CARA MEMBUAT GRAFIK GRADASI AGREGAT DI EXCEL

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat grafik di Excel. Yup, Microsoft Excel memang terkenal sebagai software pengolah data yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah membuat grafik. Grafik sendiri adalah bentuk representasi visual yang digunakan untuk menampilkan data secara lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Sebelum kita mulai, ada baiknya untuk memahami jenis-jenis grafik yang biasa digunakan di Excel. Ada beberapa jenis grafik yang umumnya digunakan, yaitu grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran, grafik radar, dan grafik area. Setiap jenis grafik memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan keperluan data yang akan ditampilkan.

Untuk membuat grafik di Excel, kita perlu memilih terlebih dahulu jenis grafik yang akan digunakan serta menyiapkan data yang akan ditampilkan. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat grafik di Excel:

1. Pertama-tama, buka program Microsoft Excel dan buatlah sebuah tabel yang berisi data yang ingin ditampilkan dalam bentuk grafik.

2. Pilih data yang ingin ditampilkan pada grafik dengan cara meng-klik dan men-drag mouse.

3. Setelah itu, klik tab “Insert” pada menu bar, kemudian pilih jenis grafik yang ingin digunakan pada data tersebut.

4. Setelah itu, pilih salah satu desain grafik yang disediakan dan klik OK.

5. Selanjutnya, grafik yang sudah dibuat dapat disesuaikan dengan keinginan menggunakan tools yang disediakan, seperti mengubah warna, mengedit axis, menambahkan judul, dan sebagainya.

6. Terakhir, grafik yang sudah dibuat dapat disimpan atau di-copy paste ke tempat lain.

Itulah cara sederhana untuk membuat grafik di Excel. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu dalam membuat grafik yang lebih presentatif dan mudah dipahami oleh pembaca:

1. Pilih jenis grafik yang sesuai dengan keperluan data yang akan ditampilkan. Misalnya, grafik garis biasa digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk tren, sedangkan grafik batang biasa digunakan untuk menampilkan perbandingan data.

2. Buat grafik semenarik mungkin dengan menggunakan warna dan desain yang menarik, namun tetap jangan mengorbankan fungsi dari grafik itu sendiri.

3. Gunakan label yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan grafik pada satu dokumen, gunakan dengan bijak dan sesuai keperluan.

Nah, itu dia tips-tips dalam membuat grafik di Excel. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa kelebihan menggunakan grafik dalam menampilkan data?
Jawaban: Grafik dapat membantu memperlihatkan data secara visual dan lebih mudah dipahami oleh pembaca, selain itu dapat memudahkan dalam menyorot perbedaan data.

2. Apa jenis grafik yang cocok untuk menampilkan data dalam bentuk perbandingan?
Jawaban: Grafik batang atau grafik kolom biasa digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk perbandingan.

Baca Juga :  CARA MELAMPIRKAN FILE DI EXCEL