CARA MEMBUAT APLIKASI EXCEL BERBASIS WEB

Belajar membuat aplikasi berbasis web bisa menjadi salah satu hal yang menarik dan bermanfaat. Tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan teknologi, tetapi juga dapat membuka kemungkinan karir sebagai pengembang web di masa depan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara praktis untuk membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan Excel serta memberikan panduan lengkap untuk membuat aplikasi berbasis web.

Cara membuat aplikasi data karyawan dengan Excel

CARA MEMBUAT APLIKASI EXCEL BERBASIS WEB

Salah satu contoh aplikasi berbasis Excel yang dapat dibuat adalah aplikasi data karyawan. Aplikasi ini dapat membantu manajemen dalam memantau dan melacak semua informasi karyawan dari data dasar hingga data pribadi dan kontak darurat.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat aplikasi data karyawan dengan Excel:

  • Buatlah lembar kerja baru di Excel dan beri nama “Data Karyawan”.
  • Tambahkan kolom-kolom yang dibutuhkan, seperti Nama, Jabatan, Departemen, dan sebagainya.
  • Gunakan fitur pemformatan Excel untuk membuat tampilan yang lebih menarik.
  • Tambahkan beberapa formula Excel untuk menghitung gaji, jam kerja, dan sebagainya.
  • Tambahkan validasi data untuk menghindari kesalahan input data.
  • Siapkan tombol atau hyperlink yang dapat membantu manajemen dalam membuka formulir aplikasi untuk mengupdate atau menghapus data.
  • Simpan lembar kerja sebagai file Excel standar.

Setelah aplikasi data karyawan selesai dibuat, manajemen dapat mengakses data karyawan dengan mudah dan cepat. Selain itu, aplikasi ini dapat diupgrade lebih lanjut dengan menambahkan beberapa fitur tambahan, seperti tampilan grafik untuk memantau kinerja karyawan, atau tampilan kalender untuk menampilkan jadwal kerja.

Cara membuat aplikasi berbasis web

aplikasi web

Berikut adalah beberapa cara praktis untuk membuat aplikasi berbasis web:

1. Belajar bahasa pemrograman web

Bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, dan JavaScript sangat penting untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Belajar bahasa pemrograman web bisa dilakukan secara mandiri melalui berbagai sumber atau melalui kursus online atau off-line di institut atau lembaga pilihan Anda.

2. Pilih tool untuk mengembangkan aplikasi web

Setelah mempelajari bahasa pemrograman web, Anda harus memilih tool untuk mengembangkan aplikasi web. Apabila Anda baru dalam dunia pemrograman web, Anda dapat memulai dengan tools sederhana seperti Bootstrap atau Foundation. Kedua tools ini menyediakan framework CSS yang sangat berguna untuk desain tampilan website. Pilihan lainnya adalah menggunakan tools open-source seperti Laravel, Codeigniter, atau Ruby on Rails.

3. Tentukan jenis aplikasi web

Dalam membuat aplikasi berbasis web, Anda harus menentukan jenis aplikasi web yang ingin dibuat. Apakah aplikasi itu bersifat e-commerce, pengarsipan data, sistem informasi, sistem pengaturan, sistem absensi karyawan, dan lain sebagainya. Setelah jenis aplikasi dipilih, pastikan akan membangun framework yang memadai agar aplikasi web secara keseluruhan menjadi teruji dengan baik.

4. Tentukan tujuan dan pengguna aplikasi web

Setelah menentukan jenis aplikasi web, selanjutnya Anda harus menentukan tujuan dan pengguna aplikasi web. Apakah aplikasi tersebut akan digunakan untuk mengelola informasi dan data, atau hanya untuk penyimpanan dan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. Jika diobservasi market sebagai tujuan aplikasi web, maka pastikan aplikasi web yang Anda bangun mempunyai user experience dan user interface yang baik agar konsumen bisa merasa nyaman dan mudah dalam menggunakannya.

Baca Juga :  CARA MENGCONVERT FILE IMG KE EXCEL

5. Tetap fokus pada kesederhanaan

Saat membuat aplikasi berbasis web, hindari kelompokkan fitur dan aspek yang terlalu banyak dan kompleks. Berfokus pada daftar perintah utama yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi berjalan dengan baik, lalu kembangkan sisi desain web yang senada dengan tema dan tujuan bisnis atau organisasi Anda.

FAQ

1. Apa itu aplikasi berbasis web?

Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang diakses dan dijalankan melalui browser web. Aplikasi ini umumnya memiliki antarmuka pengguna yang serupa dengan aplikasi desktop, namun dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

2. Apa saja keuntungan dari membuat aplikasi berbasis web?

Membuat aplikasi berbasis web memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Lebih mudah diakses oleh pengguna karena dapat diakses melalui browser web.
  • Tidak perlu instalasi pada komputer atau perangkat.
  • Dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.
  • Lebih mudah untuk dikembangkan dan dipelihara karena tidak perlu terlalu banyak mengambil waktu untuk pengembang aplikasi.

Video Tutorial: Cara membuat aplikasi RPP 1 Lembar berbasis ms excel

Video tutorial di atas bisa menjadi contoh bagaimana membangun aplikasi dengan cara yang mudah dimengerti, langsung melalui platform Microsoft Excel. Anda bisa mengembangkan aplikasi rumusan pembelajaran (RPP) dengan mudah menggunakan beberapa formula Excel sederhana dan membuat bentuk form personalisasi untuk guru atau dosen. Simak videonya dan jangan ragu untuk bereksperimen dan berkreasi dengan terus berlatih dan belajar bagaimana membangun aplikasi berbasis web dan Excel.