Cara Membuat Grafik Interaktif Di Excel Dengan Beberapa Opsi Data

Banyak orang menganggap bahwa Microsoft Excel hanya sebagai program yang digunakan untuk membuat tabel atau menghitung angka. Namun, sebenarnya Microsoft Excel bisa digunakan untuk membuat grafik yang menarik dan informatif. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat grafik di Excel beserta beberapa jenis model grafiknya.

Cara Membuat Grafik di Excel

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis model grafik di Microsoft Excel, ada baiknya kita mempelajari cara membuat grafik di Excel terlebih dahulu.

  1. Pertama-tama, pastikan telah memasukan data pada Excel yang ingin dibuatkan grafik.
  2. Pilih data yang ingin digunakan untuk dijadikan grafik.
  3. Klik tombol Insert pada menu bar.
  4. Pilih jenis grafik yang ingin digunakan pada tampilan grafik.
  5. Kustomisasi tampilan grafik sesuai keinginan.
  6. Selesai.

Setelah memiliki dasar tentang cara membuat grafik di Excel, selanjutnya kita akan membahas beberapa jenis model grafik di Microsoft Excel.

Jenis Model Grafik di Microsoft Excel

Grafik Garis

Grafik garis adalah jenis model grafik yang paling umum digunakan di Microsoft Excel. Grafik ini digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk garis horizontal atau vertikal yang terhubung. Grafik garis sangat cocok digunakan untuk menampilkan data yang berubah-ubah seiring waktu.

Grafik Batang

Grafik batang adalah jenis model grafik yang digunakan untuk menunjukkan data dalam bentuk batang vertikal atau horizontal. Grafik batang sangat cocok digunakan untuk menampilkan perbandingan data antara beberapa kategori.

Grafik Area

Grafik area adalah jenis model grafik yang menunjukkan data dalam rupa area yang diwarnai. Grafik ini sangat cocok digunakan untuk menampilkan hasil pertumbuhan data atau perubahan dalam data seiring waktu.

Grafik Pie

Grafik pie adalah jenis model grafik yang menunjukkan proporsi data dalam bentuk lingkaran. Grafik ini cocok digunakan untuk menampilkan proporsi data dalam satu kesatuan.

Grafik Radar

Grafik radar adalah jenis model grafik yang menampilkan data dalam bentuk radar atau jaring-jaring. Grafik ini digunakan untuk membandingkan beberapa set data dalam bermacam-macam kategori.

Grafik Pohon

Grafik pohon adalah jenis model grafik yang menampilkan hubungan antara beberapa kelompok data. Grafik ini baik digunakan untuk menampilkan hierarki data atau level data yang berbeda-beda.

Itulah beberapa jenis model grafik di Microsoft Excel. Tentunya, cara membuat grafik pada masing-masing jenis model tidak jauh berbeda dengan cara membuat grafik pada umumnya, yaitu dengan menyesuaikan jenis data yang digunakan dan persiapan penampilan grafik.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menambahkan data pada grafik yang telah dibuat?

Jawaban: Untuk menambahkan data pada grafik yang telah dibuat, cukup tambahkan data baru ke tabel sumber daftar dan grafik akan diperbarui secara otomatis. Atau, Anda bisa menambahkan data baru ke grafik dengan mengklik tombol “Edit Data” pada menu grafik dan menambahkan data baru pada tabel di jendela pop-up yang muncul.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menampilkan style visual yang lebih menarik pada grafik?

Jawaban: Secara default, Microsoft Excel menyediakan sejumlah style visual yang dapat digunakan untuk memperindah tampilan grafik. Untuk menampilkan style visual yang lebih menarik, dapat menggunakan opsi “Charts Styles” yang disediakan pada menu “Design” di bagian atas tampilan grafik. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan tampilan grafik secara manual dengan mengubah warna, jenis garis, atau memberikan efek bayangan pada grafik.

Baca Juga :  CARA MENGHILANGKAN TANGGAL OTOMATIS PADA EXCEL

Video Tutorial

Kesimpulan

Dalam artikel ini kita telah membahas tentang cara membuat grafik di Microsoft Excel dan beberapa jenis model grafik yang umum digunakan. Selain itu, kita juga telah membahas tentang cara menambahkan data pada grafik yang telah dibuat dan bagaimana cara menampilkan style visual yang lebih menarik pada grafik.

Ada banyak jenis model grafik lainnya yang tersedia di Microsoft Excel yang mungkin belum kita bahas di artikel ini. Oleh karena itu, sebaiknya eksplorasi lebih lanjut tentang bentuk dan jenis grafik apa saja yang dapat dibuat dengan Microsoft Excel untuk lebih meningkatkan kemampuan pada program ini.