Cara Membuat Bagian Atas Excel Tetap Ada

Microsoft Excel adalah salah satu dari aplikasi pengolah angka yang paling populer di dunia. Dalam penggunaannya, Excel menjadi solusi bagi setiap orang yang membutuhkan perhitungan data, analisis data atau bahkan hanya sekadar menyimpan data. Bagi pengguna Excel, penting sekali untuk memahami bagaimana membuat dan mengelola header dan judul teks agar dapat memperlihatkan tampilan data yang rapi dan profesional. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat header dan judul di Excel beserta bagian-bagian Microsoft Excel yang perlu dipahami dalam pemakaian didalam perangkat Microsoft Office.

Bagian-Bagian Microsoft Excel yang Perlu Dipahami

Sebelum masuk ke cara membuat judul maupun header di Excel, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dasar dari Microsoft Excel. Dibawah ini adalah beberapa bagian dasar dari Microsoft Excel:

Cara Membuat Bagian Atas Excel Tetap Ada

1. Menu Tulis: Pilihan menu untuk menulis dan mengubah data pada tabel di Excel.
2. Menu Formula: Berisi pilihan rumus-rumus di Excel yang dapat digunakan untuk memproses data yang dimiliki.
3. Menu Data: Berfungsi untuk memasukkan data secara manual maupun mengambil data dari luar.
4. Menu Review: Berisi tabel perintah untuk melakukan review terhadap data dan fungsi di Excel.
5. Ribbon: Berupa menu atau ikon-ikon yang biasanya terdapat di bagian atas yang berfungsi untuk melakukan tampilan rinci atas seluruh fitur yang tersedia.
6. Baris Kolom: Himpunan sel pada buku kerja Excel terdiri dari kolom yang dialokasikan terpisah dengan baris.

Dalam penggunaan Excel, memahami bagian-bagian dasar tersebut menjadi penting dalam pengoperasian Excel. Dengan memahami bagian-bagian dasar Excel, pengguna dapat lebih mudah dalam mengatur struktur data dan memperlihatkan data lebih rapi dan efisien.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Pie Pada Microsoft Excel

Cara Membuat Judul di Excel Agar Tetap Statis

Saat Anda sedang berkerja dengan aplikasi Excel, terkadang kita perlu menempatkan judul pada setiap halaman tabel atau laporan agar memperlihatkan sebuah struktur data yang baik dan terorganisir. Dalam operasinya, template atau pembuatan tabel biasanya telah menempatkan letak judul pada halaman pertama tabel. Namun sangat merepotkan apabila judul yang terletak pada halaman pertama tersebut hilang ketika pengguna scroll halaman-dalam pekerjaannya pada aplikasi Excel. Untuk mengatasi hal tersebut dan menjaga judul agar tetap statis, gunakan cara-cara berikut ini:

Cara Pertama

Caranya sangat sederhana dan efektif dalam melakukan setting supaya judul tak hilang ketika scroll halaman. Kalian hanya perlu menggunakan salah satu jawaban dari FAQ dibawah ini untuk mempraktekkannya:

FAQ:

Q: Cara membuat judul Excel agar tidak bergeser saat di-scroll halaman pada Excel?

A: Dalam membuat judul, Anda dapat memanfaatkan fitur “Freeze Panes” yang terletak pada menu “View” bagian “Window” atau “Page Layout”. Gunakan fitur “Freeze Panes” pada kolom atau baris kolom pada perangkat Microsoft Excel untuk mengunci agar judul tetap berada pada satu tempat dan tidak bergeser saat pengguna melakukan scroll halaman. Untuk itu, caranya mudah, cukup dengan memilih baris yang ingin diblokir dan membuka menu “View” pada toolbar bagian atas. Kemudian pilih menu “Freeze Panes” untuk memilih “Freeze Panes”.

Cara Kedua

Nah, bagi Anda yang tidak terlalu nyaman dengan fitur “Freeze Panes” dan ingin mencoba cara lain dalam mengunci judul agar tetap statis saat scroll halaman di Excel, cara berikut ini bisa dicoba.

FAQ:

Q: Cara membuat judul di Excel menjadi tetap saat di-scroll halaman?

A: Cara kedua ini dilakukan dengan cara memasukkan fungsi OFFSET pada bagian header di Microsoft Excel. Berikut ini cara mengaplikasikannya:

  1. Pada bagian baris paling atas, ketiklah judul pada kolom yang berisi keterangan atas.
  2. Tambahkan baris baru, dengan cara mengklik kanan pada kolom di bawah judul yang tadi telah dibuat.
  3. Pilihlah “Insert” menjadi baris baru. Dari pengaturan yang kita buat pada baris pertama, pada baris kedua, kita akan memasukkan rumus OFFSET sebagai header kita.
  4. Klik pada sel header, kemudian masukkan rumus OFFSET pada formula bar: =OFFSET($A$1,1,0). Fungsi OFFSET menunjukkan hasil perhitungan sel yang dipilih berdasarkan jarak tertentu pada sel yang dijadikan acuan.
  5. Setelah memasukkan rumus tersebut dalam header, maka kolom sesuai dengan yang dipilih akan ditampilkan sebagai header untuk lembar kerja tersebut.
Baca Juga :  Cara Membuat Rangkap Absen Perbulan Di Excel

Cara Membuat Header di Excel Otomatis atau Custom

Header di Excel merupakan bagian dari tabel di mana informasi pada kolom dan baris diagregat dan dipersingkat. Sebagai contoh, Anda dapat membuat Judul Header di kolom A1 dengan nama “Number”. Pada baris A2, diberi label “Location” dan pada A3 bernama “Description”, dan seterusnya.

Saat bekerja dengan beberapa lembar kerja dalam sekali waktu, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat header secara otomatis atau custom. Dan berikut adalah cara cara membuat header di Excel secara otomatis atau custom:

Cara Header Otomatis

Salah satu cara paling cepat untuk menambahkan header di Excel adalah dengan cara melakukan pilihan menu otomatis pada Excel. Berikut langkah-langkah cara membuat header di Excel secara otomatis:

  1. Pilihlah lembar kerja dimana Anda ingin memasukkan header.
  2. Klik pada tab view yang nantinya akan membawa Anda pada group “Sheet Options”.
  3. Pada group “Sheet Options”, klik pada pilihan “Header Row”.
  4. Excel akan mengubah baris atas pada lembar kerja menjadi header.

Cara Header Custom

Bagi Anda yang ingin memasukkan header secara custom pada Excel Anda, berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan header di Excel dengan cara custom:

  1. Pilihlah lembar kerja di mana Anda ingin memasukkan header.
  2. Klik pada tombol “Insert”, yang terletak pada toolbar di bagian atas lembar kerja.
  3. Pada group “Text”, pilihlah “Header & Footer”.
  4. Sekarang Anda dapat melihat lembar kerja di “Page Layout” view. Klik pada bagian header atau footer dan masukkan teks yang ingin Anda gunakan sebagai header atau footer.

Frequently Asked Question (FAQ)

Q: Apa saja keuntungan menggunakan header pada data Excel?

A: Terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan header pada data Excel. Diantaranya: lebih mudah dilihat dan dibaca, memudahkan dalam melakukan pengelolaan data, memperlihatkan data yang lebih rapi dan profesional

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GARIS MIRING DI TABEL EXCEL

Q: Bagaimana cara mengganti header pada Excel?

A: Untuk mengganti header di Excel, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik pada lembar kerja yang ingin Anda ubah header-nya.
  2. Pada ribbon menu, klik tombol Page Layout.
  3. Pada grup Header & Footer, klik tombol “Edit Header”.
  4. Pada bagian Header, ganti header sesuai dengan yang diinginkan.

Terkadang, mengambil penggunaan dari kata-kata adalah baik sebagai langkah awal untuk memahami sebuah materi dan agar dapat lebih mungkin membuat aplikasi aplikasi MS Excel kita lebih baik.

Kesimpulan

Excel dapat membantu bagi setiap orang yang membutuhkan perhitungan data, analisis data atau bahkan hanya sekadar menyimpan data. Agar data terorganisir dan terlihat profesional, penting untuk memahami cara membuat dan mengelola header dan judul teks di Excel. Selain itu, memahami bagian-bagian dasar dari Microsoft Excel juga menjadi hal yang harus dipahami. Dalam memasukkan header pada data Excel, dapat melakukannya dengan cara otomatis atau custom. Jangan lupa juga gunakan teknik Freeze Panes agar header yang telah kita buat tetap statis saat melakukan scroll halaman. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan informasi yang berguna bagi pembaca.