Cara Membuat Daftar Pada Excel

Cara membuat daftar otomatis pada excel bisa sangat membantu dalam mengolah data. Dengan sistem yang otomatis, kamu tidak perlu repot menambahkan data secara manual. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara membuat daftar otomatis pada excel.

Cara Membuat Otomatis Daftar Pada Excel

Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah menyiapkan data yang akan diolah di excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file excel yang akan diolah
  2. Pilih cell awal pada kolom yang akan kamu gunakan untuk mengisi daftar
  3. Tekan tombol Ctrl + Shift + End untuk memilih seluruh data yang akan diolah
  4. Setelah semua data terpilih, klik tab “Data” pada ribbon menu excel
  5. Pilih “Data Validation” pada grup “Data Tools”
  6. Pilih “List” pada bagian “Allow”
  7. Ketikkan atau pilih range data yang akan dijadikan daftar ke dalam kolom “Source”
  8. Klik “OK”

Dengan demikian, kamu sudah berhasil membuat daftar otomatis pada excel. Setiap kali kamu menambahkan data baru, data tersebut akan masuk otomatis ke dalam daftar.

Cara Membuat Daftar Pilihan di Excel

Selain membuat daftar otomatis, kamu juga bisa membuat daftar pilihan di excel. Dengan daftar pilihan, kamu bisa memilih data yang ingin dimasukkan ke dalam suatu cell secara lebih mudah.

Berikut adalah cara membuat daftar pilihan di excel:

  1. Buka file excel yang akan diolah
  2. Pilih cell tempat kamu ingin menampilkan daftar pilihan
  3. Klik tab “Data” pada ribbon menu excel
  4. Pilih “Data Validation” pada grup “Data Tools”
  5. Pilih “List” pada bagian “Allow”
  6. Isi bagian “Source” dengan range data yang ingin kamu jadikan daftar pilihan
  7. pilih “OK”
Baca Juga :  CARA IMPORT DATA EXCEL KE MYSQL DENGAN PHPMYADMIN

Dengan begitu, saat kamu menekan cell yang sudah terdapat daftar pilihan, maka akan muncul daftar pilihan dari data yang sudah kamu masukkan sebelumnya.

Cara Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Selain membuat daftar otomatis dan daftar pilihan, kamu juga bisa membuat tabel di excel dengan berwarna otomatis. Hal ini bisa menjadi lebih menarik untuk dilihat dan mempermudah untuk membedakan data.

Berikut adalah cara membuat tabel di excel berwarna otomatis:

  1. Buka file excel yang akan diolah
  2. Select data yang akan dibuat dalam tabel
  3. Klik tab “Format as Table” pada ribbon menu excel
  4. Pilih jenis tabel yang ingin kamu gunakan
  5. Pilih warna yang kamu inginkan pada grup “Table Style Options”
  6. Kamu juga bisa mengatur “Header Row” dan “Total Row”
  7. Setelah selesai, klik “OK”

Dengan cara ini, kamu bisa membuat sebuah tabel di excel dengan warna yang bisa kamu atur sendiri.

Cara Menghilangkan Garis di Microsoft Excel

Ketika kamu membuat suatu tabel atau daftar pada excel, biasanya akan ada garis yang memisahkan antara cell yang satu dengan cell yang lain. Tampilan garis ini mungkin saja tidak kamu inginkan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan garis di microsoft excel.

Berikut adalah caranya:

  1. Buka file excel yang akan diolah
  2. Pilih cell atau range data yang ingin kamu ubah
  3. Klik kanan pada mouse
  4. Pilih “Format Cells”
  5. Pilih tab “Border” pada menu “Format Cells”
  6. Pilih jenis garis yang ingin kamu hapus pada bagian “Style”
  7. Klik “OK”

Sekarang kamu sudah berhasil menghilangkan garis pada cell atau range data pada excel.

FAQ

Apa itu excel?

Excel adalah program pengolah angka yang biasa digunakan untuk mengolah data pada komputer atau laptop.

Baca Juga :  CARA ATTACH FILE PDF KE EXCEL

Bagaimana cara menghitung rata-rata pada excel?

Berikut adalah caranya:

  1. Pilih cell tempat hasil rata-rata akan muncul
  2. Tulis formula =AVERAGE(range data)
  3. Range data adalah range data yang akan dihitung rata-ratanya
  4. Klik “Enter”

Review Video: Cara Membuat Pilihan Di Excel

Berikut ini adalah video tutorial cara membuat pilihan di excel: