CARA MEMBUAT DOLAR DI EXCEL

Dalam dunia bisnis, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan salah satu informasi penting yang harus diketahui oleh para pemilik bisnis atau investor. Salah satu hal yang penting dalam pembuatan laporan keuangan adalah menggunakan mata uang yang tepat. Di Indonesia, mata uang yang digunakan adalah rupiah. Namun, jika kita berbisnis dengan negara lain, kita harus menggunakan mata uang lain yang berlaku di negara tersebut. Salah satu mata uang yang sering digunakan dalam bisnis internasional adalah dolar.

Bagi sebagian orang, penggunaan dolar dalam pembuatan laporan keuangan bisa jadi sedikit membingungkan. Namun, sebenarnya tidak terlalu sulit. Di dalam artikel ini, saya akan membahas tentang cara membuat simbol dolar di excel dan word, cara membuat rumus dollar di excel, serta bagaimana cara menambahkan mata uang dolar di excel. Selain itu, saya juga akan memberikan FAQ terkait penggunaan dolar dalam laporan keuangan. So, keep reading!

Cara Membuat Simbol Dolar Di Excel

Sebelum memulai cara pembuatan simbol dolar di excel, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Pertama, dalam excel, simbol dolar dapat digunakan sebagai format mata uang. Kedua, simbol dolar dapat dibuat dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan shortcut keyboard atau dengan menggunakan simbol dolar yang sudah tersedia di excel.

Cara Pembuatan Simbol Dolar Dengan Shortcut Keyboard

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk membuat simbol dolar di excel. Berikut adalah caranya:

  1. Pada sel excel yang ingin ditambahkan simbol dolar, klik kanan pada mouse.
  2. Pilih opsi Format Cells.
  3. Pada opsi Category, pilih Currency.
  4. Pada opsi Symbol, pilih salah satu simbol dolar yang tersedia atau pilih Other Currency di bawah opsi Symbol untuk menambahkan simbol dolar lainnya.
  5. Klik OK.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, simbol dolar akan muncul di sel excel yang kita pilih. Namun, cara ini agak lama dan kurang efisien jika dibandingkan dengan cara yang kedua, yaitu dengan menggunakan simbol dolar yang sudah tersedia di excel.

Cara Pembuatan Simbol Dolar Dengan Simbol Dolar Yang Sudah Tersedia Di Excel

Cara ini lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan cara sebelumnya. Berikut adalah caranya:

  1. Pada sel excel yang ingin ditambahkan simbol dolar, masukkan angka yang ingin ditambahkan simbol dolar.
  2. Klik kanan sel excel yang sudah diisi angka tersebut.
  3. Pilih opsi Format Cells.
  4. Pada opsi Category, pilih Currency.
  5. Pilih salah satu jenis mata uang yang tersedia, misalnya United States Dollar.
  6. Klik OK.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, simbol dolar akan muncul di sel excel yang kita pilih. Cara ini lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan cara sebelumnya karena kita tidak perlu mencari simbol dolar yang ingin digunakan di internet atau membuat shortcut keyboard terlebih dahulu.

Cara Membuat Rumus Dollar Di Excel

Dalam pembuatan laporan keuangan, seringkali kita membutuhkan rumus untuk melakukan perhitungan. Salah satu rumus yang sering digunakan dalam bisnis internasional adalah rumus dollar. Rumus dollar dapat digunakan untuk menghitung hasil konversi mata uang dalam kegiatan bisnis internasional. Langkah-langkah pembuatan rumus dollar di excel sebagai berikut:

  1. Buatlah tabel yang berisi data yang dibutuhkan, misalnya total pembelian dalam mata uang lain.
  2. Pada sel yang ingin digunakan untuk menampilkan hasil konversi, tuliskan formula =konversi(angka yang ingin dikonversi, mata uang asal, mata uang tujuan).
  3. Contoh =konversi(A2,”IDR”,”USD”).
  4. Klik ENTER pada keyboard.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT SISTEM KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN EXCEL

Dalam langkah ketiga, A2 adalah sel yang berisi angka yang ingin dikonversi, IDR adalah mata uang asal, dan USD adalah mata uang tujuan. Kita dapat mengganti mata uang asal dan tujuan sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Menambahkan Mata Uang Dolar Di Excel

Selain membuat simbol dolar dan rumus dollar di excel, kita juga dapat menambahkan mata uang dolar di excel. Langkah-langkah pembuatan mata uang dolar di excel sebagai berikut:

  1. Buatlah tabel yang berisi data yang dibutuhkan.
  2. Pada sel yang akan digunakan untuk menampilkan mata uang dolar, ketikkan tanda sama dengan (=).
  3. Pilih sel yang berisi angka yang ingin ditampilkan dalam mata uang dolar.
  4. Ketikkan tanda asterisk (*) yang artinya perkalian.
  5. Ketikkan nilai tukar mata uang, misalnya nilai tukar mata uang dolar adalah 14.000 rupiah, maka ketikkan angka 14000.
  6. Klik ENTER pada keyboard.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, nilai yang tampil pada sel excel akan terkonversi ke dalam mata uang dolar.

FAQ

1. Apakah harus menggunakan simbol dolar dalam laporan keuangan jika bisnis kita berbasis di Indonesia?

Tidak, kita tidak harus menggunakan simbol dolar dalam laporan keuangan jika bisnis kita berbasis di Indonesia. Kita dapat menggunakan simbol mata uang yang berlaku di Indonesia, yaitu rupiah. Namun, jika kita melakukan transaksi bisnis dengan negara lain, kita harus menggunakan mata uang yang berlaku di negara tersebut, seperti dolar.

2. Bagaimana cara mengetahui nilai tukar mata uang dolar hari ini?

Saat ini, banyak situs yang menyediakan informasi tentang nilai tukar mata uang dolar. Beberapa situs tersebut antara lain www.bca.co.id, www.bni.co.id, dan www.bi.go.id. Kita bisa mengunjungi salah satu situs tersebut untuk mengetahui nilai tukar mata uang dolar yang terbaru.