CARA MEMBUAT DASHBOARD EXCEL 2007

Cara Membuat Dashboard Excel Kasus COVID-19 di Indonesia

Dashboard COVID-19

CARA MEMBUAT DASHBOARD EXCEL 2007

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Pemerintah juga terus berupaya untuk mengendalikan penularan virus ini. Sebagai seorang data analyst, Anda bisa membuat dashboard COVID-19 untuk melihat hasil tracking kasus COVID-19 di Indonesia. Dashboard dapat mempermudah Anda dalam melihat data aktual dari harian, mingguan, hingga bulanan pada kasus COVID-19 di Indonesia.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat dashboard COVID-19 di Excel:

Step 1. Import Data Kasus COVID-19 di Indonesia

Satu-satunya cara untuk membuat dashboard COVID-19 terupdate yaitu dengan mengimport data kasus COVID-19 di Indonesia secara online. Anda bisa memanfaatkan website COVID-19 Indonesia sebagai sumber data COVID-19. Setelah mengakses website, Anda bisa memilih menu Data API. Ada 10 API endpoint yang tersedia di website tersebut, namun API yang digunakan untuk dashboard ini yaitu API 2. Dasbor ini hanya memanfaatkan API 2, yaitu Data Kasus Terkonfirmasi COVID-19 di Indonesia per Provinsi.

Step 1

Nah, selanjutnya yaitu membuat link JSON untuk mengimport data kasus COVID-19 di Indonesia. Anda bisa menggunakan fitur Power Query di Excel untuk mengimport file JSON tersebut. Berikut ini cara membuat link JSON:

  1. Pilih Data > From Web.
  2. Masukkan alamat JSON sebagai sumber data. Adapun alamat JSON API 2 yaitu: https://data.covid19.go.id/public/api/prov.json
  3. Pilih OK.

Step 2

Step 2. Pivot Data Kasus COVID-19 di Indonesia

Setelah berhasil import data kasus COVID-19 di Indonesia, selanjutnya kita akan mem-format data agar lebih mudah dipahami. Caranya, kita akan menggunakan Pivot Table.

  1. Pilih data di Excel.
  2. Pilih Insert > Pivot Table.
  3. Klik OK.
  4. Drag Kolom Provinsi ke valuenya.
  5. Drag Kolom Jumlah Kasus Terkonfirmasi ke Rows.
  6. Klik “Jumlah Kasus Terkonfirmasi” dan pilih “value field settings”.
  7. Set Value field settings menggunakan jumlah kasus terbaru.
  8. Pilih Number Format dan set angka pada kolom “0”.
  9. Klik Ok.

Step 3

Berikutnya, kita akan melakukan formatting pada PivotTable kita. Anda bisa menggunakan warna untuk highlight jumlah kasus terkonfirmasi tiap provinsi. Anda juga bisa menambahkan bar chart untuk memperlihatkan perbandingan jumlah kasus di setiap provinsi pada dashboard Anda.

Step 3. Membuat Dashboard COVID-19

Setelah berhasil membuat link JSON dan pivot data, kita bisa melanjutkan untuk membuat dashboard COVID-19 kita. Berikut ini beberapa tips untuk membuat dashboard COVID-19:

  • Buat dashboard Anda sesederhana mungkin.
  • Tetapkan dashboard Anda dengan selaras warna, style dan grid agar menjadi kerangka kerja yang terkonsentrasi.
  • Gunakan chart atau graph untuk memudahkan melihat trend data yang sedang dianalisis.
  • Gunakan warna-warna pastel (tidak gelap) agar terlihat kontras dan mudah terlihat.
  • Menambahkan data symbol ada baiknya agar dashboard lebih mudah dimengerti.
  • Jangan terlalu banyak informasi di dashboard, karena hal ini dapat membuat pembaca bosan dan tidak fokus

Step 4

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan dashboard Excel?

Dashboard Excel adalah beberapa data atau tabel yang diambil dari data set beberapa sumber, yang digabungkan dan disajikan untuk menunjukkan informasi utama. Dashboard Excel dapat digunakan untuk memvisualisasikan data dalam waktu nyata dan dapat memaparkan informasi dalam grafik dan tabel yang berbeda. Dashboard Excel adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memperlihatkan data secara komprehensif dan jelas dalam sebuah laporan atau presentasi.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT WARNA PADA TABEL EXCEL

2. Bagaimana cara membuat dashboard Excel?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat dashboard Excel:

  1. Siapkan data sumber
  2. Buat PivotTable
  3. Buat PivotChart
  4. Buat alat navigasi
  5. Buat Ruang Kerja
  6. Format halaman
  7. Bagikan dashboard Anda

Untuk membuat dashboard COVID-19 kita seperti di atas, kita perlu memformat grafik untuk chart, menyesuaikan dengan warna yang pas, menambahkan data symbol untuk lebih mempermudah pemahaman, dan menggunakan informasi terbaru untuk menambahkan rincian dan akurasi dashboard kita. Perlu diingat bahwa dashboard Excel harus dirancang dengan sangat hati-hati dan sesuai dengan tujuan Anda dan kebutuhan penggunanya.

Video Tutorial: Cara Membuat Dashboard Excel – EtalaseMedia.com