Cara Membuat Banyak Tabel Dalam Satu Halaman Di Excel

Excel adalah aplikasi spreadsheet yang banyak digunakan di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat tabel, grafik, dan diagram serta melakukan perhitungan matematika. Salah satu fungsi penting dalam aplikasi Excel adalah membuat tabel. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat tabel di Excel dan juga cara memperindah tabel tersebut dengan memberikan warna.

Cara Membuat Tabel di Excel

Langkah pertama untuk membuat tabel di Excel adalah membuka aplikasi. Setelah aplikasi terbuka, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih cell yang akan menjadi pojok kiri atas dari tabel
  2. Klik pada tombol “Insert” di menu bar
  3. Pilih “Table” dari opsi Excel Table
  4. Pilih opsi “My table has headers” jika tabel Anda memiliki header atau judul kolom pertama
  5. Sekarang Anda memiliki tabel dalam aplikasi Excel

Setelah Anda membuat tabel, Anda dapat mengisi isi dari tabel dengan data yang relevan. Pastikan untuk menyimpan perubahan Anda secara berkala sehingga Anda tidak kehilangan data yang telah dimasukkan.

Cara Memperindah Tabel Excel dengan Memberi Warna

Sekarang, mari kita lihat cara memperindah tabel kita dengan menambahkan warna. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik salah satu cell di dalam tabel
  2. Pilih “Format as Table” dari menu Styles di menu bar
  3. Pilih gaya tabel yang diinginkan
  4. Pilih opsi “First Column Stripe” dari menu “Format” atau gunakan opsi “Alternate Row Color” pada grup “Table Style Options” di menu bar
  5. Gaya ini memberikan warna pada setiap kolom alternatif atau setiap kolom header pertama, tergantung pada opsi yang dipilih
Baca Juga :  CARA MEMBUAT RANKING DI MICROSOFT EXCEL 2010

FAQ

1. Bagaimana cara mengunci header tabel?

Agar header tabel tetap terlihat saat menavigasi melalui data, Anda dapat mengunci area header. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Excel dan pilih seluruh area yang ingin Anda kunci
  2. Pilih “View” dari menu bar dan pilih “Freeze Panes” dari grup “Window”
  3. Pilih opsi yang diinginkan
  4. Selesai.

Sekarang, saat Anda menavigasi melalui data, header akan tetap terlihat.

2. Bagaimana cara menambahkan video YouTube ke dalam lembar kerja Excel?

Menambahkan video YouTube ke dalam lembar kerja Excel cukup mudah dan merupakan cara yang sangat baik untuk memamerkan video Anda. Anda dapat menambahkan video ke Excel dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, temukan video YouTube yang ingin Anda sisipkan di lembar kerja Excel Anda, dan salin tautannya.
  2. Buka aplikasi Excel dan pilih cell yang akan digunakan untuk menampilkan video.
  3. Klik pada opsi “Insert” dari menu bar.
  4. Pilih “Video” dari grup “Media” dan pilih “Online Video” di daftar opsi.
  5. Di kolom “Online Video”, pastekan tautan video YouTube yang sudah disalin.
  6. Tunggu beberapa saat sambil Excel menambahkan video ke lembar kerja Anda
  7. Selanjutnya, pilih “Alt Text” dari grup “Accessibility” untuk memberikan deskripsi video tersebut.
  8. Setelah itu, Anda selesai menambahkan video YouTube ke dalam lembar kerja Excel Anda.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat tabel di Excel dan juga cara memperindah tabel dengan menambahkan warna. Kami juga telah memberikan FAQ + include video Youtube dengan 2 pertanyaan dan jawaban. Dengan mengetahui cara membuat tabel dan memperindahnya dengan warna, serta menambahkan video YouTube ke dalam aplikasi Excel, Anda dapat membuat laporan atau presentasi yang menarik sekaligus profesional.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL DI XAMPP