Cara Membuat Custom Filter Di Excel

Saat ini, mengolah data sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Salah satu software pengolah data yang sering digunakan adalah Microsoft Excel. Dalam Excel, terdapat fitur filtering data yang sangat berguna untuk memudahkan kita dalam mengakses data yang dibutuhkan. Berikut adalah tutorial cara filtering data pada Microsoft Excel.

Cara Membuat Custom Filter Di ExcelTutorial – MS. EXCEL – CARA- FILTERING- DATA – YouTube

Langkah pertama dalam filtering data pada Excel adalah dengan mengklik tombol “Filter”. Tombol ini berada pada bagian atas data yang ingin di filter

Ramadhan Wahyudin: Membuat filter data menggunakan Data Validation

Setelah tombol “Filter” diklik, maka akan muncul tanda panah kecil pada setiap kolom yang ada pada data sheet. Tanda panah tersebut menunjukkan bahwa kolom tersebut dapat difilter. Klik tanda panah kecil pada kolom yang ingin difilter.

Menggunakan Fungsi FILTER pada Microsoft Excel ~ IDEOLICIOUSMenggunakan Fungsi FILTER pada Microsoft Excel ~ IDEOLICIOUS

Jika ingin menampilkan data yang sama dalam beberapa kolom, kita bisa menggunakan fungsi “FILTER”. Caranya adalah sebagai berikut :

Jika kita ingin menampilkan data pada kolom A, B, dan C, maka kita bisa mengklik tanda panah pada ketiga kolom tersebut dan mengklik opsi “Filter”. Setelah itu, pilih “Filter by Color” dan pilih salah satu pilihan warna. Setelah itu, semua data dengan warna yang sama pada ketiga kolom tersebut akan ditampilkan.

Cara Filter dan Mengurutkan Data di Excel | PertamakaliCara Filter dan Mengurutkan Data di Excel | Pertamakali

Selain filtering data, kita juga bisa mengurutkan data pada Excel. Berikut adalah cara mengurutkan data pada Excel :

Baca Juga :  CARA MEMINDAHKAN DATA EXCEL KE WORD TANPA TERPOTONG

Pilih satu atau beberapa kolom yang ingin diurutkan. Setelah itu, klik tombol “Sort”. Pilih opsi “Ascending” atau “Descending” untuk menentukan penyortiran data. Setelah itu, klik “OK”.

FAQ

Apa fungsi dari filtering data pada Excel?

Jawaban : Filtering data pada Excel berguna untuk memudahkan kita dalam mengakses atau menampilkan data yang dibutuhkan.

Bagaimana cara mengurutkan data pada Excel?

Jawaban : Cara mengurutkan data pada Excel adalah dengan memilih satu atau beberapa kolom yang ingin diurutkan, klik tombol “Sort”, pilih opsi “Ascending” atau “Descending”, dan klik “OK”.