CARA MEMBUAT APLIKASI KWITANSI DENGAN EXCEL

Banyak yang mungkin masih bingung dalam membuat kwitansi dengan menggunakan Microsoft Excel. Padahal, membuat kwitansi di Excel sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Selain mudah, membuat kwitansi di Excel juga dapat dijadikan solusi bagi yang tidak ingin menggunakan aplikasi khusus pembuatan kwitansi.

Cara Membuat Kwitansi Dengan Menggunakan Microsoft Excel

Berikut langkah-langkah mudah dalam membuat kwitansi di Excel.

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Pilih salah satu template kwitansi dari ribuan pilihan yang ada di Microsoft Excel. Caranya adalah dengan klik File > New. Lalu ketikkan kata receipt pada kolom pencarian template, dan pilih salah satu hasil pencarian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Isi data-data yang diperlukan pada template kwitansi tersebut. Pastikan ketika mengisi data pada template kwitansi harus memasukkan data yang akurat dan sesuai dengan fakta.
  4. Jika Anda ingin melakukan perubahan pada tampilan kwitansi, maka klik kanan pada salah satu bagian pada kwitansi tersebut, dan pilih opsi Format Cells.
  5. Lakukan pengaturan pada bagian yang akan diubah, seperti font, ukuran dan warna font, alignment, dan lain-lain. Pastikan pengaturan yang dilakukan sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan kwitansi yang akan dihasilkan.
  6. Setelah selesai melakukan pengaturan, simpan kwitansi tersebut dengan mengklik File > Save As.
  7. Pilih folder tempat penyimpanan kwitansi.
  8. Isikan nama pada kwitansi yang sudah dibuat di dalam kolom File Name.
  9. Klik opsi Save.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda sudah berhasil membuat kwitansi di Excel. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan rumus terbilang pada kwitansi di Excel. Caranya adalah dengan melakukan pengaturan pada rumus terbilang pada Excel dan memasukkan rumus terbilang pada kolom pada kwitansi tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Concatenate Dan Vlookup Excel Beda Sheet

Apakah Ada Aplikasi Pembuatan Kwitansi Di Excel Lain Selain Microsoft Excel?

Microsoft Excel memang menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan dalam membuat kwitansi di Excel. Namun, selain Microsoft Excel, ternyata ada juga aplikasi pembuatan kwitansi di Excel lainnya, seperti Invoice2go, Express Invoice, dan lain-lain.

Invoice2go merupakan aplikasi survei online yang juga menyediakan layanan untuk membuat kwitansi dengan menggunakan Excel. Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai pilihan template yang menarik dan mudah digunakan, serta dilengkapi dengan fitur-fitur seperti upload logo, scan tanda tangan, mencetak kwitansi, dan lain-lain.

Selain Invoice2go, Express Invoice juga merupakan salah satu aplikasi pembuatan kwitansi di Excel lainnya. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan seperti mencetak, memperbarui, dan menghapus data-data pada kwitansi, termasuk pengiriman secara otomatis melalui email.

Meskipun menggunakan aplikasi atau template pembuatan kwitansi di Excel, namun sebaiknya tetap diperhatikan pengisian data yang akurat dan sesuai dengan fakta agar hasil yang dihasilkan lebih bisa dipercaya dan profesional.

FAQ

1. Apakah Membuat Kwitansi Dalam Excel Aman Dan Legal?

Membuat kwitansi di Excel sama sekali tidak melanggar hukum asalkan data yang dimasukkan kedalam kwitansi tersebut sesuai dengan fakta dan akurat.

2. Apakah Template Kwitansi Di Excel Bisa Diubah?

Ya, template kwitansi pada Microsoft Excel bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan selera. Pengaturan meliputi perubahan font, ukuran, serta warna. Selain itu, pada beberapa template juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.