Cara Membuat Daftar Nilai Di Microsoft Excel 2007 Untuk Skhun

Selamat datang di artikel Pilar kali ini! Kita akan membahas cara membuat daftar nilai mahasiswa menggunakan Microsoft Excel. Daftar nilai merupakan bagian penting dari proses pembelajaran untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan. Dalam artikel ini, kita akan melihat langkah-langkah membuat daftar nilai yang efektif dan mudah dipahami oleh mahasiswa.

Memulai

Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda memiliki Microsoft Excel yang terbaru. Jika tidak, Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Microsoft. Setelah meng-install program ini di komputer Anda, buka Microsoft Excel dan Anda siap untuk memulai.

Persiapan Data

Langkah pertama untuk membuat daftar nilai adalah mempersiapkan data. Untuk itu, Anda perlu memasukkan semua data nilai mahasiswa ke dalam Excel. Data tersebut biasanya mencakup nama mahasiswa, nomor mahasiswa, dan nilai yang dicapai.

Langkah selanjutnya adalah membuat kolom baru untuk menghitung total nilai, rata-rata, dan presentase nilai mahasiswa. Caranya dengan menggunakan rumus-rumus matematika dasar seperti SUM, AVERAGE, dan PERCENTAGE. Dalam contoh ini, kita akan menunjukkan cara menghitung total nilai menggunakan rumus SUM.

Menggunakan Rumus SUM untuk Menghitung Total Nilai

Langkah 1

Buka Microsoft Excel dan klik pada cell kosong di mana Anda ingin menampilkan hasil dari rumus SUM. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan cell F2 sebagai tempat untuk menampilkan hasilnya.

Langkah 2

Tulis rumus berikut: =SUM(B2:E2).

Ketika Anda mengetik kata “SUM”, maka akan muncul popup otomatis yang akan membantu menulis rumus dengan benar. Jangan khawatir jika Anda tidak tahu rumus ini secara pasti, karena rumus-rumus tersebut dapat ditemukan dengan mudah di internet.

Langkah 3

Tekan “Enter” untuk melihat hasil dari rumus SUM. Dalam contoh ini, nilai yang dihasilkan adalah 360.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara menggunakan rumus AVERAGE dan PERCENTAGE untuk menghitung rata-rata nilai dan persentase dari nilai mahasiswa.

Menggunakan Rumus AVERAGE untuk Menghitung Rata-rata Nilai

Langkah 1

Untuk menghitung rata-rata nilai, Anda perlu mengatur cell kosong yang akan menampung hasil rata-rata. Dalam contoh ini, kita menggunakan cell F3.

Langkah 2

Tulis rumus berikut: =AVERAGE(B2:E2).

Langkah 3

Tekan “Enter” untuk melihat hasil dari rumus AVERAGE. Dalam contoh ini, nilai yang dihasilkan adalah 90.

Menggunakan Rumus PERCENTAGE untuk Menghitung Persentase Nilai

Langkah 1

Langkah pertama untuk menghitung persentase nilai mahasiswa adalah dengan menentukan nilai maksimum dan minimum dalam kisaran nilai.

Langkah 2

Jangan menyalin dan paste rumus yang sama di sel yang berbeda. Jika di satu sel telah digunakan rumus, maka rumus tersebut harus ditulis ulang di sel lainnya.

Dalam contoh ini, nilai maksimal dicapai oleh mahasiswa dengan nilai 100 dan nilai minimal dicapai oleh mahasiswa dengan nilai 70. Untuk menghitung persentase dari nilai mahasiswa, gunakan rumus PERCENTAGE yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel.

Langkah 3

Tulis rumus berikut: =((F2-MIN(B2:E2))/(MAX(B2:E2)-MIN(B2:E2)))*100.

Penjelasan: rumus ini menghitung nilai persentase dengan cara membagi selisih antara nilai terendah dan nilai yang diinginkan dan dikalikan dengan 100. Hasil dari rumus ini akan bernilai antara 0-100%. Dalam contoh ini, hasil yang dihasilkan adalah persentase 80% (dari nilai 70-100).

Menampilkan Data pada Tabel

Setelah data pada lembar Excel disiapkan, selanjutnya adalah membuat daftar nilai yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Ada tiga cara untuk menampilkan data pada sebuah tabel Excel.

Cara 1

Yang pertama adalah dengan menyalin seluruh data yang terdapat pada lembar Excel dan menempelkannya pada Word atau aplikasi sejenis. Setelah itu, Anda bisa membuat tabel dengan cara menggalang table melalui setting pada aplikasi tersebut. Nah, data yang telah dipilih akan otomatis direpresentasikan ke dalam bentuk tabel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT SISTEM PENERIMAAN PIUTANG DI EXCEL

Cara 2

Cara kedua adalah dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel untuk membuat tabel yang tabel yang sudah ingin dibuat. Caranya, klik pada menu “Insert” kemudian “Table”. Setelah itu, pilih baris dan kolom yang diinginkan dan jangan lupa untuk memasukkan data yang sudah dibuat. Sekarang, tabel nilai siap ditampilkan.

Cara 3

Cara ketiga adalah dengan menggunakan template Excel yang sudah banyak tersedia di internet. Anda cukup mendownload dan memilih template Excel yang dibutuhkan dan lakukan penyesuaian data sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menghitung nilai persentase dengan cepat?

Jawaban: Untuk menghitung persentase dengan cepat, gunakan rumus PERCENTAGE yang sudah dibahas sebelumnya. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu dan tidak perlu menghitung nilai persentase secara manual.

Pertanyaan 2: Apa yang harus dilakukan jika ada input nilai yang salah?

Jawaban: Jika ada input nilai yang salah, Anda dapat memperbaikinya dengan mengedit data pada lembar Excel. Pastikan bahwa rumus-rumus matematika yang Anda gunakan masih berfungsi dengan benar setelah mengedit data. Jika terdapat banyak data yang salah, Anda dapat memperbaikinya secara kolektif menggunakan fitur “Find and Replace”.

Demikianlah cara membuat daftar nilai mahasiswa menggunakan Microsoft Excel. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan daftar nilai yang efektif untuk mahasiswa Anda. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel Pilar berikutnya!