Cara Membuat Grafik Excel Safety Stock

Memahami data dan cara memvisualisasikannya sangat penting dalam mengambil keputusan yang tepat. Salah satu cara yang populer untuk membuat visualisasi data adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat grafik di Excel dan jenis model grafik yang tersedia.

Tingkat Mahir

Pertama-tama, mari kita lihat bagaimana membuat grafik di Excel untuk pemula. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Microsoft Excel dan buat lembar kerja baru. Pilih data yang ingin Anda visualisasikan dan masukkan ke dalam lembar kerja.
  2. Pilih data tersebut, kemudian klik tab “Insert” dan pilih jenis grafik yang Anda inginkan dari kumpulan grafik yang tersedia.
  3. Anda dapat menyesuaikan tampilan grafik Anda dengan menambahkan judul, sumbu x dan y, dan label. Klik pada bagian grafik yang ingin Anda ubah, kemudian klik kanan dan pilih “Format Data Series” atau “Format Data Point”.
  4. Jika Anda ingin mengubah jenis grafik yang telah Anda buat, klik pada grafik tersebut dan pilih tab “Design”. Anda akan melihat opsi “Change Chart Type” yang akan memungkinkan Anda untuk memilih jenis grafik yang berbeda.
  5. Terakhir, Anda dapat menyimpan grafik yang telah Anda buat dan memasukkannya ke dalam dokumen Word atau PowerPoint Anda.

Itu adalah cara dasar untuk membuat grafik di Excel. Namun, Excel menawarkan berbagai jenis grafik yang dapat Anda gunakan tergantung pada jenis data yang ingin Anda visualisasikan. Berikut adalah beberapa jenis grafik yang dapat Anda buat di Excel:

Grafik Batang

Grafik batang adalah grafik yang menunjukkan perbandingan nilai-nilai di sepanjang sumbu x. Grafik ini cocok untuk menampilkan perbandingan antara beberapa set data. Berikut adalah contoh grafik batang:

Cara Membuat Grafik Excel Safety Stock

Anda dapat melihat bahwa grafik batang menggambarkan perbandingan antara beberapa jenis buah berdasarkan jumlah yang terjual. Pada sumbu y, jumlah terjual ditampilkan dalam ribuan, sedangkan di sumbu x, jenis buah ditampilkan.

Grafik Garis

Grafik garis adalah grafik yang menunjukkan perubahan nilai-nilai seiring waktu. Grafik ini cocok untuk menampilkan data yang berubah seiring waktu seperti penjualan bulanan atau perkembangan harga saham. Berikut adalah contoh grafik garis:

grafik garis

Anda dapat melihat bahwa grafik garis menggambarkan perubahan harga saham seiring waktu. Di sumbu y, harga saham ditampilkan dalam rupiah, sedangkan di sumbu x, waktu ditampilkan dalam bulan.

Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran adalah grafik yang menunjukkan proporsi data dalam bentuk persentase dari keseluruhan. Grafik ini cocok untuk menunjukkan presentase pembagian populasi atau presentase alokasi anggaran. Berikut adalah contoh grafik lingkaran:

grafik lingkaran

Anda dapat melihat bahwa grafik lingkaran menggambarkan proporsi siswa berdasarkan jenis kelamin. Setiap bagian dari grafik lingkaran menunjukkan persentase siswa per jenis kelamin.

Heat Map

Heat map adalah jenis grafik yang menunjukkan intensitas data dengan menggunakan warna. Grafik ini cocok untuk menampilkan data spasial seperti suhu di seluruh wilayah atau penyebaran virus di seluruh dunia. Berikut adalah contoh heat map:

heat map

Anda dapat melihat bahwa heat map menggambarkan suhu di wilayah tertentu. Setiap wilayah ditunjukkan dengan warna tertentu berdasarkan rentang suhu yang diwakili.

Itu adalah beberapa jenis grafik yang dapat Anda buat di Excel. Anda dapat menyesuaikan setiap grafik dengan menambahkan judul, sumbu x dan y, dan label yang diperlukan.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel Versi FULL CHART

Jika Anda sedang mencari cara yang lebih canggih untuk membuat grafik di Excel, Anda dapat menggunakan versi lengkap Excel yang disebut Microsoft Excel FULL CHART. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik di Excel FULL CHART:

  1. Buka Microsoft Excel FULL CHART dan buat lembar kerja baru. Pilih data yang ingin Anda visualisasikan dan masukkan ke dalam lembar kerja.
  2. Pilih jenis grafik yang ingin Anda buat dari menu sebelah kiri.
  3. Anda dapat menyesuaikan tampilan grafik Anda dengan menambahkan atau menghapus elemen grafik seperti judul, sumbu x dan y, dan label.
  4. Jika Anda ingin menyesuaikan tampilan grafik Anda lebih lanjut, Anda dapat menggunakan pengaturan lanjutan di bagian bawah menu. Di sini, Anda dapat mengubah warna, jenis garis, dan banyak lagi.
  5. Terakhir, Anda dapat menyimpan grafik yang telah Anda buat dan menambahkannya ke dalam dokumen Word atau PowerPoint Anda.
Baca Juga :  CARA MERINGANKAN FILE EXCEL YANG BERAT

Itulah cara membuat grafik di Excel FULL CHART. Dalam versi lengkap Excel ini, Anda dapat membuat lebih banyak jenis grafik dan menyesuaikan tampilan grafik Anda dengan lebih banyak opsi.

FAQ

1. Apa manfaat membuat grafik di Excel?

Membuat grafik di Excel memiliki beberapa manfaat. Pertama, grafik memungkinkan Anda menampilkan data dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti. Dalam beberapa kasus, melihat data dalam bentuk tabel dapat menjadi sulit untuk diinterpretasikan, terutama jika ada banyak data. Dengan membuat grafik, Anda dapat menyederhanakan data dan membuatnya lebih mudah dimengerti.

Kedua, grafik memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan tren dan pola dalam data. Dalam beberapa kasus, sulit untuk melihat tren dalam data hanya dengan melihat tabel. Namun, dengan membuat grafik, Anda dapat dengan mudah melihat perubahan data seiring waktu dan menentukan apakah ada tren atau pola tertentu dalam data tersebut.

Ketiga, grafik memungkinkan Anda untuk membandingkan data dengan lebih mudah. Ketika membandingkan data di dalam tabel, Anda harus membaca setiap sel dan mencari sel yang ingin Anda bandingkan. Namun, dengan membuat grafik, Anda dapat dengan mudah melihat perbandingan antara data dengan melihat grafik.

2. Apakah ada sumber daya yang tersedia untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat grafik di Excel?

Iya, banyak sumber daya yang tersedia untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat grafik di Excel. Anda dapat menemukan tutorial online gratis di situs-situs seperti YouTube atau Coursera. Selain itu, Microsoft juga menawarkan sumber daya bermanfaat tentang cara membuat grafik di Excel di situs resmi mereka.

Video Tutorial: Cara Membuat Grafik di Excel

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat grafik di Excel:

Itulah cara membuat grafik di Excel. Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah dasar untuk membuat grafik di Excel, jenis-jenis grafik yang tersedia, cara membuat grafik di Excel FULL CHART, serta manfaat membuat grafik di Excel. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memvisualisasikan data Anda dan membuat keputusan yang lebih tepat.