Cara Membuat Grafik Korelasi Di Excel 2013

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang sederhana maupun kompleks. Selain itu, Excel dapat juga dipakai untuk membuat tabel, membuat grafik, dan melakukan perhitungan data yang rumit dengan cepat dan mudah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat grafik di Excel.

Grafik di Excel

Grafik merupakan representasi visual dari data yang disajikan dalam bentuk diagram atau chart. Grafik dapat membuat data lebih mudah dipahami dan mempermudah dalam pengambilan keputusan. Excel menyediakan banyak jenis grafik yang dapat dicoba sesuai dengan jenis data yang diinginkan.

Cara Membuat Grafik di Excel

Berikut ini adalah cara membuat grafik di Excel:

1. Siapkan Data

Langkah pertama dalam membuat grafik di Excel adalah menyiapkan data yang akan digunakan untuk grafik. Pastikan data yang akan digunakan sudah benar dan teratur. Data dapat disimpan dalam format tabel atau memiliki header dan kolom. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan data penjualan dari Januari hingga Desember.

Bulan
Produk A
Produk B
Produk C
Januari
100
50
75
Februari
150
75
100
Maret
200
100
150
April
150
75
100
Mei
250
125
200
Juni
300
150
250
Juli
350
175
300
Agustus
400
200
350
September
450
225
400
Oktober
500
250
450
November
550
275
500
Desember
600
300
550

2. Pilih Jenis Grafik

Setelah data siap, selanjutnya pilih jenis grafik yang akan digunakan. Microsoft Excel menyediakan berbagai macam jenis grafik seperti grafik garis, grafik batang, grafik pie, dan sebagainya. Pilihlah jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang akan disajikan. Dalam contoh ini kita akan menggunakan jenis grafik garis.

3. Pilih Judul Grafik

Setelah jenis grafik dipilih, buatlah judul grafik yang jelas dan mudah dipahami. Judul grafik perlu disesuaikan dengan jenis data yang digunakan dalam grafik. Misalnya pada contoh data di atas, judul grafik dapat diberi nama “Grafik Penjualan Produk A, B, dan C.”

4. Buat Grafik

Setelah menjalankan tiga langkah sebelumnya, selanjutnya buatlah grafik dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih data yang akan dimasukkan ke dalam grafik
  2. Klik Insert pada menu tab, kemudian pilih jenis grafik yang diinginkan. Dalam contoh ini kita akan menggunakan Grafik Garis.
  3. Grafik akan ditampilkan pada sheet Excel.
  4. Lakukan pengaturan pada grafik seperti judul grafik, label sumbu X dan Y, warna dan font, serta tampilan lainnya agar lebih menarik dan mudah dipahami.

FAQ

1. Apa bedanya grafik garis dengan grafik batang?

Grafik garis digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk garis yang terhubung memanjang pada sumbu X dan Y. Grafik ini cocok digunakan untuk menunjukkan perubahan data seiring dengan waktu. Sedangkan grafik batang menunjukkan data dalam bentuk batang yang tegak pada sumbu X dan Y. Grafik ini cocok digunakan untuk membandingkan data atau kategori yang berbeda.

2. Apakah Excel dapat digunakan untuk membuat grafik tiga dimensi?

Ya, Excel menyediakan fitur untuk membuat grafik tiga dimensi. Namun, sebaiknya pengguna tidak menggunakan banyak efek dan warna yang berlebihan agar data tetap mudah dipahami.

Baca Juga :  Cara Menghitung Margin Dengan Excel

Video Tutorial: Cara membuat grafik di Excel

Kesimpulan

Dalam membuat grafik di Excel terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti. Pertama, siapkan data yang akan dijadikan dasar dalam pembuatan grafik. Kedua, pilih jenis grafik yang sesuai dengan jenis data. Ketiga, berikan judul grafik yang jelas dan mudah dipahami. Terakhir, buat grafik sesuai dengan pengaturan yang diinginkan seperti label sumbu, font dan warna, serta tampilan lainnya.