CARA MEMBUAT GRAFIK DARI DATA TABEL DI EXCEL

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat grafik di Microsoft Excel dengan mudah dan cepat. Excel merupakan program pengolah data yang sangat populer dan digunakan secara luas oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga profesional. Grafik adalah salah satu fitur yang penting dalam Excel karena dapat memudahkan kita dalam memvisualisasikan data.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat grafik di Excel dengan mudah dan cepat. Selain itu, kita juga akan membahas beberapa tips dan trik untuk membuat grafik yang lebih menarik dan informatif. Untuk mempermudah pemahaman, artikel ini akan dibagi menjadi beberapa bagian.

1. Pengenalan Grafik di Excel

Sebelum membahas cara membuat grafik di Excel, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang apa itu grafik dan bagaimana fungsinya dalam Excel. Grafik adalah representasi visual dari data yang dihasilkan oleh program pengolah data. Dalam Excel, grafik membantu kita untuk memvisualisasikan data secara lebih mudah dan cepat. Grafik juga dapat membantu kita untuk melihat hubungan dan tren dari data yang ada.

Dalam Excel, ada beberapa jenis grafik yang dapat kita gunakan, antara lain:

– Grafik garis (line chart)
– Grafik batang (bar chart)
– Grafik area (area chart)
– Grafik scatter (scatter chart)
– Grafik pie (pie chart)
– Grafik doughnut (doughnut chart)

Setiap jenis grafik memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan jenis grafik yang tepat penting untuk memudahkan dalam memvisualisasikan data.

2. Cara Membuat Grafik di Excel

Setelah kita mengenal tentang jenis-jenis grafik di Excel, selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuat grafik di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka program Excel, kemudian buka file yang akan digunakan untuk membuat grafik.
2. Pilih data yang akan dijadikan grafik. Misalnya, kita ingin membuat grafik batang dari data penjualan produk dalam 3 bulan terakhir.
3. Setelah memilih data yang akan dijadikan grafik, klik menu Insert yang terletak di atas layar.
4. Klik salah satu jenis grafik yang diinginkan. Misalnya, klik grafik batang.
5. Pilih sub jenis dari grafik batang yang diinginkan. Misalnya, pilih grafik 2D atau 3D.
6. Setelah memilih jenis dan sub jenis grafik yang diinginkan, Excel akan secara otomatis membuat grafik dari data yang telah dipilih.

Selain langkah-langkah di atas, kita juga dapat membuat grafik dengan cara lain, yaitu dengan menggunakan wizard grafik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka program Excel, kemudian buka file yang akan digunakan untuk membuat grafik.
2. Pilih data yang akan dijadikan grafik. Misalnya, kita ingin membuat grafik batang dari data penjualan produk dalam 3 bulan terakhir.
3. Klik menu Insert yang terletak di atas layar.
4. Klik tombol Chart Wizard yang terletak di sebelah kanan bawah menu Insert.
5. Pilih jenis grafik yang diinginkan pada langkah 4 dan 5 pada cara membuat grafik sebelumnya.
6. Klik tombol Next.
7. Pilih data range dari data yang akan dijadikan grafik.
8. Klik tombol Next.
9. Isi judul untuk grafik dan setiap sumbu.
10. Klik tombol Next.
11. Pilih tempat untuk menampilkan grafik, apakah dalam sheet yang sama atau dalam sheet yang berbeda.
12. Klik tombol Finish.

Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, grafik yang kita buat telah siap untuk digunakan. Kita dapat menambahkan label, menyesuaikan tampilan grafik, dan membuat perubahan lainnya sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Tips dan Trik Membuat Grafik yang Menarik dan Informatif

Selain menguasai cara membuat grafik di Excel, kita juga perlu memperhatikan beberapa tips dan trik untuk membuat grafik yang lebih menarik dan informatif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan:

1. Pilih jenis grafik yang tepat
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pemilihan jenis grafik yang tepat penting untuk mempermudah dalam memvisualisasikan data.

Baca Juga :  CARA AGAR FILE EXCEL BISA DI PRINT

2. Memilih warna yang tepat
Warna dapat membantu kita dalam memperjelas grafik dan membuatnya lebih menarik. Namun, kita perlu memilih warna yang tepat agar tidak mengaburkan informasi yang ingin disampaikan.

3. Menambahkan label
Label berguna untuk memberikan konteks dan memperjelas informasi yang ditampilkan dalam grafik.

4. Mengurangi tampilan yang tidak perlu
Terlalu banyak tampilan pada grafik dapat membingungkan pembaca dan membuat informasi sulit dipahami. Kurangi tampilan yang tidak perlu agar pembaca dapat fokus pada informasi yang ingin disampaikan.

5. Menggunakan sumbu yang tepat
Menggunakan sumbu yang tepat akan mempermudah dalam memvisualisasikan data dan membantu dalam menganalisis hubungan antara data.

Dengan melakukan tips dan trik di atas, kita dapat membuat grafik yang lebih menarik dan informatif.

4. FAQ

Q: Apakah saya dapat mengubah tampilan grafik setelah dibuat?
A: Ya, kita dapat mengubah tampilan grafik setelah dibuat. Kita dapat menyesuaikan label, warna, dan tampilan grafik secara keseluruhan dengan mudah.

Q: Apakah ada cara mudah untuk memilih warna yang tepat pada grafik?
A: Ya, Excel memiliki fitur yang disebut “Color Picker” yang mempermudah kita dalam memilih warna yang tepat untuk grafik.

5. Video Tutorial Membuat Grafik di Excel

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu kita dalam membuat grafik di Excel:

6. Kesimpulan

Membuat grafik di Excel merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat untuk memvisualisasikan data. Dalam artikel ini, kita telah mempelajari tentang pengenalan grafik di Excel, cara membuat grafik di Excel, tips dan trik untuk membuat grafik yang lebih menarik dan informatif, serta melengkapi dengan FAQ dan video tutorial. Dengan menguasai cara membuat grafik di Excel, kita dapat meningkatkan efisiensi dalam mengolah data dan memudahkan dalam analisis data yang dihasilkan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca.