Cara Membuat Grafik Logaritma Di Excel 2007 X Terhadap Y

Pada era digital saat ini, penggunaan Excel sudah menjadi hal yang paling umum di banyak bidang pekerjaan. Excel dipakai untuk mempermudah pekerjaan dan menghemat waktu. Salah satu fitur yang ada di Excel adalah menghitung logaritma. Kita dapat menghitung logaritma natural dan logaritma lainnya dengan menggunakan rumus yang telah disediakan oleh Excel. Berikut ini adalah cara membuat logaritma natural di Excel.

Membuat Logaritma Natural di Excel

Cara Membuat Grafik Logaritma Di Excel 2007 X Terhadap Y

Langkah 1:
Buka Microsoft Excel kemudian buka spreadsheet. Pada kolom yang kosong, ketikkan angka yang akan dihitung logaritmanya. Misalnya kita ingin menghitung logaritma dari angka 4.

Langkah 2:
Selanjutnya, buat rumus untuk menghitung logaritma natural dengan menggunakan fungsi “LN”. Rumusnya adalah =LN(angkayangmaudihitunglogaritmanya)
Contohnya adalah =LN(4)

Langkah 3:
Setelah rumus dibuat, tekan tombol enter untuk menghitung hasil dari logaritma natural tersebut. Hasilnya akan muncul pada kotak di mana rumus tersebut dimasukan. Untuk menghindari terjadinya kesalahan saat mengetik rumus, ada baiknya untuk menyalin rumus tersebut dari sumber yang terpercaya atau mempergunakan fitur autofill pada Excel.

Langkah 4:
Hasil dari rumus tersebut berupa angka pecahan. Kita juga dapat mengubah hasil tersebut menjadi desimal dengan mengkalikan hasilnya dengan desimal 2.72.

Dengan menggunakan rumus di atas, kita dapat menghitung logaritma natural dari angka-angka lainnya secara mudah dan cepat melalui Microsoft Excel.

Cara Membuat Grafik Logaritma

Cara Membuat Grafik Logaritma Pada Pengujian Analisa Saringan Dan

Grafik logaritma adalah jenis grafik yang menunjukkan hubungan antara dua variabel dengan menggunakan sumbu horizontal dan vertikal yang didasarkan pada skala logaritmik. Grafik ini digunakan untuk menunjukkan perubahan yang terjadi pada data yang sangat besar atau kecil dalam bentuk yang lebih mudah dibaca. Selain itu, grafik logaritma juga sering digunakan untuk menunjukkan hubungan eksponensial atau logaritmik antara dua variable.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT RATA-RATA DENGAN PERSENTASE DI EXCEL

Berikut ini adalah cara membuat grafik logaritma di Excel.

Langkah 1:
Siapkan data yang ingin ditampilkan pada grafik logaritma. Data harus berupa angka dan memiliki teks label yang menjelaskan masing-masing nilai. Misalnya, kita memiliki dua variabel x dan y di mana akan ditampilkan dalam grafik logaritma. Berikut ini adalah contoh data yang akan ditampilkan.

X Y
10 100
100 1000
1000 10000

Langkah 2:
Buka Microsoft Excel dan buka lembar kerja baru. Masukkan data yang telah disiapkan pada langkah pertama ke dalam lembar kerja baru tersebut.

Langkah 3:
Pilih dua kolom data yang ingin ditampilkan pada grafik logaritma. Setelah memilih, pilih menu “Insert” dengan mengklik opsi tersebut pada bagian atas layar Microsoft Excel. Kemudian, pilih jenis grafik “Line Chart”.

Langkah 4:
Setelah memilih jenis grafik “Line Chart”, pilihlah jenis grafik “XY (Scatter)” pada bagian bawah opsi grafik. Setelah itu, klik “Next”.

Langkah 5:
Pada langkah ini, pilihlah bagian “Series”. Lalu, klik satu tombol pada bagian “Add”. Setelah itu, masukkan nama serinya pada bagian “Series name” dan masukkan data y pada bagian “Y values”. Setelah itu, klik tombol pada bagian “OK”.

Langkah 6:
Pilih opsi “Same as X Value” pada bagian “X values”. Kemudian, klik tombol “Next”.

Langkah 7:
Pada tahap ini, masukkan label data pada grafik dengan cara mengklik tombol “Next”. Setelah itu, klik tombol “Finish”.

Langkah 8:
Salin rancangan grafik yang telah dibuat ke lembar kerja Microsoft Excel yang sebelumnya. Setelah itu, klik dua kali grafik tersebut untuk mengeditnya.

Langkah 9:
Pada tahap ini, ubah sumbu horizontal dan vertikal agar menggunakan skala logaritma dengan cara mengklik “Format Axis” pada sumbu horizontal dan vertikal. Setelah itu, pilih “Logarithmic Scale” pada bagian “Axis Options”.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT APLIKASI RAPORT DENGAN EXCEL 2007

Langkah 10:
Setelah itu, ubah judul grafik dengan mengeklik judul grafik yang sudah tertera. Selain itu, dapat juga menambahkan judul pada sumbu horizontal dan vertikal agar lebih jelas.

Dengan menggunakan langkah di atas, kita dapat membuat grafik logaritma di Excel dengan cepat dan mudah. Grafik logaritma ini dapat mempermudah pekerjaan dan membantu dalam analisis data pada suatu perusahaan, khususnya pada bidang pengujian analisa saringan dan lain lain.

FAQ

1. Apa itu logaritma dan cara membuat logaritma di Microsoft Excel?

Logaritma adalah sebuah bilangan yang menjelaskan seberapa banyak kali bilangan dengan pangkat tertentu harus dihitung untuk mereturn bilangan tertentu tersebut. Pada Microsoft Excel, logaritma natural dapat dibuat dengan fungsi “LN”. Rumusnya adalah =LN(angkayangmaudihitunglogaritmanya). Setelah rumus dibuat, tekan tombol enter untuk menghitung hasil dari logaritma natural tersebut.

2. Apa itu grafik logaritma dan cara membuatnya di Excel?

Grafik logaritma adalah jenis grafik yang menunjukkan hubungan antara dua variabel dengan menggunakan sumbu horizontal dan vertikal yang didasarkan pada skala logaritmik. Grafik ini digunakan untuk menunjukkan perubahan yang terjadi pada data yang sangat besar atau kecil dalam bentuk yang lebih mudah dibaca. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan data yang ingin ditampilkan pada grafik logaritma kemudian memilih dua kolom data tersebut. Selanjutnya, pilih menu “Insert” kemudian pilih jenis grafik “Line Chart” dan “XY (Scatter)”. Masukkan nama serinya pada bagian “Series name” dan data y pada bagian “Y values”. Pada tahap ini, ubah sumbu horizontal dan vertikal agar menggunakan skala logaritma dengan cara mengklik “Format Axis” pada sumbu horizontal dan vertikal dan pilih “Logarithmic Scale” pada bagian “Axis Options”.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT FILE PDF DARI EXCEL

Video Tutorial Membuat Grafik Logaritma di Excel

Berikut ini adalah video tutorial cara membuat grafik logaritma di Excel:

Dengan mempelajari cara membuat logaritma dan grafik logaritma di Microsoft Excel, maka kita dapat menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan dalam melakukan analisa data. Selain itu, Microsoft Excel juga menyediakan banyak fitur lainnya yang dapat membantu kita dalam membuat laporan atau pengolahan data secara efektif dan lebih mudah.