CARA MEMBUAT GRAFIK LOG DI EXCEL

Membuat grafik di Excel adalah salah satu keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai dalam dunia bisnis dan pekerjaan kantoran. Grafik dapat membantu menyederhanakan dan memvisualisasikan data sehingga mudah dipahami dan disajikan kepada orang lain. Dalam artikel ini, kita akan meninjau tiga cara mudah untuk membuat grafik di Excel.

Cara Membuat Grafik di Excel

1. Menggunakan Wizard Grafik Excel

Cara termudah untuk membuat grafik di Excel adalah dengan menggunakan Wizard Grafik Excel. Wizard ini membantu memandu Anda melalui proses pembuatan grafik dan menyediakan berbagai opsi untuk memilih jenis grafik, tata letak, dan opsi gaya. Untuk menggunakan wizard grafik Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1:

Pilih data untuk digunakan dalam grafik. Pastikan data tersebut memiliki setidaknya satu label (judul) dan satu item dalam setiap kolom dan baris.

Langkah 2:

Setelah memilih area data, pilih “Insert” di menu bar Excel. Pilih “Insert” dan pilih jenis grafik yang ingin Anda buat dari daftar pilihan. Ada banyak jenis grafik yang dapat Anda pilih, termasuk grafik batang, garis, area, pie, dan lain sebagainya.

Langkah 3:

Setelah memilih jenis grafik, Excel akan membuat grafik sementara dan menampilkan Wizard Grafik. Di sini Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengedit grafik sesuai kebutuhan Anda, seperti menambahkan judul, mengatur pilihan sumbu, mengubah warna dan gaya, dan menambahkan label data. Setelah Anda selesai, klik “Finish” untuk menyimpan dan menampilkan grafik di lembar kerja Anda.

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Chart Tools

Selain menggunakan Wizard Grafik Excel, chart tools adalah cara praktis untuk membuat grafik di Excel. Dalam chart tools, Anda dapat memilih jenis grafik langsung dan mengeditnya seperti yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik dari chart tools di Excel:

Langkah 1:

Seperti sebelumnya, pastikan Anda telah memilih data yang ingin Anda gunakan untuk membuat grafik. Klik pada area data tersebut.

Langkah 2:

Klik menu “Insert” dan pilih grafik dari Chart Tools. Excel akan menampilkan tampilan chart tools yang memungkinkan Anda memilih jenis grafik yang ingin Anda gunakan.

Langkah 3:

Pilih jenis grafik yang diinginkan dari opsi yang tersedia. Anda kemudian akan diminta untuk mengatur data dan pengaturan grafik. Setelah selesai, klik “OK” untuk menampilkan grafik.

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Menentukan Sendiri Data

Cara terakhir untuk membuat grafik di Excel adalah dengan menentukan sendiri data. Metode ini memungkinkan Anda lebih fleksibel dalam menentukan data yang ingin Anda gunakan dalam grafik. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan metode ini:

Langkah 1:

Buka lembar kerja Excel dan buat daftar data yang ingin Anda gunakan dalam grafik. Pastikan data tersebut memiliki setidaknya satu label (judul) dan satu item dalam setiap kolom dan baris.

Langkah 2:

Pilih data yang ingin Anda gunakan dalam grafik. Setelah memilih data, klik pada menu “Insert”. Pilih jenis grafik yang Anda inginkan dari daftar pilihan.

Langkah 3:

Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, setel label dan sumbu sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mengubah warna dan gaya grafik seperti yang diinginkan.

Baca Juga :  Cara Menyortir Data Excel Yang Sama

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah ada cara untuk menambahkan grafik ke dalam dokumen Word atau PowerPoint?

Jawaban: Ya, Anda dapat menambahkan grafik Excel ke dalam dokumen Word atau PowerPoint dengan melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah 1:

Bukalah file dokumen Word atau PowerPoint tempat Anda ingin menambahkan grafik Excel.

Langkah 2:

Pergi ke menu Insert dan pilih “Object” dari daftar.

Langkah 3:

Pilih “Microsoft Office Excel Chart” dari daftar opsi objek.

Langkah 4:

Excel akan terbuka sebagai objek dalam dokumen, lalu Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi grafik seperti yang diinginkan.

Pertanyaan 2: Apakah ada jenis grafik yang lebih baik digunakan untuk menyoroti perbandingan data?

Jawaban: Jenis grafik yang lebih baik untuk menyoroti perbandingan data adalah grafik batang atau kolom. Grafik ini menggambarkan perbandingan antara dua atau lebih item dalam suatu kategori. Jenis grafik lain seperti grafik garis atau area lebih cocok untuk menyoroti perubahan atau tren dari waktu ke waktu.

Video Cara membuat grafik di Excel

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu Anda mempelajari cara membuat grafik di Excel lebih detail:

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita membahas tiga cara mudah untuk membuat grafik di Excel. Cara termudah adalah menggunakan wizard grafik Excel, sementara chart tools memungkinkan Anda untuk memilih jenis grafik langsung. Terakhir, ada metode menentukan sendiri data yang memungkinkan Anda lebih fleksibel dalam menentukan data yang ingin digunakan dalam grafik. Dalam penggunaan grafik Excel, penting untuk diingat bahwa grafik yang digunakan tergantung pada jenis data yang ingin ditampilkan dan cara terbaik untuk memvisualisasikannya.