Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Excel

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian penting dari sebuah karya tulis ilmiah, seperti skripsi, tesis atau disertasi. Daftar pustaka berisi keterangan mengenai sumber-sumber yang digunakan untuk mendukung penulis dalam menyusun karya tulis tersebut. Dalam konteks pembuatan daftar pustaka di Microsoft Word dan Excel, berikut adalah cara mudahnya:

Cara Mudah Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Excel

Microsoft Word menyediakan fitur untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan dokumen yang telah ditulis dan selesai direvisi. Kemudian, klik tempat yang akan ditambahkan daftar pustaka.
  2. Pilih tab Referensi, lalu klik Insert Citation.
  3. Isi data-data sumber referensi, seperti Author (pengarang buku), Year (tahun terbit), Title (judul buku) dan lain-lain sesuai format yang ada.
  4. Klik OK untuk menyimpan sumber referensi yang baru saja dimasukkan. Lakukan hal yang sama untuk setiap sumber referensi yang ada.
  5. Setelah semua sumber referensi telah dimasukkan, klik tempat yang akan ditambahkan daftar pustaka. Klik Bibliography, pilih jenis tampilan (misalnya APA) dan klik Insert Bibliography.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, daftar pustaka akan terbentuk secara otomatis sesuai dengan jenis tampilan yang dipilih.

Cara Membuat Daftar Pilihan Bertingkat di Excel

Daftar Pilihan Bertingkat di Excel

Cara membuat daftar pilihan bertingkat di Excel merupakan hal yang cukup mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buat tabel kosong dengan kolom-kolom yang sesuai dengan daftar pilihan bertingkat yang akan dibuat. Misalnya, ada daftar pilihan bertingkat untuk wilayah, provinsi, dan kota.
  2. Isi wilayah-wilayah yang ada di kolom pertama. Misalnya, Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan sebagainya.
  3. Pada kolom kedua, tuliskan rumus untuk memeriksa apakah sel tersebut terisi dengan wilayah. Contoh rumusnya: =IF(A2=”Jawa”,”TRUE”,””). Kemudian, seret sel yang sudah diisi rumus tersebut ke bawah hingga habis.
  4. Isi provinsi-provinsi yang ada di kolom ketiga. Kemudian, pada kolom keempat, tuliskan rumus lagi untuk memeriksa apakah sel tersebut terisi dengan provinsi. Contoh rumusnya: =IF(B2=”TRUE”,”Jakarta|Bogor|Depok|Tangerang|Bekasi”,””).
  5. Terakhir, isi kota-kota di kolom kelima. Pada kolom keenam, tuliskan rumus kembali untuk memeriksa apakah sel tersebut terisi dengan kota. Contoh rumusnya: =IF(C2=”TRUE”,IF(B2=”Jakarta|Bogor|Depok|Tangerang|Bekasi”,”Timur|Barat|Selatan|Utara”,””),””).
Baca Juga :  CARA MEMBUKA PROTEKSI FILE APLIKASI EXCEL

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, daftar pilihan bertingkat di Excel akan terbentuk dengan baik.

Cara Membuat Daftar Pustaka Internet

Daftar Pustaka Internet

Daftar pustaka internet seringkali mendapat tantangan karena sumbernya sangat beragam dan tidak terstruktur. Berikut adalah cara membuat daftar pustaka internet:

  1. Pilihlah sumber-sumber yang valid dan terpercaya, seperti jurnal, buku elektronik, atau website yang terpercaya.
  2. Pastikan sumber tersebut sesuai dengan jenis referensi yang sedang dibuat,misalnya apakah referensi tersebut merupakan buku, artikel jurnal, atau website.
  3. Gunakan format penulisan referensi yang konsisten. Beberapa format yang sering digunakan adalah APA, MLA, dan Turabian. Contoh format APA: nama pengarang, tahun terbit. Judul artikel. Nama jurnal, volume, halaman.
  4. Jangan lupa mencantumkan tanggal akses ketika menggunakan sumber internet

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, daftar pustaka internet akan terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Skripsi Contoh Daftar Pustaka Dan

Daftar Pustaka Dari Skripsi

Penulisan daftar pustaka dari skripsi merupakan hal yang penting untuk memperkuat bukti referensi dari tulisan kita. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari skripsi:

  1. Hartanto, B. (2019). Media Pembelajaran Bersifat Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Informatif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, 8(2), hal. 63-75.
  2. Nuryadi, E., dan Nurfiana, S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), hal. 123-135.
  3. Buku Referensi: Cutler, S.J., Bigham, D.S., Dawson, C.S. (2017). Informatika Modern. Erlangga Publisher.
  4. Korespondensi langsung dengan narasumber

Penulisan daftar pustaka dari skripsi harus mencantumkan sumber dari jurnal, buku, atau pun korespondensi dengan narasumber, serta mematuhi aturan penulisan yang berkaitan dengan jenis sumber referensi yang digunakan.

FAQ

Apa itu daftar pustaka?

Daftar pustaka merupakan bagian penting dari sebuah karya tulis ilmiah yang berisi keterangan mengenai sumber-sumber yang digunakan untuk mendukung penulis dalam menyusun karya tulis tersebut.

Baca Juga :  CARA AGAR FILE DI EXCEL TIDAK TERPOTONG SAAT CONVERT PDF

Apa yang harus dicantumkan dalam daftar pustaka?

Dalam daftar pustaka harus mencantumkan sumber referensi yang digunakan untuk mendukung penulis dalam menyusun karya tulis, seperti nama pengarang, tahun terbit, judul buku, nama jurnal, dan sebagainya.

Video Tutorial

Video di atas merupakan tutorial cara membuat daftar pustaka otomatis di Microsoft Word. Tutorial ini dapat membantu para pembaca yang merasa kesulitan dalam membuat daftar pustaka secara manual.