Cara Membuat Absen Pakai Vorm Microsoft Excel

Salah satu hal penting dalam dunia pendidikan adalah absensi. Absensi bertujuan untuk memastikan kehadiran siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Ada banyak cara untuk membuat absen siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Berikut ini beberapa tutorial membuat absen siswa di Excel yang bisa diikuti.

Cara Membuat Absen Siswa Di Microsoft Excel – Hongkoong

Cara Membuat Absen Pakai Vorm Microsoft Excel

Langkah awal dalam membuat absen siswa di Excel adalah dengan membuat daftar nama siswa terlebih dahulu. Setelah itu, buatlah kolom untuk tanggal dan kolom untuk absen. Di sisi kiri tabel, kolom untuk tanggal bisa dibuat dengan menuliskan tanggal awal dan akhir bulan. Sedangkan di sisi kanan, kolom untuk absen diisi dengan tanda “Hadir” atau “Tidak Hadir” pada setiap siswa pada setiap tanggalnya.

Setelah itu, bisa dibuatlah rumus untuk menghitung jumlah kehadiran dan ketidakhadiran siswa. Rumus yang digunakan adalah:

=JUMLAH.JIKA(Absen,”Hadir”)

=JUMLAH.JIKA(Absen,”Tidak Hadir”)

Dengan rumus di atas, maka akan terbentuk sebuah tabel rekap absen siswa seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Tutorial: Cara Membuat Absen Bulanan di Excel | SD NEGERI 1 ASEMRUDUNG

Cara Membuat Absen Bulanan di Excel

Langkah pertama dalam membuat absen bulanan di Excel adalah dengan membuat daftar nama siswa pada setiap kelas. Buatlah kolom untuk tanggal dan kolom untuk absen, lalu siapkan format untuk mengisi data pada setiap kolom. Setelah itu, masukkan nama siswa pada kolom “Siswa” dan lakukan pengisian tanggal pada kolom “Tanggal”.

Untuk melakukan pengisian data absen, bisa dilakukan dengan cara mengetikkan “Hadir” atau “Tidak Hadir” pada setiap sel pada kolom absen. Untuk mempermudah pengisian data absen, bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Validasi Data di Excel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih sel pada kolom absen
  2. Pilih tab “Data” pada menu ribbon di atas lembar kerja
  3. Pilih opsi “Validasi Data” pada sebelah kanan
  4. Pilih opsi “Daftar” pada kotak validation criteria
  5. Ketikkan “Hadir,Tidak Hadir” pada kotak source
  6. Klik OK untuk menyelesaikan pengaturan fitur Validasi Data

Dengan menggunakan fitur Validasi Data, maka pengisian data absen bisa dilakukan dengan memilih opsi Hadir atau Tidak Hadir pada setiap sel.

Langkah terakhir adalah membuat rumus untuk menghitung jumlah kehadiran dan ketidakhadiran siswa pada setiap bulannya. Rumus yang digunakan adalah:

=JUMLAH.JIKA(Absen,”Hadir”)

=JUMLAH.JIKA(Absen,”Tidak Hadir”)

Dengan rumus di atas, maka akan terbentuk sebuah tabel rekap absen siswa bulanan pada setiap kelas seperti pada gambar di atas.

FAQ

1. Apa keuntungan menggunakan Excel untuk membuat absen siswa dibandingkan dengan membuat absen secara manual?

Jawaban: Salah satu keuntungan menggunakan Excel untuk membuat absen siswa adalah efisiensi waktu dan tenaga. Dengan menggunakan Excel, absen siswa bisa dibuat secara cepat dan akurat tanpa perlu menghitung secara manual. Selain itu, Excel juga menyediakan fitur-fitur seperti Validasi Data dan Rumus yang memudahkan pengisian data dan menghitung hasil rekap absen.

2. Bagaimana jika perlu melakukan perubahan data pada absen siswa?

Jawaban: Jika perlu melakukan perubahan data pada absen siswa, maka cukup dengan mengubah data pada sel yang diinginkan. Setelah itu, Excel secara otomatis akan menghitung kembali hasil rekap absen sesuai dengan data yang diubah. Jadi, pengguna tidak perlu menghitung ulang hasil rekap secara manual.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT KOLOM NAMA DI EXCEL

Itulah tutorial tentang cara membuat absen siswa di Excel. Dengan mengikuti tutorial di atas, pengguna diharapkan bisa membuat absen siswa dengan cepat dan akurat.