CARA MEMBUAT FORM DATABASE DI EXCEL

Excel merupakan salah satu perangkat lunak yang sering digunakan oleh banyak orang dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu kegunaan Excel yang paling populer adalah sebagai program pengolah data. Dalam pengolahan data, diperlukan sebuah database atau basis data untuk menyimpan data-data yang diperlukan. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat database di Excel dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Database di Excel

Secara umum, terdapat dua cara untuk membuat database di Excel. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur “Table” yang tersedia di Excel. Cara kedua adalah dengan membuat tabel secara manual dengan menggunakan spreadsheet.

Membuat Database Menggunakan Fitur “Table”

Cara pertama untuk membuat database di Excel adalah dengan menggunakan fitur “Table” yang tersedia di Excel. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat tabel dengan mudah dan praktis.

  1. Buka file Excel baru dan buatlah beberapa kolom yang akan menjadi header tabel.
  2. Pilih seluruh kolom dan baris header tabel.
  3. Pilih menu “Insert” di bagian atas aplikasi Microsoft Excel.
  4. Pilih “Table” dalam menu yang muncul.
  5. Excel akan menanyakan apakah tabel tersebut memiliki header. Pastikan bahwa opsi “My table has headers” sudah dicentang.
  6. Tabel telah berhasil dibuat.

Dengan fitur “Table” ini, kita dapat dengan mudah menambahkan baris atau kolom pada tabel yang telah dibuat, menambahkan data ke tabel, dan melakukan perhitungan dengan mudah.

Membuat Database Secara Manual

Cara kedua untuk membuat database di Excel adalah dengan membuat tabel secara manual menggunakan spreadsheet. Meskipun mungkin memakan waktu lebih lama, cara ini justru memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi kita dalam mengelola database.

  1. Buka file Excel baru dan buatlah beberapa kolom yang akan menjadi header tabel.
  2. Isilah tabel tersebut dengan data yang kita inginkan.
  3. Pilih seluruh kolom yang telah kita buat dan klik kanan pada mouse.
  4. Pilih “Format Cells” pada menu yang muncul.
  5. Pilih “Number” pada tab “Category” dan pilih salah satu format angka yang sesuai.
  6. Klik “OK” untuk menyimpan format yang telah dipilih.

Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah menambahkan data ke tabel kita dan melakukan perhitungan yang diinginkan. Namun, kita harus membuat tabel secara manual dan secara teratur memperbarui data yang ada di dalamnya.

Cara Membuat Aplikasi Excel untuk Database Online

Selain membuat database di Excel, kita juga dapat membuat aplikasi Excel untuk mengakses database online. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan Excel sebagai front-end untuk mengakses database yang telah tersedia di server atau cloud.

Persiapan Awal

Sebelum membuat aplikasi Excel untuk mengakses database online, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis database yang akan kita gunakan. Beberapa jenis database yang populer digunakan adalah MySQL, PostgreSQL, dan Microsoft SQL Server.

Setelah memilih jenis database, selanjutnya kita perlu menyiapkan environment untuk menyimpan database tersebut. Environment ini dapat berupa server atau cloud service seperti Amazon Web Services atau Microsoft Azure.

Membuat Aplikasi Excel

Setelah environment dan database telah disiapkan, selanjutnya kita dapat membuat aplikasi Excel untuk mengakses database tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat aplikasi Excel untuk database online:

  1. Siapkan file Excel baru dan buatlah beberapa kolom yang akan menjadi header tabel.
  2. Gunakan fitur “From Other Sources” untuk mengakses database online. Pilih “From SQL Server” atau “From MySQL Database” tergantung jenis database yang digunakan.
  3. Masukkan kredensial untuk masuk ke database.
  4. Pilih tabel yang akan digunakan dalam aplikasi dan klik “OK”.
  5. Data dari database sekarang dapat digunakan dalam aplikasi Excel.
Baca Juga :  CARA TRANSLATE FILE EXCEL

Dengan langkah-langkah ini, kita dapat membuat aplikasi Excel untuk mengakses database online dengan mudah. Aplikasi Excel ini dapat digunakan untuk memeriksa, menambah, atau menghapus data dalam database.

FAQ

1. Apa itu database di Excel?

Database di Excel adalah sekumpulan data yang disimpan dalam sebuah tabel. Tabel ini dapat digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah besar.

2. Apa kegunaan membuat database di Excel?

Database di Excel dapat digunakan untuk mengorganisir dan mengelola data dalam jumlah besar dengan mudah. Dengan adanya database, kita dapat dengan mudah menambahkan data baru, melakukan perhitungan, dan membuat laporan berdasarkan data yang ada.

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat database di Excel: