Cara Membuat Conditional Formatting Di Excel 2010 Dengan Text

Excel merupakan salah satu program yang paling sering digunakan saat ini, terutama di lingkungan perkantoran. Excel sangat fleksibel dan sangat berguna untuk membuat berbagai macam tabel, grafik, dan diagram. Dalam penggunaan Excel, menggunakan Conditional Formatting sangat berguna untuk menyoroti data yang penting atau untuk memperjelas pola data tertentu. Berikut adalah panduan mengenai Conditional Formatting di Excel.

Cara Membuat Progress Bar di Excel dengan Conditional Formatting

Progress bar dapat berguna untuk mengukur kemajuan suatu proyek. Cara membuat progress bar di Excel juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Buat Kolom Untuk %

Untuk membuat progress bar, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menambahkan kolom untuk persentase. Anda bisa menambahkan kolom ini di bagian paling kanan dari tabel. Kolom ini perlu berisi angka yang bernilai dari 0 hingga 100. Setelah menambahkan kolom baru, beri nama kolom tersebut sebagai % Complete.

Langkah 2: Buat Kolom Untuk Bar

Untuk membuat progress bar, langkah selanjutnya adalah menambahkan kolom untuk menciptakan bar pada tabel. Kolom ini perlu diisi dengan serangkaian simbol garis miring (/) yang panjangnya sama dengan nilai persentase pada kolom % Complete. Misalnya, jika % Complete adalah 50%, maka bar harus terdiri dari 50 simbol garis miring (/).

Langkah 3: Buat Conditional Formatting

Langkah selanjutnya adalah membuat Conditional Formatting untuk menyoroti bar tersebut. Klik pada kolom bar dan pilih Conditional Formatting dari menu tab Home. Pada New Formatting Rule, pilih Use a formula to determine which cells to format dan masukkan formula =VALUE(LEFT(D2,LEN(D2)-1))/100>=30 di mana D2 merupakan sel bar pertama. Nilai 30 pada rumus ini dapat diubah sesuai dengan nilai yang Anda ingin gunakan sebagai batas persentase. Pilih format warna yang sesuai untuk bar jika persentase melebihi batas yang ditentukan.

Cara Membuat Reminder Jatuh Tempo Di Excel

Berikut ini adalah cara membuat reminder jatuh tempo di Excel menggunakan Conditional Formatting:

Langkah 1: Tambahkan Kolom Tanggal Jatuh Tempo

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tanggal jatuh tempo. Tambahkan kolom tersebut ke dalam tabel dan beri nama kolom tersebut sebagai “Due Date”. Pastikan untuk memformat kolom tanggal sebagai “Short Date”.

Langkah 2: Tambahkan Warna untuk Tanggal yang Telah Jatuh Tempo

Setelah menentukan tanggal jatuh tempo, langkah selanjutnya adalah menambahkan warna untuk tanggal yang telah jatuh tempo. Pilih seluruh kolom yang berisi tanggal dan pilih Conditional Formatting dari menu tab Home. Pilih New Rule dan pilih Use a formula to determine which cells to format. Masukkan formula =TODAY()>A2 di mana A2 adalah sel dengan tanggal jatuh tempo pertama di tabel. Pilih format warna yang sesuai untuk menyoroti tanggal yang telah jatuh tempo.

Langkah 3: Tambahkan Pengingat Tanggal yang Akan Jatuh Tempo

Langkah terakhir adalah menambahkan pengingat untuk tanggal yang akan jatuh tempo. Pilih seluruh kolom yang berisi tanggal dan pilih Conditional Formatting dari menu tab Home. Pilih New Rule dan pilih Use a formula to determine which cells to format. Masukkan formula =AND(TODAY()>=A2,TODAY()

Baca Juga :  cara membuat list di satu kolom excel Kolom dibutuhkan gambarnya beserta memasukkan angka maupun diinginkan tombol tinggal

FAQ

Pertanyaan 1: Apa kegunaan Conditional Formatting?

Jawaban: Conditional Formatting sangat berguna dalam Excel karena memungkinkan pengguna untuk menyoroti data tertentu dalam sebuah tabel. Hal ini dapat membantu pengguna memahami data tersebut dengan lebih baik atau memberikan peringatan ketika suatu nilai tertentu telah tercapai.

Pertanyaan 2: Apa yang dimaksud dengan pengulangan aturan?

Jawaban: Pengulangan aturan merupakan salah satu fitur Conditional Formatting di Excel yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan satu aturan formatting pada berbagai sel dalam satu kolom atau baris tabel. Dengan mengulang aturan pada sel yang berbeda, pengguna dapat secara otomatis menambah formatting ke dalam sel tanpa perlu mengetik rumus yang sama berulang kali.

Video Tutorial

Kesimpulan

Dalam Excel, Conditional Formatting merupakan fitur yang sangat berguna dan memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan data yang ada pada tabel. Dengan menggunakan panduan di atas, pengguna bisa dengan mudah membuat progress bar atau reminder jatuh tempo di Excel. Selain itu, pengguna juga bisa memperoleh informasi lebih lanjut mengenai fitur Conditional Formatting di Excel dengan menonton video tutorial yang telah disediakan. Dengan demikian, pengguna akan dapat memanfaatkan fitur Excel secara maksimal.