CARA MEMBUAT DIAGRAM KOLOM DI EXCEL

Microsoft Excel sudah menjadi program yang cukup dikenal oleh banyak orang. Excel merupakan sebuah program aplikasi dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah data angka. Excel banyak digunakan oleh mahasiswa, perusahaan, dan perseorangan yang membutuhkan pengelolaan data yang rapi dan efisien. Selain itu, Excel juga dapat digunakan untuk membuat chart atau grafik yang menarik untuk disajikan dalam presentasi atau laporan.

Cara Membuat Grafik di Excel

Menyajikan data dalam bentuk grafik atau chart akan membuat presentasi atau laporan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat grafik di Excel:

  1. Buka program Excel dan pilih data yang akan dijadikan grafik.
  2. Setelah memilih data, klik pada Insert pada menu bar dan pilih jenis grafik yang diinginkan.
  3. Setelah memilih jenis grafik, klik pada tombol OK.
  4. Grafik akan muncul pada worksheet Excel.

Cara Membuat Diagram Lingkaran di Excel

Diagram lingkaran atau pie chart adalah jenis grafik yang sering digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat diagram lingkaran di Excel:

  1. Pilih data yang akan dijadikan diagram lingkaran.
  2. Klik pada Insert pada menu bar dan pilih jenis grafik yang diinginkan.
  3. Pilih diagram lingkaran pada menu.
  4. Tentukan besar diagram lingkaran yang diinginkan dengan mengubah ukuran diagram dan menentukan area tampilan data.
  5. Tambahkan label pada diagram dengan memilih opsi “Data Labels”.
  6. Tambahkan kode warna pada diagram dengan memilih opsi “Chart Styles”.
  7. Grafik diagram lingkaran siap disimpan atau disajikan dalam presentasi atau laporan.

FAQ

1. Apakah Excel dapat digunakan untuk mengolah data non-angka?

Excel biasanya digunakan untuk mengolah data angka, tetapi juga dapat digunakan untuk mengolah data yang berupa teks. Anda dapat menggunakan fitur “Format sebagai Tabel” pada Excel untuk memformat data yang berupa teks agar lebih mudah dilihat dan dikelola.

2. Bagaimana cara membuat grafik yang menarik di Excel?

Untuk membuat grafik yang menarik di Excel, Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis grafik yang disediakan oleh Excel. Selain itu, Anda juga dapat mengubah warna dan tampilan grafik serta menambah label pada grafik untuk membuatnya lebih menarik. Menyeleksi warna yang sesuai dengan tema yang ingin dihadirkan juga dapat mempercantik tampilan grafik.

Video Tutorial

Dengan mengetahui cara membuat grafik dan diagram di Excel, Anda dapat membuat presentasi atau laporan yang lebih menarik dan mudah dipahami. Selain itu, Excel juga memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu dalam pengolahan data dan analisis data sehingga dapat membuat pengelolaan data menjadi lebih efisien.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Data Analysis Di Excel Wps