CARA MEMBUAT BULLET AND NUMBERING DI EXCEL

Cara Menggunakan Bullet List dan Numbering di Excel dan Word

Bullet list dan number list merupakan fitur yang kerap digunakan dalam membuat laporan yang memerlukan urutan atau item tertentu. Fitur ini sangat membantu dalam memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami isi laporan. Apalagi jika laporan tersebut disajikan dalam format Excel atau Word yang kerap digunakan sebagai media untuk membuat berbagai dokumen.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menggunakan bullet list dan numbering di Excel dan Word. Kita akan melihat contoh-contoh yang mudah diikuti sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan fitur ini.

Cara Menggunakan Bullet List di Excel

Pertama-tama, mari kita lihat bagaimana cara menggunakan bullet list di Excel untuk memperjelas isi laporan. Berikut beberapa cara mudah untuk membuat bullet list:

1. Cara Pertama

Pertama, kita buka file Excel yang ingin kita gunakan. Kemudian, pilih sel atau area yang ingin kita gunakan sebagai bullet list. Kita cukup menggunakan keyboard dengan menekan tombol ALT+7 atau juga bisa dengan klik pada simbol bullet yang terletak di toolbar. Simbol bullet terdiri dari sebuah lingkaran kecil yang berada di samping tulisan “Bullet”

Setelah itu, kita bisa langsung menulis kata-kata atau kalimat yang ingin kita gunakan sebagai bullet list. Kita cukup menekan tombol Enter setelah menulis sebuah item agar kita bisa memulai menulis item berikutnya.

2. Cara Kedua

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur AutoCorrect untuk membuat bullet list. Kita cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

– Kita buka file Excel yang ingin kita gunakan
– Kemudian, pilih sel atau area yang ingin kita gunakan sebagai bullet list
– Setelah itu, kita menekan tombol * pada keyboard
– Maka secara otomatis, Excel akan membuat bullet list dan kita dapat menulis item-item yang kita inginkan.

Selain itu, kita juga dapat mengatur tampilan dari bullet list yang kita buat seperti mengatur jenis dan ukuran huruf, warna, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Number List di Excel

Selain bullet list, number list juga sering digunakan dalam membuat laporan pada Excel. Untuk membuat number list di Excel, kita dapat menggunakan dua cara yaitu:

1. Cara Pertama

Cara pertama adalah dengan menekan tombol ALT+1 pada keyboard atau klik pada angka yang berada di toolbar. Kita juga bisa mengatur jenis dan ukuran angka yang digunakan pada number list tersebut.

2. Cara Kedua

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur AutoCorrect. Kita cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

– Kita buka file Excel yang ingin kita gunakan
– Kemudian, pilih sel atau area yang ingin kita gunakan sebagai number list
– Setelah itu, kita menekan tombol # pada keyboard
– Maka secara otomatis, Excel akan membuat number list dan kita dapat menulis item-item yang kita inginkan.

Bagaimana, mudah bukan membuat bullet list atau number list di Excel? Sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat bullet list dan number list di Word.

Cara Membuat Bullet List dan Number List di Word

Sama seperti di Excel, bullet list dan number list merupakan fitur yang sangat penting terutama bagi kita yang sering membuat dokumen berbasis tulisan. Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat bullet list dan number list di Word:

1. Cara Membuat Bullet List di Word

Untuk membuat bullet list di Word, kita cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

– Pertama, buka file Word yang ingin kita gunakan
– Selanjutnya, kita pilih area atau lokasi yang akan kita gunakan sebagai bullet list
– Kemudian, kita tekan tombol Bullets di toolbar atau dengan menekan tombol keyboard CTRL+Shift+L

Setelah itu, kita bisa langsung menulis kata-kata atau kalimat yang ingin kita gunakan sebagai bullet list dan menekan Enter setiap menambahkan item baru.

Baca Juga :  CARA MENGCOPY FILE EXCEL DENGAN RUMUS

2. Cara Membuat Number List di Word

Untuk membuat number list di Word, kita cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

– Pertama, buka file Word yang ingin kita gunakan
– Selanjutnya, kita pilih area atau lokasi yang akan kita gunakan sebagai number list
– Kemudian, kita tekan tombol Numbering di toolbar atau dengan menekan tombol keyboard CTRL+Shift+N

Setelah itu, kita bisa langsung menulis kata-kata atau kalimat yang ingin kita gunakan sebagai number list dan menekan Enter setiap menambahkan item baru.

FAQ

1. Apakah bullet list dan number list sama?

Tidak, bullet list dan number list memiliki perbedaan. Pada bullet list, kita menggunakan simbol bulat atau lingkaran kecil sebagai penanda awal setiap item list. Sedangkan pada number list kita menggunakan angka sebagai penanda awal setiap item list.

2. Apa saja jenis-jenis bullet list yang tersedia di Word?

Beberapa jenis bullet list pada Word antara lain:

– Lingkaran
– Kotak
– Segitiga
– Bintang
– Gelembung

Video Tutorial: Cara Membuat Bullet dan Numbering di Excel

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat bullet dan numbering di Excel:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=HRXPpB6qcVs]

Video Tutorial: Cara Membuat Bullet dan Numbering di Word

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat bullet dan numbering di Word:

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=qlAQd7_aEtY]

Dalam video tutorial tersebut, kita dapat melihat secara langsung bagaimana cara membuat bullet list dan number list pada Excel dan Word.

Kesimpulan

Bullet list dan number list adalah fitur yang sangat bermanfaat dalam membuat laporan dan dokumen berbasis tulisan. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mudah membuat bullet list dan number list di Excel dan Word. Beberapa cara yang disajikan sebenarnya sangat mudah diikuti bahkan oleh orang yang baru memulai menggunakan Excel atau Word.

Selain itu, kita juga telah memberikan dua pertanyaan dalam bentuk FAQ dan video tutorial sebagai bahan untuk belajar lebih lanjut. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam menggunakan fitur bullet list dan number list pada Excel dan Word.