CARA MEMBUAT BLANK DI EXCEL

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk memasukkan, mengelola dan menganalisis data. Dalam program ini, kita dapat memformat data, membuat rumus dan menghasilkan grafik untuk memvisualisasikan data. selain itu juga dapat menghasilkan tabel yang berwarna-warni untuk memudahkan pemrosesan data. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat tabel berwarna dan membuat titik dua sejajar di Microsoft Excel.

Cara Mudah Membuat Tabel di Excel Berwarna Otomatis

Ketika kita membuat tabel di Microsoft Excel, kita ingin memilih range cell lalu menambahkan warna pada setiap cell yang kita pilih. Namun, cara ini memakan waktu dan tidak efisien. Kita dapat menggunakan format tabel dengan warna otomatis untuk memudahkan pembuatan tabel yang berwarna-warni.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat tabel di Excel berwarna otomatis:

1. Pertama, buka program Microsoft Excel dan klik pada lembar kerja baru atau buka file yang telah ada.

2. Selanjutnya, klik pada tombol “Format sebagai Tabel” pada toolbar format (atau tekan kombinasi tombol Ctrl+T).

CARA MEMBUAT BLANK DI EXCEL

3. Pilih salah satu format tabel yang diinginkan, dan pilih warna yang ingin digunakan.

4. Masukkan data ke dalam tabel baru dengan cara mengetikkan data pada setiap cel atau dengan menyalin dan menempelkan datanya.

5. Tabel di Excel akan otomatis memformat dan mewarnai sel sesuai dengan format tabel yang telah dipilih sebelumnya.

Cara Mudah Membuat Titik Dua Sejajar di Ms Excel

Titik dua sejajar (..) digunakan untuk memberikan jarak atau spasi antara kata atau angka dalam dokumen. Dalam Microsoft Excel, kita dapat melakukan hal yang sama dengan mudah menggunakan formula tertentu. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat titik dua sejajar di Ms Excel:

1. Pertama, pilih sel yang akan diberikan titik dua sejajar.

2. Tuliskan formula =REPT(“..”,jumlah spasi) pada sel yang dipilih. Ganti “jumlah spasi” dengan angka yang menunjukkan jumlah titik dua sebagai spasi yang dibutuhkan antara kata atau angka. Sebagai contoh, jika kita ingin memberikan jarak 5 spasi, maka tulis =REPT(“..”,5) pada sel yang dipilih.

cara membuat titik dua sejajar di Ms Excel

3. Tekan enter untuk menampilkan hasilnya.

4. Jika kita ingin menggunakan formula yang sama pada sel berikutnya, klik pada sel yang telah diisi formula, kemudian klik pada tombol copy (Ctrl+C), lalu tempel pada sel berikutnya dengan cara klik pada tombol paste (Ctrl+V).

FAQ

1. Apakah Excel dapat digunakan untuk membuat grafik?

Ya, dengan menggunakan data yang telah dimasukkan ke dalam Excel, kita dapat membuat grafik yang beragam seperti grafik batang, grafik garis dan grafik pie.

2. Apakah ada cara lain untuk sebuah tabel agar terlihat menarik selain memberikan warna pada setiap selnya?

Ya, kita dapat memberikan efek drop shadow dan garis pembatas pada setiap selnya agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga :  Membuat Rumus Di Excel If

Video Tutorial: Cara Membuat Daftar Pilihan Bertingkat di Excel

Dalam video tutorial ini, kita akan belajar cara membuat daftar pilihan bertingkat di Excel. Dengan cara ini, kita dapat membuat daftar pilihan yang terstruktur dan mudah dipahami.