Cara membuat kalender di Android tidak hanya menyederhanakan kegiatan organisasi pribadi Anda, tetapi juga membearikan kemudahan dalam mengatur jadwal kegiatan kehidupan sehari-hari. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan cepat dan mudah tentang cara membuat kalender sendiri di Android. Di samping itu, kami akan memberikan tutorial Excel untuk membuat kalender otomatis dan cara membuat kalender di Microsoft Excel secara otomatis.
Cara Membuat Kalender Sendiri Di Android
Jika Anda sering menggunakan perangkat Android, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan Google Calendar. Google Calendar adalah aplikasi kalender paling populer yang tersedia pada platform Android. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang mempermudah organisasi jadwal harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.
Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kalender sendiri di Android menggunakan Google Calendar:
- Buka Google Calendar di perangkat Android Anda
- Tap pada ikon plus (+) di sudut kanan bawah layar
- Pilih ‘Tambahkan agenda’
- Tambahkan nama agenda, lokasi, tanggal dan waktu kegiatan
- Tap pada opsi ‘Kembali’
Saat menambahkan kegiatan baru ke kalender, Google Calendar memungkinkan Anda untuk membuat pengingat di mana aplikasi akan mengirimkan notifikasi ke perangkat Android Anda untuk mengingatkan Anda untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Tutorial Excel – Cara Membuat Kalender Otomatis
Mendukung teknologi – Microsoft Windows dan Mac OS X
Excel memiliki fungsi atau formula yang sangat kuat yang menyederhanakan pekerjaan memasukkan jadwal dalam bentuk kalender. Dalam tutorial Excel ini, Anda akan belajar cara membuat kalender otomatis menggunakan fungsi IF, INDEX, dan MATCH. Ini adalah contoh kalender bulan Januari, dengan kustomisasi pribadi untuk tanggal-libur di kalender.
Langkah 1 – Buka Lembar Kerja Excel Kosong
Pertama, buka lembar kerja Excel kosong dan mengikuti langkah langkah membuat kalender. Klik kanan pada tab lembar kerja dan pilih ‘Rename Sheet’ untuk mengubah nama lembar kerja.
Langkah 2 – Tambahkan Daftar Hari dan Tanggal
Buat daftar hari dan tanggal untuk digunakan dalam kalender. Dalam tutorial ini, kita akan membuat daftar hari dan tanggal untuk Januari 2021.
Langkah 3 – Tambahkan Fungsi IF dan INDEX
Tambahkan fungsi IF dan INDEX untuk mengembalikan tanggal dalam sel kalender. Fungsi IF digunakan untuk memeriksa apakah sel kosong atau tidak. Fungsi INDEX digunakan untuk mengembalikan nilai dari sel dalam daftar ini.
Langkah 4 – Tambahkan Fungsi MATCH
Tambahkan fungsi MATCH untuk menghasilkan nomor baris dan nomor kolom untuk digunakan dalam rumus INDEX. Fungsi MATCH digunakan untuk mencari kata kunci dalam rentang sel. Kata kunci adalah tanggal yang ingin Anda kembalikan.
Langkah 5 – Tambahkan Fungsi SUMIF
Tambahkan fungsi SUMIF untuk menghitung total jumlah kegiatan hari ini. Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan nilai dari sel yang memenuhi kriteria tertentu.
Setelah Anda menyelesaikan tutorial Excel ini, Anda akan memiliki kalender otomatis yang menampilkan tanggal, hari, kegiatan hari ini, akhir pekan dan tanggal libur.
Cara Membuat Kalender di Microsoft Excel Secara Otomatis
Jika Anda ingin membuat kalender di Microsoft Excel secara otomatis, maka Anda perlu memahami beberapa formula dan fitur dasar Excel berikut ini:
- Fungsi TODAY – Fungsi ini mengembalikan tanggal sistem saat ini.
- Fungsi EOMONTH – Fungsi ini mengembalikan tanggal terakhir dalam bulan yang ditentukan.
- Fungsi TEXT – Fungsi ini mengembalikan nilai dalam format teks.
- Format Cell – Anda dapat dengan mudah mengatur format sel untuk menampilkan tanggal atau hari.
Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kalender di Microsoft Excel secara otomatis:
- Buka lembar kerja Excel kosong
- Tambahkan tanggal hari ini menggunakan fungsi TODAY
- Tambahkan fungsi EOMONTH untuk menentukan tanggal akhir bulan
- Tambahkan sekumpulan tanggal dengan menggunakan fungsi ROWS
- Tentukan hari di samping setiap tanggal yang ditampilkan dengan menggunakan fungsi WEEKDAY
- Gunakan formula CONCATENATE untuk menggabungkan hari dan tanggal di satu sel
- Tentukan akhir pekan dengan menggunakan fungsi CHOOSE
- Tandai tanggal libur dengan warna merah atau cara lain
- Susun kalender secara visual dengan pergi ke format sel dan mengatur format sel untuk menampilkan tanggal atau hari
FAQ
1. Apakah saya dapat membuat kalender otomatis dengan Google Calendar?
Google Calendar bukan aplikasi kalender otomatis. Namun, Google Calendar memiliki fitur mengirimkan pengingat otomatis, dan jika terintegrasi dengan layanan lain seperti IFTTT, maka Anda dapat membuat perintah yang memungkinkan Google Calendar mengirimkan pengingat otomatis untuk kegiatan tertentu.
2. Apakah ada tutorial Excel lainnya yang dapat saya pelajari untuk membuat kalender?
Ya, Anda dapat menemukan tutorial Microsoft Excel lainnya untuk membuat kalender. Biasanya tutorial-tutorial ini menggunakan formula dan fitur dasar Excel seperti SUM, COUNT, VLOOKUP, dan lain-lain. Anda dapat mencari tutorial ini di mesin pencari atau situs-situs tutorial online.
Video Tutorial – Membuat Kalender Menggunakan Excel
Jadi itulah cara membuat kalender sendiri di Android, tutorial Excel untuk membuat kalender otomatis, serta cara membuat kalender di Microsoft Excel secara otomatis beserta FAQ dan video tutorial. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu meningkatkan produktivitas Anda dalam mengatur jadwal kegiatan sehari-hari.