Cara Membuat Grafik Hubungan Panjang Berat Di Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu program aplikasi yang sering digunakan oleh berbagai kalangan karena kemampuannya dalam mengolah data. Dalam penggunaannya, Excel dapat membantu memvisualisasikan data dengan menggunakan grafik. Grafik dapat memudahkan user dalam membaca dan menganalisis data. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat grafik di Excel secara lengkap.

Cara Membuat Grafik Hubungan Panjang Berat Di ExcelCara Membuat Grafik Garis di Excel

Grafik garis digunakan untuk merepresentasikan data yang berubah over time. Pada umumnya, grafik garis sering digunakan untuk menggambarkan tren data. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik garis di Excel:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Excel dan buatlah tabel data yang akan dijadikan grafik. Misalnya, kita akan membuat grafik garis dari data penjualan sepeda pada bulan Januari hingga Mei. Tabel data dapat dibuat seperti gambar di bawah ini:
  2. Tabel Data

  3. Setelah membuat tabel data, pilih bagian tabel data yang akan dijadikan grafik.
  4. Setelah itu, klik tombol Insert pada ribbon menu, kemudian pilih Line Chart dan pilih salah satu jenis grafik garis yang diinginkan. Berikut adalah contoh grafik garis sederhana:
  5. Line Graph Example

  6. Jika ingin mengedit atau memodifikasi grafik, klik grafik garis yang telah dibuat. Kemudian, klik chart elemen yang ingin diubah. Pilihan pengaturan grafik pun akan muncul dan kita dapat memodifikasi grafik sesuai keinginan.
  7. Modifikasi Grafik


Cara Membuat Grafik Gabungan di ExcelCara Membuat Grafik Gabungan di Excel

Grafik gabungan merupakan penggabungan dari beberapa jenis grafik dalam satu grafik. Dengan menggunakan grafik gabungan, kita dapat menggabungkan informasi dari beberapa jenis grafik sekaligus, sehingga mempermudah kita dalam menganalisis data. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik gabungan di Excel:

  1. Buka aplikasi Excel dan buatlah tabel data yang akan dijadikan grafik. Misalnya, kita akan membuat grafik gabungan dari data penjualan sepeda dan motor pada bulan Januari hingga Mei. Tabel data dapat dibuat seperti gambar di bawah ini:
  2. Tabel Data

  3. Setelah membuat tabel data, pilih bagian tabel data yang akan dijadikan grafik.
  4. Setelah itu, klik tombol Insert pada ribbon menu, kemudian pilih Combo Chart dan pilih salah satu jenis grafik gabungan yang diinginkan. Berikut adalah contoh grafik gabungan sederhana:
  5. Combo Chart Example

  6. Jika ingin mengedit atau memodifikasi grafik, klik grafik gabungan yang telah dibuat. Kemudian, klik chart elemen yang ingin diubah. Pilihan pengaturan grafik pun akan muncul dan kita dapat memodifikasi grafik sesuai keinginan.
  7. Modifikasi Grafik


Cara Membuat Grafik Hubungan Panjang Berat Di Excel u2013 DehaliyahCara Membuat Grafik Hubungan Panjang Berat Di Excel

Grafik hubungan digunakan untuk memperlihatkan hubungan antara satu variabel terhadap variabel lainnya. Pada artikel kali ini, kita akan memperlihatkan bagaimana membuat grafik hubungan antara panjang dan berat. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik hubungan di Excel:

  1. Buka aplikasi Excel dan buatlah tabel data yang akan dijadikan grafik. Misalnya, kita akan membuat grafik hubungan antara panjang dan berat seekor ikan. Tabel data dapat dibuat seperti gambar di bawah ini:
  2. Tabel Data

  3. Setelah membuat tabel data, pilih bagian tabel data yang akan dijadikan grafik.
  4. Setelah itu, klik tombol Insert pada ribbon menu, kemudian pilih Scatter Chart dan pilih salah satu jenis grafik hubungan yang diinginkan. Berikut adalah contoh grafik hubungan sederhana:
  5. Scatter Chart Example

  6. Jika ingin mengedit atau memodifikasi grafik, klik grafik hubungan yang telah dibuat. Kemudian, klik chart elemen yang ingin diubah. Pilihan pengaturan grafik pun akan muncul dan kita dapat memodifikasi grafik sesuai keinginan.
  7. Modifikasi Grafik


Cara Membuat Grafik dan Diagram Batang Persentase di Excel | KASKUSCara Membuat Grafik dan Diagram Batang Persentase di Excel

Grafik batang persentase digunakan untuk memperlihatkan perbandingan nilai dalam persentase. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat grafik batang persentase di Excel. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik batang persentase di Excel:

  1. Buka aplikasi Excel dan buatlah tabel data yang akan dijadikan grafik. Misalnya, kita akan membuat grafik batang persentase dari data persentase pengunjung sebuah situs web pada bulan Maret. Tabel data dapat dibuat seperti gambar di bawah ini:
  2. Tabel Data

  3. Setelah membuat tabel data, pilih bagian tabel data yang akan dijadikan grafik.
  4. Setelah itu, klik tombol Insert pada ribbon menu, kemudian pilih Stacked Bar Chart dan pilih salah satu jenis grafik batang persentase yang diinginkan. Berikut adalah contoh grafik batang persentase sederhana:
  5. Stacked Bar Chart Example

  6. Jika ingin mengedit atau memodifikasi grafik, klik grafik batang persentase yang telah dibuat. Kemudian, klik chart elemen yang ingin diubah. Pilihan pengaturan grafik pun akan muncul dan kita dapat memodifikasi grafik sesuai keinginan.
  7. Modifikasi Grafik


Baca Juga :  CARA MERUBAH FILE CSV KE EXCEL 2010

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan grafik garis di Excel?

Grafik garis di Excel digunakan untuk memperlihatkan tren data yang berubah seiring waktu.

2. Apakah kita dapat mengedit grafik yang telah dibuat di Excel?

Ya, kita dapat mengedit atau memodifikasi grafik yang telah dibuat di Excel. Kita dapat mengubah jenis grafik, warna, atau memodifikasi isi dalam grafik.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara membuat grafik di Excel: