CARA MEMBUAT APLIKASI MENGGUNAKAN EXCEL

Membuat aplikasi kini menjadi kegiatan yang sangat populer di semua kalangan, terutama bagi mereka yang memiliki passion di dunia teknologi. Namun, bagi pemula atau bahkan yang sudah terbiasa, membuat aplikasi bisa menjadi tugas yang sangat sulit dan memakan waktu. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat aplikasi dengan mudah agar bisa menjadi panduan bagi kamu yang ingin mencoba membuat aplikasi.

Cara Membuat Aplikasi dengan Mudah

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membuat aplikasi:

1. Tentukan Tujuan

Sebelum memulai membuat aplikasi, kamu perlu menentukan tujuan aplikasi yang ingin dibuat. Apa tujuan dari aplikasi tersebut? Untuk menyelesaikan masalah apa aplikasi tersebut dibuat? Setelah menentukan tujuan aplikasi, tentukan juga target penggunanya. Hal ini sangat penting karena akan mempermudah pada saat mendesain tampilan aplikasi. Jika target pengguna adalah anak-anak, maka tampilannya harus disesuaikan agar menarik bagi anak-anak.

2. Desain Tampilan Aplikasi

Setelah menentukan tujuan dan target pengguna, langkah selanjutnya adalah membuat desain tampilan aplikasi. Kita bisa membuat desain menggunakan software seperti Adobe XD atau Figma. Berikut adalah beberapa tips dalam mendesain tampilan aplikasi:

  1. Buat tampilan yang bersih dan rapi
  2. Pilih warna yang menarik dan konsisten
  3. Buat navigasi yang mudah dipahami oleh pengguna
  4. Pilih font yang mudah dibaca oleh pengguna
  5. Gunakan gambar atau video yang relevan dengan aplikasi

Jangan lupa juga untuk memeriksa desain tampilan aplikasi dengan memakai beberapa mockup untuk mengetahui tampilan aplikasi dalam berbagai ukuran layar.

3. Pahami Bahasa Pemrograman

Setelah desain tampilan aplikasi selesai, selanjutnya kita perlu memahami bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi. Ada berbagai macam bahasa pemrograman yang harus dipahami, seperti Java, Swift, React Native, dll. Pilihlah bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan aplikasi yang ingin dibuat. Belajar bahasa pemrograman tidaklah mudah dan membutuhkan waktu, tetapi jangan putus asa dan terus belajar.

4. Belajar Framework

Setelah memahami bahasa pemrograman, kita perlu belajar framework. Framework adalah kerangka kerja (konsep) yang memudahkan pengembangan software atau aplikasi. Framework akan mempercepat proses pembuatan aplikasi karena sudah menyediakan berbagai fitur dan tools yang dibutuhkan. Beberapa framework yang populer untuk membuat aplikasi mobile seperti React Native, Flutter, dan Ionic.

5. Testing Aplikasi

Setelah membuat aplikasi selesai, selanjutnya kita harus menguji aplikasi dengan memakai beberapa alat yang bisa digunakan untuk memperbaiki masalah dalam aplikasi. Hal ini dapat dilakukan dengan memakai berbagai software atau aplikasi yang tersedia, seperti Appium, yang dapat menguji aplikasi kita pada berbagai jenis perangkat.

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami kesulitan dalam membuat aplikasi?

Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman atau mencari sumber belajar yang lain seperti buku atau tutorial online. Belajar dari kesalahan dan teruslah berusaha hingga membuat aplikasi yang Anda inginkan. Dalam dunia teknologi, tidak ada yang benar atau salah, yang ada hanya cara yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah.

Baca Juga :  Cara Hitung Pajak Di Excel

2. Apakah aplikasi yang kita buat bisa dikirimkan ke App Store atau Google Play Store?

Tentu saja. Setelah aplikasi selesai, kita bisa mengirimkan aplikasi ke App Store atau Google Play Store dengan memilih program pengembangan untuk aplikasi di kedua platform tersebut. Sebelum dikirimkan, pastikan bahwa aplikasi kita sudah siap dan memenuhi syarat yang berlaku.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang bisa membantu kamu dalam membuat aplikasi Excel menjadi aplikasi di Android dan iOS. Selamat belajar!

Kesimpulan

Membuat aplikasi memang bisa menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu, tetapi tidaklah mustahil untuk dikuasai dengan cukup dengan mengikuti langkah-langkah dasar seperti yang telah dijelaskan di atas. Sekarang sudah saatnya untuk mulai membuat aplikasi yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berusaha!