karena kita dapat mengatur tampilan input box dan melakukan pengolahan data secara lebih kompleks. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat input box di VBA Excel:

  1. Buka Microsoft Excel, dan aktifkan tab Developer, jika belum aktif, buka File -> Options -> Customize Ribbon, dan cheklist Developer Tab.
  2. Pilih Visual Basic pada tab Developer.
  3. Buatlah modul baru dengan cara klik kanan pada Project – VBAProject yang ada di Project Explorer, lalu pilih Insert -> Module. Setelah itu, ketikkan kode berikut ini pada modul tersebut:
Sub input_box_example()
    Dim input_value As String
    input_value = InputBox("Masukkan nama Anda:", "Input Nama")
    MsgBox "Halo " & input_value
End Sub
  1. Selanjutnya, jalankan macro dengan menekan F5 atau klik Run pada tab Developer. Input box akan muncul seperti gambar di atas. Ketikkan nama Anda pada input box tersebut, lalu klik OK.
  2. Maka pesan “Halo (nama Anda)” akan muncul pada jendela dialog seperti contoh di atas.
Baca Juga :  CARA MENAMPILKAN FILE EXCEL DI 2 TAB BERBEDA

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat input box di Excel dengan menggunakan macro VBA. Selain itu, dengan menggunakan VBA, kita dapat melakukan pengolahan data yang lebih kompleks sesuai dengan kebutuhan kita.

FAQ

1. Apa manfaat dari membuat form input di Excel?

Membuat form input di Excel memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Memudahkan pengguna untuk menginput data dengan cepat dan efisien, terutama jika data yang diinput cukup banyak dan berbeda-beda.
  • Mengurangi potensi kesalahan dalam menginput data, karena data yang diinput sudah diformat dan divalidasi sesuai dengan area input yang telah ditentukan.
  • Memudahkan analisis data dengan menggunakan pivot table dan chart, karena data sudah terstruktur dan diformat dengan baik.

2. Apa perbedaan antara membuat form input dengan kontrol formulir dan VBA?

Perbedaan utama antara membuat form input dengan kontrol formulir dan VBA adalah pada tingkat fleksibilitas dan kompleksitas pengolahan data. Membuat form input dengan kontrol formulir lebih mudah dan cepat dilakukan, namun kita hanya dapat menggunakan kontrol yang telah disediakan oleh Excel, dan pengolahan data juga terbatas pada rumus-rumus bawaan Excel. Sedangkan jika membuat form input dengan VBA, kita dapat mengatur tampilan form input dengan lebih fleksibel, dan melakukan pengolahan data yang lebih kompleks sesuai dengan kebutuhan kita.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara membuat form input di Excel:

Video tutorial di atas menjelaskan cara membuat form input di Excel dengan menggunakan kontrol dropdown list. Dalam video tutorial tersebut, kita juga dapat belajar cara membuat validasi data dan menghubungkan form input dengan tabel data.