CARA MEMBUAT ASCENDING DI EXCEL

Cara Membuat Ascending Di Excel Secara Otomatis

Mengapa Mengurutkan Data Penting di Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna dan sering digunakan untuk mengorganisir dan mengolah data. Akan tetapi, ketika Anda memiliki jumlah data yang besar dan rumit, maka untuk mengolah datanya sendiri Anda memerlukan beberapa teknik agar membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan mengurutkan data. Ada banyak cara untuk dapat mengurutkan data di Excel, dan dalam artikel ini akan dijelaskan cara melakukan pengurutan data dengan teknik Autsort.

Teknik Autosort

Pengurutan data dengan teknik Autosort adalah cara yang paling mudah untuk melakukan pengurutan data di Excel. Dalam menjalankan teknik ini, Anda hanya perlu memilih kolom dan secara otomatis akan dilakukan pengurutan data dari yang terkecil ke yang terbesar. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengurutan data dengan teknik Autosort.

  1. Pertama, buka Excel dan masukkan data yang akan diurutkan
  2. Pada data yang ingin diurutkan, maka carilah label atau kolom yang ingin diurutkan.
  3. Setelah itu, klik tombol pada label atau kolom, kemudian Anda akan melihat tanda panah pada bagian kanan label atau kolom tersebut.
  4. Sekarang, klik tanda panah yang muncul, dan pilih “Ascending” atau “Descending”. Jika Anda ingin mengurutkan data dari yang terkecil ke yang terbesar, maka pilih menu Ascending. Sedangkan jika Anda ingin mengurutkan data dari yang terbesar ke yang terkecil, maka pilih menu Descending.
Baca Juga :  Cara Mencari Data Ganda Di Excel 2003

Dalam melakukan teknik Autosort, Anda juga bisa memilih lebih dari satu kolom untuk diurutkan. Untuk melakukan seleksi beberapa kolom, klik kosong di bagian sel pertama dan kedua, lalu seret ke bawah agar terpilih semua kolom. Setelah selesai memilih kolom, klik menu Autosort dan pilih urutan pengurutan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Konten FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus dilakukan ketika ada data yang duplikat?

Jawaban: Dalam situasi ketika ada data duplikat di Excel, Anda dapat menggunakan fitur pembersihan data dan menghapus semua data yang duplikat. Anda juga dapat menggunakan fitur penghapusan duplikat. Untuk melakukan fitur penghapusan duplikat, maka berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Pilih sel pertama dari kolom yang Anda ingin periksa untuk duplikasi.
  2. Jika semua kolom di seleksi, maka Anda bisa mengeklik dolkisan sebelah kiri di header tabel. Ini akan memilih seluruh kolom.
  3. Lalu klik “Data” di toolbar dan pilih “Remove Duplicates”.
  4. Akan muncul kotak pemilihan “Remove Duplicates”. Di situ akan menampilkan semua kolom yang dipilih. Anda bisa mencentang kolom yang ingin Anda periksa atau menghapus duplikasi.
  5. Setelah itu, klik OK.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara untuk mengurutkan data secara manual?

Jawaban: Selain menggunakan teknik Autosort, Anda juga dapat mengurutkan data secara manual dengan cara berikut:

  1. Pilihlah seluruh data yang ingin diurutkan, kemudian klik “Data” pada toolbar dan pilih “Sort”.
  2. Akan muncul kotak dialog “Sort”. Pertama, pilih kolom yang ingin diurutkan pada kotak “Column”.
  3. Lalu klik “Add Level” jika ingin menambah tingkat kedua sortir.
  4. Setelah menambah tingkat kedua sortir, maka isi kolom pertama dan kedua dengan urutan yang ingin Anda gunakan. Misalnya, pada kolom pertama di set ke Ascending, dan pada kolom kedua diatur ke Descending.
  5. Jika Anda memiliki lebih dari dua kolom untuk diurutkan, maka ulangi langkah 3 dan 4 hingga Anda menambahkan urutan yang diinginkan.
  6. Setelah semua kolom diatur, klik OK untuk memulai proses pengurutan.
Baca Juga :  Cara Mengekpor Data Obat Dari Simrs Ke Excel

Video Youtube

Kesimpulan

Mengurutkan data di Excel menjadi sesuatu yang sangat penting, terutama ketika kita bekerja dengan data yang sangat banyak dan kompleks. Kami telah menjelaskan dua teknik yang dapat Anda gunakan untuk mengurutkan data di Excel, yaitu Autosort dan Manual sort. Selain itu, dalam konten FAQ juga dijelaskan mengenai cara menghapus data duplikat dan cara melakukan pengurutan data secara manual. Semoga konten ini dapat membantu Anda dalam mengurutkan data di Excel dengan mudah dan efektif.