Cara Membuat Export Excel Di Laravel

**Membuat Export Excel dengan Laravel**

Export Excel adalah salah satu fitur yang sangat penting bagi seorang developer, terutama bagi mereka yang bekerja dengan data. Dengan fitur ini, data dapat diekspor ke dalam format Excel yang mudah dibaca dan diolah. Dalam artikel Pilar ini, kita akan membahas cara membuat export Excel menggunakan framework Laravel. Mari kita mulai!

## Persiapan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Laravel yang siap dijalankan. Jika belum, Anda bisa mengunduhnya secara gratis dari situs resmi Laravel. Selain itu, pastikan juga bahwa aplikasi Laravel Anda sudah terkoneksi dengan database. Jika belum, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka file .env pada aplikasi Laravel Anda
2. Ubah nilai DB_DATABASE, DB_USERNAME, dan DB_PASSWORD sesuai dengan konfigurasi database Anda
3. Jalankan perintah `php artisan migrate` untuk membuat tabel-tabel yang dibutuhkan dalam database.

## Instalasi Package

Untuk membuat export Excel dengan Laravel, kita akan menggunakan package Laravel Excel yang sudah tersedia di packagist. Anda dapat menginstal package ini dengan menjalankan perintah berikut pada terminal:

“`bash
composer require maatwebsite/excel
“`

Setelah package berhasil terinstal, aktifkan package dalam aplikasi Laravel Anda dengan menambahkan service provider dan facades pada file config/app.php:

“`php
‘providers’ => [
// …
MaatwebsiteExcelExcelServiceProvider::class,
],

‘aliases’ => [
// …
‘Excel’ => MaatwebsiteExcelFacadesExcel::class,
] “`

## Membuat Controller

Setelah melakukan instalasi package, kita akan membuat controller untuk mengelola fitur export Excel ini. Jalankan perintah berikut pada terminal untuk membuat controller baru:

“`
php artisan make:controller ExportExcelController
“`

Setelah controller berhasil dibuat, buka file app/Http/Controllers/ExportExcelController.php dan tambahkan method berikut:

“`php
use MaatwebsiteExcelFacadesExcel;
use AppExportsNamaExport;
use IlluminateHttpRequest;

public function exportExcel(Request $request)

$nama_file = ‘nama_file.xlsx’;
return Excel::download(new NamaExport($request->data), $nama_file);

“`

Pada method tersebut, kita menggunakan facade Excel untuk mengunduh file Excel. Fungsi `new NamaExport($request->data)` pada code tersebut, menginisiasi class NamaExport yang akan kita definisikan pada bagian selanjutnya sebagai objek yang akan dicetak ke dalam file Excel.

## Membuat Export

Setelah membuat Controller, langkah selanjutnya adalah membuat exportnya. Jalankan perintah berikut pada terminal untuk membuat class export baru:

“`
php artisan make:export NamaExport
“`

Setelah class berhasil dibuat, buka file yang baru saja dibuat di app/Exports/NamaExport.php dan tambahkan method berikut:

“`php
use MaatwebsiteExcelConcernsFromCollection;
use MaatwebsiteExcelConcernsWithHeadings;

public function __construct($data)

$this->data = $data;

public function collection()

return collect($this->data);

public function headings(): array

return [
‘Header 1’,
‘Header 2’,
‘Header 3’,
];

“`

Pada code tersebut, kita menggunakan trait FromCollection dan WithHeadings dari package Laravel Excel. Method constructor digunakan untuk mengambil data dari request yang dikirimkan oleh user. Method collection digunakan untuk mengambil data yang akan ditampilkan dalam file Excel. Sedangkan method headings digunakan untuk menentukan judul setiap kolom pada file Excel.

## Menambahkan Route

Setelah membuat Controller dan Exportnya, langkah selanjutnya adalah menambahkan route pada aplikasi Laravel Anda. Buka file web.php pada aplikasi Laravel Anda dan tambahkan route berikut:

“`php
Route::get(‘/export-excel’, ‘ExportExcelController@exportExcel’)->name(‘export-excel’);
“`

## Memulai Ekspor

Setelah semuanya siap, kita bisa menjalankan fitur export Excel yang sudah kita buat. Untuk melakukannya, pertama-tama kita perlu menambahkan tombol export Excel pada halaman yang ingin kita ekspor. Misalnya, kita ingin menambahkan tombol export Excel pada halaman /data seperti pada contoh berikut:

“`html
Export Data ke Excel
“`

Kita menggunakan tombol `a` dan menambahkan href ke route yang kita buat sebelumnya. Query string data digunakan untuk mengirimkan data yang ingin diekspor ke dalam file Excel.

Kemudian, kita perlu menambahkan validasi pada controller untuk memeriksa apakah user telah mengirimkan data yang ingin diekspor. Tambahkan kode berikut pada method `exportExcel` di controller:

“`php
$this->validate($request, [
‘data’ => ‘required’,
]);
“`

Dengan validasi tersebut, kita memastikan bahwa data yang akan diekspor sudah dikirimkan oleh user sebelum proses ekspor dimulai.

Baca Juga :  CARA EXPORT DATA DARI ACCESS KE EXCEL DENGAN VB 6

Setelah semua kode tersebut ditambahkan, kita sudah siap untuk mengekspor data ke dalam file Excel. Coba klik tombol export Excel yang baru saja kita tambahkan dan lihat hasilnya!

## Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat fitur export Excel dengan menggunakan framework Laravel. Fitur ini sangat penting untuk seorang developer karena memungkinkan mereka untuk memproses data dengan lebih efisien. Dengan menggunakan package Laravel Excel, proses pembuatan fitur export Excel menjadi lebih mudah dan cepat. Ketika kita memahami cara membuat fitur ini, kita bisa menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi web yang lebih canggih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

## FAQ

1. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat fitur export Excel dengan Laravel?

Untuk membuat fitur export Excel dengan Laravel, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

– Instal package Laravel Excel
– Buat controller untuk mengelola fitur export Excel
– Buat class export untuk mengatur data yang akan diekspor dan format file Excel
– Tambahkan route pada aplikasi Laravel Anda
– Tambahkan tombol export Excel pada halaman yang ingin diekspor

2. Apa manfaat dari fitur export Excel ini?

Dengan fitur export Excel, Anda dapat mengubah data yang tersimpan dalam aplikasi web Anda ke dalam format yang mudah dibaca dan diolah. Selain itu, fitur ini juga mempermudah proses pengolahan data bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan aplikasi web. Dalam hal ini, fitur export Excel menjadi sangat bermanfaat bagi siapa saja yang bekerja dengan data.

## Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang dapat membantu Anda dalam membuat fitur export Excel dengan Laravel:

[Embedded YouTube video]