Cara Membuat Grafik Frekuensi Kumulatif Di Excel

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Excel adalah grafik atau diagram. Grafik dapat memberikan gambaran visual yang jelas dan mudah dipahami mengenai data yang telah kita masukkan dalam format angka-angka.

Cara Mudah Membuat Grafik atau Diagram di Excel 2007

Jika Anda menggunakan Excel 2007, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat grafik atau diagram dalam Excel 2007:

  1. Pertama-tama, pilih data yang ingin kita buat grafiknya. Pilih data dengan menekan tombol mouse pada data yang diinginkan, dan seret mouse untuk memilih data yang akan digunakan.
  2. Setelah data terpilih, kita klik Insert pada toolbar di bagian atas lembar kerja Excel.
  3. Pada Insert, pilih Chart, dan pilih jenis grafik yang diinginkan. Excel menyediakan banyak jenis grafik, seperti grafik batang, garis, pie, dan lain-lain.
  4. Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, kita tekan tombol Next untuk mengkonfigurasi plot area, labels, dan legend, ataupun nilai-nilai kedua axis vertikal dan horizontal.
  5. Setelah konfigurasi selesai, kita klik Finish dan grafik kita akan muncul dalam lembar kerja Excel.

Cara Memodifikasi Tampilan Grafik Pada Microsoft Excel

Setelah kita membuat grafik, kita dapat melakukan modifikasi terhadap tampilan grafik tersebut untuk membuatnya lebih menarik dan mudah dipahami. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memodifikasi tampilan grafik dalam Microsoft Excel:

  1. Pilih grafik yang ingin dimodifikasi dengan cara mengklik pada bagian grafik tersebut.
  2. Kita klik pada tab Format pada toolbar. Pada tab ini, kita dapat memodifikasi berbagai aspek dari tampilan grafik.
  3. Kita dapat mengubah warna latar belakang grafik, mengubah warna dan ketebalan garis, mengubah warna dan ukuran font, dan masih banyak lagi.
  4. Setelah selesai memodifikasi, kita klik OK dan perubahan tampilan akan diterapkan pada grafik yang kita buat.
Baca Juga :  CARA MERUBAH FILE CSV KE EXCEL 2007

Cara Membuat Kategori Data Di Excel

Salah satu faktor penting dalam pembuatan grafik adalah kategori data. Kategori data ini dapat membantu kita untuk mengelompokkan data dalam grafik, sehingga lebih mudah dipahami oleh orang yang melihatnya. Cara membuat kategori data di Excel sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, kita akan menambahkan kategori data ke dalam lembar kerja Excel. Kita klik pada sel yang kosong di sebelah kiri atas lembar kerja dan isi dengan judul kategori yang kita inginkan.
  2. Kemudian, kita akan menambahkan data-data ke dalam kategori tersebut. Kita isi data dengan jumlah yang kita inginkan.
  3. Selanjutnya, kita akan memilih seluruh data tersebut dengan menekan tombol mouse pada data tersebut dan seret mouse untuk memilih seluruh data.
  4. Setelah data terpilih, kita klik Insert pada toolbar di bagian atas lembar kerja Excel.
  5. Pada Insert, pilih Chart, dan pilih jenis grafik yang diinginkan.
  6. Pada tabel data label, kita pilih kategori yang kita tambahkan tadi.
  7. Setelah konfigurasi selesai, kita klik Finish dan grafik kita akan muncul dalam lembar kerja Excel.

Cara Membuat Grafik/Chart Di Excel 2013

Untuk membuat grafik atau chart di Excel 2013, langkah-langkahnya hampir sama dengan di Excel 2007. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih data yang ingin kita buat grafiknya. Pilih data dengan menekan tombol mouse pada data yang diinginkan, dan seret mouse untuk memilih data yang akan digunakan.
  2. Setelah data terpilih, kita klik Insert pada toolbar di bagian atas lembar kerja Excel.
  3. Pada Insert, pilih Chart, dan pilih jenis grafik yang diinginkan.
  4. Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, kita tekan tombol OK untuk mengkonfigurasi plot area, labels, dan legend, ataupun nilai-nilai kedua axis vertikal dan horizontal.
  5. Setelah konfigurasi selesai, kita klik OK dan grafik kita akan muncul dalam lembar kerja Excel.
Baca Juga :  Membuat Peringkat Pada Excel

Cara Membuat Grafik Gabungan di Excel

Kita juga dapat membuat grafik gabungan di Excel, yaitu grafik yang terdiri dari beberapa jenis grafik yang berbeda, digabungkan dalam satu tampilan yang koheren. Cara membuat grafik gabungan di Excel cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, kita akan memilih data yang ingin kita buat grafiknya. Pilih data dengan menekan tombol mouse pada data yang diinginkan, dan seret mouse untuk memilih data yang akan digunakan.
  2. Setelah data terpilih, kita klik Insert pada toolbar di bagian atas lembar kerja Excel.
  3. Pada Insert, pilih Chart, dan pilih jenis grafik yang diinginkan.
  4. Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, kita tekan tombol OK untuk mengkonfigurasi plot area, labels, dan legend, ataupun nilai-nilai kedua axis vertikal dan horizontal.
  5. Setelah konfigurasi selesai, kita klik OK dan grafik kita akan muncul dalam lembar kerja Excel.
  6. Setelah grafik pertama selesai, kita pilih area kosong di lembar kerja dan masukkan data yang akan digunakan untuk grafik kedua.
  7. Kemudian, kita pilih Insert pada toolbar di bagian atas lembar kerja Excel dan kita pilih Chart.
  8. Pada tabel data label, kita pilih jenis grafik yang berbeda dari grafik pertama yang telah dibuat sebelumnya.
  9. Setelah selesai, kita dapat mengatur grafik kedua dengan cara yang sama seperti grafik pertama, lalu kita klik OK dan grafik kedua akan muncul dalam lembar kerja Excel.
  10. Setelah grafik kedua selesai, kita dapat menggabungkan keduanya dengan cara melakukan drag and drop grafik kedua ke dalam grafik pertama.
  11. Setelah kedua grafik digabungkan, kita dapat memodifikasi tampilan grafik tersebut sesuai keinginan kita.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan #1: Apakah Excel dapat membuat grafik atau diagram secara otomatis?

Jawaban: Ya, Excel dapat membuat grafik atau diagram secara otomatis dengan menggunakan fitur Quick Analysis. Anda cukup memilih data yang ingin dijadikan grafik atau diagram, dan kemudian pilih Quick Analysis pada toolbox yang muncul. Kemudian, pilih jenis grafik atau diagram yang diinginkan dan Excel akan secara otomatis membuatnya untuk Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Acakan Di Excel Multikolom

Pertanyaan #2: Apakah saya dapat menyisipkan grafik Excel ke dalam dokumen Word atau PowerPoint?

Jawaban: Ya, Anda dapat menyisipkan grafik atau diagram Excel ke dalam dokumen Word atau PowerPoint dengan mudah. Caranya adalah dengan melakukan copy dan paste grafik atau diagram dari Excel ke Word atau PowerPoint. Anda juga dapat menyisipkan grafik atau diagram Excel langsung dari toolbar Insert yang terdapat pada Word atau PowerPoint.

Video Tutorial: Membuat Grafik atau Diagram di Excel

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu Anda dalam pembuatan grafik atau diagram di Excel: