Cara Membuat Diagram Grafik Lengkap Di Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu program spreadsheet yang paling populer di dunia. Selain digunakan sebagai alat untuk mengelola data dan menghitung angka, Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik, chart, dan diagram. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat grafik, chart, dan diagram di Microsoft Excel 2013.

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel 2013

Berikut adalah cara membuat grafik di Microsoft Excel 2013:

  1. Pertama, buka program Microsoft Excel 2013. Kemudian, masukkan data yang ingin dijadikan grafik di sel-sel yang berdekatan di worksheet.
  2. Setelah itu, pilih data yang ingin dijadikan grafik dengan menahan klik mouse dan menyeret kursor ke sel-sel yang ingin diseleksi. Selanjutnya, klik tombol ‘Insert’ di atas ribbon.
  3. Kemudian, pilih jenis grafik yang ingin dibuat dengan mengklik ikon ‘Charts’ di grup ‘Charts’. Ada beberapa jenis grafik yang dapat dipilih, antara lain bar chart, column chart, line chart, pie chart, dan masih banyak lagi. Untuk contoh, kita akan menggunakan bar chart.
  4. Setelah memilih jenis grafik, akan muncul grafik kosong di worksheet. Pilih grafik tersebut dengan menahan klik mouse. Setelah itu, klik tombol ‘Design’ yang terletak di atas ribbon untuk mengubah tampilan grafik.
  5. Di tab ‘Design’, terdapat beberapa opsi yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan grafik, seperti mengubah warna, font, label, dan lain sebagainya. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  6. Setelah menambahkan opsi, grafik sudah siap digunakan. Pelajari cara memodifikasi grafik sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Membuat Chart di Microsoft Excel 2013

Berikut adalah cara membuat chart di Microsoft Excel 2013:

  1. Buka program Microsoft Excel 2013. Kemudian, masukkan data yang ingin dijadikan chart di sel-sel yang berdekatan di worksheet.
  2. Setelah itu, pilih data yang ingin dijadikan chart dengan menahan klik mouse dan menyeret kursor ke sel-sel yang ingin diseleksi. Selanjutnya, klik tombol ‘Insert’ di atas ribbon.
  3. Kemudian, pilih jenis chart yang ingin dibuat dengan mengklik ikon ‘Charts’ di grup ‘Charts’. Ada beberapa jenis chart yang dapat dipilih, antara lain line chart, scatter chart, area chart, dan masih banyak lagi. Untuk contoh, kita akan menggunakan line chart.
  4. Setelah memilih jenis chart, akan muncul chart kosong di worksheet. Pilih chart tersebut dengan menahan klik mouse. Setelah itu, klik tombol ‘Design’ yang terletak di atas ribbon untuk mengubah tampilan chart.
  5. Di tab ‘Design’, terdapat beberapa opsi yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan chart, seperti mengubah warna, font, label, dan lain sebagainya. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  6. Setelah menambahkan opsi, chart sudah siap digunakan. Pelajari cara memodifikasi chart sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara Membuat Diagram di Microsoft Excel 2013

Berikut adalah cara membuat diagram di Microsoft Excel 2013:

  1. Buka program Microsoft Excel 2013. Kemudian, masukkan data yang ingin dijadikan diagram di sel-sel yang berdekatan di worksheet.
  2. Setelah itu, pilih data yang ingin dijadikan diagram dengan menahan klik mouse dan menyeret kursor ke sel-sel yang ingin diseleksi. Selanjutnya, klik tombol ‘Insert’ di atas ribbon.
  3. Kemudian, pilih jenis diagram yang ingin dibuat dengan mengklik ikon ‘Charts’ di grup ‘Charts’. Ada beberapa jenis diagram yang dapat dipilih, antara lain pie chart, doughnut chart, treemap chart, dan masih banyak lagi. Untuk contoh, kita akan menggunakan pie chart.
  4. Setelah memilih jenis diagram, akan muncul diagram kosong di worksheet. Pilih diagram tersebut dengan menahan klik mouse. Setelah itu, klik tombol ‘Design’ yang terletak di atas ribbon untuk mengubah tampilan diagram.
  5. Di tab ‘Design’, terdapat beberapa opsi yang dapat digunakan untuk mengubah tampilan diagram, seperti mengubah warna, font, label, dan lain sebagainya. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  6. Setelah menambahkan opsi, diagram sudah siap digunakan. Pelajari cara memodifikasi diagram sesuai dengan kebutuhan anda.
Baca Juga :  Cara Mencari Ikno Data Form Di Excel

FAQ

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Excel digunakan untuk mengelola data dan menghitung angka, serta dapat digunakan untuk membuat grafik, chart, dan diagram untuk menggambarkan data secara visual.

2. Apa saja jenis grafik yang dapat dibuat di Microsoft Excel?

Microsoft Excel memiliki berbagai jenis grafik yang dapat dibuat, di antaranya adalah bar chart, column chart, line chart, pie chart, scatter chart, dan area chart. Pilihlah jenis grafik yang sesuai dengan data yang ingin digambarkan dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara membuat grafik, chart, dan diagram di Microsoft Excel 2013:

Gambar

Gambar 1. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Excel

Cara Membuat Diagram Grafik Lengkap Di Excel

Gambar 2. 4 Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Menggunakan Variasi Data

4 Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Menggunakan Variasi Data

Gambar 3. Cara Edit Gambar di Excel

Cara Edit Gambar di Excel

Gambar 4. Cara Membuat Grafik di MS Excel

Cara Membuat Grafik di MS Excel