Cara Membuat Garis Coret Pada Tulisan Di Excel

Ada beberapa teknik dasar yang umum digunakan di ruang kerja saat kita membuat dokumen seperti menggarisbawahi, mengarsir text, dan memberi garis tengah atau dikorek dalam teks. Di sini, kita akan berbicara tentang cara membuat visual penting ini saat kita menggunakan program Microsoft Word atau Microsoft Excel. Perlu diingat bahwa teknik-teknik ini akan membuat dokumen Anda lebih mudah dibaca dan lebih menarik bagi pembaca. Untuk menguasai cara membuat garis coret pada MS Word, baca artikel ini sampai akhir.

Cara Membuat Garis Coret Di Word

Menempatkan baris horizontal ke teks adalah trik dasar yang berguna untuk menarik perhatian pembaca dan memperjelas apa yang harus ditekankan dalam dokumen. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat garis coret pada Microsoft Word untuk Windows.

1. Gunakan Tombol Keyboard

Langkah pertama dalam menyisipkan garis coret ialah memasukkan teks di dalam dokumen Word. Setelah itu, Anda perlu menemukan huruf atau frase yang ingin digarisbawahi. Jangan khawatir ketika Anda salah memilih teks karena Anda selalu dapat mengubahnya kembali. Ada beberapa cara berbeda untuk membahan teks, diantaranya dengan mengklik tombol mouse, menggunakan menu di bagian atas, atau menggunakan tombol keyboard. Namun, kita akan fokus pada menggunakan tombol keyboard.

Baca Juga :  CARA MENGAKTIFKAN LINK DI EXCEL

Setelah menemukan teks yang diinginkan, jangan tekan tombol enter, hanya pindahkan kursor ke lokasi selanjutnya, lalu tekan tombol tombol Angka 5 di bagian atas keyboard Anda.

Proses ini akan secara otomatis menampilkan garis coret di atas teks yang dipilih.

2. Gunakan Menu Font dalam MS Word

Langkah berikutnya untuk menambahkan garis bawah ialah menggunakan menu font dalam MS Word, dan caranya mudah sekali. Pada dokumen Word Anda, tekan dan tahan teks yang akan digariskan. Setelah itu, pada bagian atas, Anda akan menemukan berbagai macam opsi font. Cari dan klik tombol font untuk dan pilih “Strikethrough”. Dengan begitu, garis bawah akan otomatis muncul di seluruh teks yang telah dipilih.

Cara Mencoret Tulisan Di Word HP

Bagaimana jika Anda ingin mencoret tulisan di Word pada perangkat seluler Anda? Nada khawatir, tutorial cara melakukan hal itu pada perangkat mobile cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Gunakan Aplikasi Microsoft Word

Langkah pertama dalam mencoret tulisan di Word HP yaitu dengan menggunakkan aplikasi Microsoft Word yang telah diinstall pada perangkat mobile Anda. Setelah membuka aplikasi Word, pilih atau buka dokumen yang akan diolah.

2. Aktifkan Keyboard

Setelah dokumen terbuka, klik tempat kosong pada layar untuk memilih tempat Anda ingin mencoret.

3. Pilih fungsi “Strikethrough”

Untuk mencoret tulisan, ketuk dan tahan kata atau frasa. Setelah itu, tombol-kuncinya muncul. Pilih “Strikethrough” untuk menyelesaikan tindakan ini. Bahkan, Anda dapat memilih warna garis sehingga lebih menarik dan efektif.

Cara Membuat Garis Tengah Pada Tulisan Di Excel

Apakah Anda sering berurusan dengan data numerik yang rumit dan terkadang kesulitan memvisualisasikan bagian-bagian utama? Garis tengah sangat membantu dalam menyelesaikan masalah seperti itu. Garis tengah memungkinkan pengguna untuk menapatkan pandangan yang lebih baik tentang bagian utama dengan menjadikannya lebih menonjol. Berikut adalah langkah-langkah menambah garis tengah pada tulisan di Microsoft Excel:

Baca Juga :  cara membuat list pilihan pada excel Membuat pilihan excel panduan

1. Klik Tulisan dan Pilih Format Cell

Anda harus memilih tulisan Anda dan melakukan klik kanan. Setelah itu, pilih Format Cell di bagian bawah menu atau toolbar.

2. Pilih Pilihan Border

Pada jendela Format Cells, pilih bagian “Border”. Anda akan melihat full array dari opsi border dan Anda akan memerlukan margin atau border yang tepat untuk membuat garis tengah. Pilih yang Anda inginkan dari opsi seperti warna, lebar, dan keterangan.

3. Set Garis Tengah

Selanjutnya, pilih ‘center’ di jalur ‘border’. Dengan membuat border atau celah di atas dan bawah baris, garis tengah akan muncul secara otomatis dalam teks atau angka.

Cara Membuat Garis Putus-putus Di Word

Ini satu lagi trik berguna untuk membedakan bagian-bagian dalam tulisan atau dokumen Anda. Garis-dash memiliki efek yang menarik pada teks karena membuatnya lebih mudah dilihat. Berikut cara membuat garis putus-putus di Word:

1. Gunakan Kotak Navigasi

Langkah pertama untuk membuat garis putus-putus di Word adalah menggunakan kotak navigasi. Kotak navigasi ditemukan pada panel navigasi pada bagian atas layar. Aktifkan kotak navigasi dengan mengkliknya.

2. Aktifkan Opsi “Mencari Teks dan Objek di Dokumen

Dari kotak navigasi, klik opsi “Temukan” (Find) yang ada di sebelah kanan panel panduan. Saat opsi tersebut diklik, sebuah kotak dialog akan muncul. Kotak ini berfungsi untuk mengeksekusi perintah yang Anda berikan selanjutnya. Di dalam kotak dialog tersebut Anda akan menemukan pengaturan “teks dan objek”. Klik kotak ini untuk mengaktifkan opsi pencarian Anda.

3. Cari Opsi “Menggunakan Expressions Regular”

Pilih kotak “diganti dengan” dari menu dan ketik “\______\ “. Pelajari penggunaan garis vertikal dan spasi dalam tanda kutip. Ini akan membuat garis putus-putus Anda terlihat indah.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT APLIKASI SURAT DESA DENGAN EXCEL

Cara Membuat Tulisan Dicoret Di Excel

Selain di Word, trik mencoret teks juga dapat diterapkan pada program Microsoft Excel. Berikut adalah panduan cara mencoret tekst dalam Excel:

1. Pilih Bagian Teks yang Ingin Dicoret

Bagian pertama untuk mendapatkan tulisan dicoret di Excel adalah memilih teks yang ingin Anda kerjakan. Setelah itu, aktifkan tombol rata tengah di bagian atas jendela Excel.

2. Aktifkan Opsi “Strikethrough”

Langkah selanjutnya ialah menyelesaikan dengan menekan opsi “Strikethrough”. Coba seleksi beberapa warna untuk garis coret jika dirasa perlu. Sangat mudah, bukan?

FAQ & Jawaban

1. Bagaimana cara menghapus garis tengah dari teks di Word?

Untuk menghapus garis tengah dari teks di Word, cukup pilih teks dan tekan tombol “Strikethrough” dalam menu font. Cara lain adalah dengan menggunakan opsi “Clear Formatting” dalam menu font.

2. Bisakah garis putus-putus digunakan untuk membedakan kolom di Excel?

Ya, garis putus-putus dapat digunakan untuk membedakan kolom di Excel. Ini adalah cara visual yang sangat ampuh untuk membuat satu bagian dari dokumen Anda lebih menonjol daripada yang lain dengan perbedaan yang jelas.

Terakhir, itu adalah trik dasar yang sangat membantu bagi siapa saja yang sering menggunakan program Microsoft Office. Cara menggunakan trik-trik ini sangat mudah, bahkan bagi pemula, dan penggunaan garis bawah atau dash dapat digunakan pada banyak kasus, seperti memberi efek yang menjadikan teks lebih menarik, membedakan satu bagian dokumen dengan yang lain, dan menyoroti bagian utama pada bagan atau tabel. Ingat bahwa tidak ada aturan menentukan apa yang terbaik bagi setiap orang, maka cobalah eksperimen dengan berbagai macam teknik dan pilihlah satu yang paling cocok bagi Anda dan dokumentasi yang Anda kerjakan.