CARA MEMBUAT HURUF KAPITAL DI EXCEL TANPA RUMUS

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat belakangan ini. Fenomena ini menyebabkan banyak orang yang mencari peluang dan cara agar dapat bersaing di dunia kerja. Maka, keahlian dalam menggunakan software seperti Microsoft Excel sangat diperlukan.

Namun, masalah seringkali muncul ketika mengoperasikan Excel. Salah satunya adalah ketika ada data yang ingin dicontoh, namun hurufnya tidak sesuai format yang diinginkan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat huruf kapital atau besar di Excel.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat huruf kapital di Excel otomatis tanpa rumus:

1. Pilih Seluruh Data yang Ingin Diubah

Langkah pertama dalam membuat huruf kapital di Excel adalah memilih seluruh data yang ingin diubah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Ctrl+A pada keyboard.

2. Buka Opsi Format Sel

Setelah seluruh data dipilih, selanjutnya harus membuka opsi Format Sel untuk untuk melakukan perubahan pada tipe huruf. Caranya dengan mengklik kanan dan pilih Format Sel.

3. Pilih Opsi Text Capitalization

Setelah membuka Format Sel, akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi Text Capitalization, lalu pilih All Caps untuk mengubah seluruh tipe huruf menjadi kapital.

4. Klik OK dan selesai

Setelah memilih All Caps, klik OK untuk mengakhiri proses perubahan huruf kapital di Excel.

Cara kedua untuk membuat huruf kapital di Excel tanpa rumus yaitu dengan menggunakan fungsi UPPER.

1. Ketikkan Fungsi UPPER

Langkah pertama adalah mengetikkan fungsi UPPER pada sel baru yang akan dijadikan tempat baru untuk menambahkan data. Fungsi UPPER digunakan untuk mengubah seluruh huruf pada data menjadi kapital.

2. Masukkan Nama Kolom atau Rentang

Setelah mengetikkan fungsi UPPER, selanjutnya masukkan nama kolom atau rentang yang akan diubah sehingga data yang diinginkan akan diubah menjadi huruf kapital.

3. Klik Enter

Setelah nama kolom atau rentang dimasukkan, klik Enter untuk mengakhiri proses.

Sekarang, setiap data pada rentang atau kolom yang diinginkan akan otomatis berubah menjadi huruf kapital.

Selain itu, juga terdapat cara untuk membuat huruf kecil menjadi besar di Excel tanpa rumus yang bisa dicontoh.

1. Pilih Seluruh Data yang Ingin Diubah

Langkah pertama dalam membuat huruf besar di Excel adalah memilih seluruh data yang ingin diubah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Ctrl+A pada keyboard.

2. Buka Opsi Format Sel

Setelah seluruh data dipilih, selanjutnya harus membuka opsi Format Sel untuk melakukan perubahan pada tipe huruf. Caranya dengan mengklik kanan dan pilih Format Sel.

3. Pilih Opsi Text Capitalization

Setelah membuka Format Sel, akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi Text Capitalization, lalu pilih Uppercase untuk mengubah seluruh tipe huruf menjadi besar.

4. Klik OK dan selesai

Setelah memilih Uppercase, klik OK untuk mengakhiri proses perubahan huruf besar di Excel.

Cara kedua untuk membuat huruf besar di Excel tanpa rumus yaitu dengan menggunakan fungsi PROPER.

1. Ketikkan Fungsi PROPER

Langkah pertama adalah mengetikkan fungsi PROPER pada sel baru yang akan dijadikan tempat baru untuk menambahkan data. Fungsi PROPER digunakan untuk mengubah seluruh huruf pada data menjadi huruf besar pada huruf pertama di setiap kata.

2. Masukkan Nama Kolom atau Rentang

Setelah mengetikkan fungsi PROPER, selanjutnya masukkan nama kolom atau rentang yang akan diubah sehingga data yang diinginkan akan diubah menjadi huruf besar.

3. Klik Enter

Setelah nama kolom atau rentang dimasukkan, klik Enter untuk mengakhiri proses.

Sekarang, setiap huruf pertama pada setiap kata dalam rentang atau kolom yang diinginkan akan otomatis lebih besar.

Baca Juga :  Cara Menghitung Laba Bersih Di Excel

FAQ:

1. Bagaimana cara membuat huruf kapital atau besar pada teks dengan spasi menggunakan Excel?
Untuk membuat huruf kapital atau besar pada teks dengan spasi menggunakan Excel, dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan cara-cara sebelumnya.

2. Apakah perlu memasukkan rumus untuk membuat huruf kapital atau besar pada Excel?
Tidak diperlukan rumus untuk membuat huruf kapital atau besar pada Excel. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat huruf kapital atau besar secara otomatis tanpa harus mengetik semua data secara manual.

Selain cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat juga video tutorial yang dapat membantu dalam membuat huruf kapital atau besar di Excel. Berikut adalah salah satu video tutorial yang dapat dicontoh:

Video Tutorial: Cara merubah huruf kecil menjadi kapital di excel

Dalam video tutorial tersebut, dijelaskan langkah-langkah secara detail tentang cara untuk membuat huruf kapital di Excel menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Dalam video juga terdapat contoh kasus pada data tabel agar lebih mudah dipahami.

Dengan mengetahui cara membuat huruf kapital atau besar di Excel tanpa rumus, akan mempermudah dalam melakukan pengolahan data yang diinginkan. Hal ini akan menjadi keahlian yang sangat berguna untuk bersaing di dunia kerja, baik dalam pekerjaan yang membutuhkan analisa data atau dalam pengolahan laporan keuangan.