Cara Membuat Excel Tanpa Switch

Microsoft Excel menjadi salah satu software yang sangat penting dalam pengolahan data di dunia kerja. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa membantu kita untuk melakukan perhitungan angka atau statistik, membuat grafik, table, formulir, hingga memungkinkan kita untuk bekerja dengan banyak sheet sekaligus. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas kamu di dalam penggunaan Excel.

Cara Otomatis Membuat Form Input di Excel Tanpa Macro VBA

Cara Membuat Excel Tanpa Switch

Jika kamu sering menggunakan Excel untuk membuat formulir, pasti tahu betapa merepotkannya membuat input data di Excel yang akan digunakan sebagai form. Namun, kamu dapat membuat form input dengan cepat dan mudah tanpa perlu memakai macro VBA. Berikut adalah caranya:

  • Buatlah data input di salah satu sheet Excel, misalnya sheet bernama “Data”. Inputkan nama inputan di kolom A, dan jenis inputannya di kolom B.
  • Buat sheet baru untuk membuat form input, misalnya sheet “Form Input”. Pilih sel A1, dan ketikkan fungsi =Data!A1:A5 untuk mengambil jenis inputan dari sheet “Data”.
  • Di bawah sel A1, klik pada sel yang akan digunakan sebagai inputan pertama, kemudian masukka data yang ingin diinput. Setelah itu, pada sel tersebut klik kanan, dan pilih Format Cell > Protection. Pada jendela Protection, centanglah opsi “Locked”, dan kemudian klik OK.
  • Buka kembali jendela Protection dengan cara klik kanan pada sel yang sudah kamu inputkan sebelumnya, dan pilih Format Cells > Protection. Pada jendela Protection, hilangkan centangan pada opsi “Locked”, dan kemudian klik OK.
  • Merubah sheet “Form Input” menjadi form input dengan cara klik Review > Protect Sheet. Berikan password jika diperlukan, dan pastikanlah opsi “Select locked cells” sudah kamu uncheck.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT SIMBOL AKAR PADA EXCEL

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka sheet “Form Input” akan otomatis berubah menjadi form input Excel yang dapat diisi oleh pengguna. Kamu cukup hanya tinggal menginputkan data tanpa harus khawatir kehilangan format atau formula yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Membuat Grafik Excel Tanpa Switch

grafik Excel

Menyediakan laporan yang dibuat dalam bentuk grafik menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan dalam sebuah presentasi. Namun, terkadang kamu kesulitan membuat grafik di Excel karena kebanyakan kemudahan dan opsi grafik yang kurang mendukung untuk hasil yang optimal. Berikut adalah cara membuat grafik di Excel tanpa menggunakan switch:

  • Buka Excel, dan masukkan data yang ingin kamu buat grafiknya.
  • Buat grafik dengan cara klik pada data, kemudian pilihlah Insert > Chart. Pilih grafik yang sesuai dengan data yang ingin kamu kelompokkan.
  • Pilihlah tab “Design” pada ribbon Excel. Pilihlah tata letak grafik yang kamu inginkan, dan hilangkan opsi “Switch Row/Column” yang disediakan di bagian paling kanan agar grafik tetap terlihat rapi dan sesuai.
  • Jika kamu ingin mengatur tampilan grafik lebih detail, kamu cukup menambahkan judul axis grafik dan label data di tab “Format” pada ribbon Excel.

Dengan cara yang satu ini, kamu dapat membuat grafik di Excel dengan cara yang lebih mudah tanpa harus bingung dengan fitur switch yang kerap membuat bingung bagi pengguna Excel.

Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel

menghilangkan garis di Excel

Salah satu hal yang cukup menjengkelkan dalam penggunaan Excel adalah terkadang ada garis yang muncul pada judul atau label pada bagian kolom atau baris. Berikut adalah cara mudah untuk menghilangkan garis di Microsoft Excel:

  • Pertama-tama, pilihlah sel-sel yang terkena garis tersebut.
  • Kemudian pergi ke Home > Font.
  • Setelah itu, hilangkan centangan pada box “Underline”, dan pilihlah opsi “None”.
Baca Juga :  Cara Membuat Cover Di Excel Di Halaman Otomatis Muncul

Dengan cara yang sangat mudah tersebut, kamu dapat menghapus garis yang muncul pada judul atau label pada bagian kolom atau baris di Excel dengan mudah dan tanpa perlu melakukan setup yang rumit.

Cara Membuat Rumus Terbilang Di Excel Terlengkap

rumus terbilang Excel

Nah, ini dia trik yang paling penting terutama bagi kamu yang berkecimpung di dunia keuangan. Bagaimana jika kamu ingin menukarkan sebuah angka di Excel menjadi terbilang? Berikut adalah caranya:

  • Buat sebuah kolom kosong di Excel.
  • Pilih sel yang ingin kamu tuliskan rumus terbilangnya.
  • Kemudian ketikkan formula =terbilang(B1) pada cell kosong yang tadi di buat.
  • Setelah itu, copy formula tersebut pada sel lain yang kamu ingin berikan rumus terbilang.
  • Jangan lupa, untuk mengatur tampilan angka pada cell, silahkan memilih Format Cell, lalu pilih kategori Currency, dan tentukan jumlah desimal yang akan ditampilkan pada bagian Decimal place.

Dengan trik sederhana tersebut, kamu sudah bisa membuat rumus terbilang di Excel secara mudah dan cepat dalam penggunaan software Excel kamu.

FAQ

1. Apa itu penggunaan Excel dalam sebuah bisnis?

Excel memiliki banyak penggunaan dalam sebuah bisnis, seperti mencatat pendapatan dan pengeluaran, memproses dan menganalisa data, membuat laporan, dan lain-lain. Excel sangat membantu bagi setiap perusahaan dalam perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengukuran performa.

2. Bagaimana cara mengelola data di Excel untuk meningkatkan produktivitas?

Productivitas dalam pengelolaan data di Excel dapat ditingkatkan dengan cara:

  • Melakukan pengelompokan data yang sama dalam sebuah kolom atau baris agar data lebih mudah dibaca.
  • Menggunakan fungsi VLOOKUP, SUM, AVERAGE dan lain-lain untuk mencari data secara otomatis dan meminimalisir kesalahan manusia.
  • Menyimpan data secara berkala agar tidak terhapus atau hilang.
  • Memfilter data untuk memudahkan pengelolaan dan identifikasi data.
Baca Juga :  CARA BUAT KWITANSI FORMAT MARCO EXCEL

Video Tutorial

Dengan menerapkan beberapa tips dan trik di Excel di atas, kamu bisa mendapatkan hasil pengolahan data yang lebih produktif dan efisien, meningkatkan kualitas pekerjaan kamu dan memberikan manfaat bagi bisnis atau projek yang sedang kamu kerjakan.